10 JENIS KERIPIK UNIK UNTUK USAHA YANG LARIS DI PASAR ONLINE

10 JENIS KERIPIK UNIK UNTUK USAHA YANG LARIS DI PASAR ONLINE

Bisnis usaha aneka keripik bukanlah usaha yang sulit untuk dimulai. Dikarenakan selain membutuhkan modal yang relatif kecil dan peralatan yang tidak ribet, pasarnya pun jelas sudah ada. Keripik unik untuk usaha kini menjadi salah satu bisnis UMKM yang populer di marketplace Indonesia. Menurut survei yang dilakukan marketplace Telunjuk.com melalui Compas.co.id mengumpulkan data pegiat keripik di tiga e-commerce besar Indonesia (Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak) dengan periode Juni hingga Agustus 2020, 89,65 persen pegiat bisnis keripik online di marketplace berasal dari pelaku UMKM. Selain tinggi pelaku UMKM, bisnis keripik di e-commerce memiliki pasar yang terbilang besar, mencapai angka rata-rata 33,37 persen.

Hal ini bisa disambungkan ke kebiasaan masyarakat Indonesia yang tidak jauh dari sering mengonsumsi camilan dan perilaku konsumtif. Jadi tidak heran kalau penjualan makanan ringan terus meningkat. Hal ini bisa menjadi peluang baru untuk membuka usaha dan meraup profit yang tinggi. Apalagi untuk memulai usaha ini tidak memerlukan modal yang besar, serta bisa dikontrol dari rumah. Lalu jenis keripik unik untuk usaha apa saja yang menjanjikan? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Keripik singkong


Walaupun sudah banyak brand keripik singkong yang dipasarkan di supermarket maupun secara online, keripik singkong tetap menjadi keripik yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Untuk menjadikan keripik singkong sebagai keripik unik untuk usaha-mu, kamu bisa menjual keripik singkong dengan berbagai macam bumbu seperti bubuk cabai, barbeque, balado, keju; bahkan bubuk manis seperti cokelat, green tea, dan lainnya. Untuk bisa meningkatkan ketertarikan orang-orang kepada bisnis keripik singkongmu, kamu harus mengemas keripik singkong dengan packaging yang kekinian hingga produk yang kamu jual mudah dikenali di pasaran. Kamu bisa menggunakan packaging dari Digipack by Supernova karena Digipack by Supernova memiliki banyak varian kemasan yang bisa kamu pakai untuk mengemas dan menjaga kebersihan produk. 

2. Keripik pisang 


Keripik pisang hingga saat ini masih menjadi salah satu keripik unik untuk usaha yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Keripik ini terbuat dari pisang yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Jenis keripik pisang sendiri bermacam-macam, ada yang asin beraroma bawang gurih dan yang manis dengan taburan berbagai bubuk manis seperti cokelat, taro, green tea, dan lainnya. Untuk memulai bisnis ini kamu tidak membutuhkan modal yang besar, diperkirakan hanya membutuhkan modal 1 juta rupiah saja. Kamu bisa membuat brand sendiri dan merancang strategi pemasaran yang unik agar produk keripik pisang yang kamu jual lebih mudah untuk dikenal oleh masyarakat.

3. Keripik kaca atau keripik beling


Seperti namanya, keripik ini memiliki bentuk yang tipis seperti kaca atau beling dengan bumbu yang gurih. Salah satu keripik unik untuk usaha ini terbuat dari bahan dasar tepung dan air yang dipanaskan sampai kental. Setelah mengental, adonan kemudian dikeringkan dan diberikan bumbu. Keripik pedas asin ini menjadi salah satu jenis camilan yang populer di Indonesia.

4. Keripik tahu


Bahan utama dari keripik tahu adalah kedelai yang diolah menjadi tahu pong, kemudian dikeringkan hingga menjadi keripik unik untuk usaha yang bisa kamu tekuni. Peminat camilan ini cukup beragam mulai dari anak-anak sampai orang tua. Jadi bisa dikatakan jika peluang usahanya cukup menjanjikan, bahkan diperkirakan bisa bertahan lama karena keripik ini belum banyak dijual di pasar online maupun offline. Namun, ada satu kendala yang mesti dilewati, yaitu tidak semua orang bisa mengolah tahu menjadi tahu pong. Tapi, kamu bisa mencari solusi alternatif untuk bekerja sama dengan para pengrajin tahu pong. Mereka nantinya yang akan menyediakan bahan utama, setelah itu kamu bisa mengolah keripik secara mandiri.

5. Keripik buah naga


Daging buah naga yang berwarna ungu merah ataupun putih memang terlihat menggiurkan. Namun tahukah kamu kalau buah naga selain dimakan segar juga dapat diolah menjadi camilan keripik unik untuk usaha yang lezat? Buah naga masih termasuk buah yang jarang dibuat menjadi keripik, jadi potensi pasar keripik buah naga masih sangat besar, apalagi modal awal yang dibutuhkan bisa dimulai dari kurang lebih 5 juta rupiah saja.

6. Keripik usus


Usus merupakan jeroan ayam yang biasanya dibuang di luar negeri, tapi beda halnya dengan di Indonesia. Di Indonesia, usus biasa dikonsumsi dengan cara dijadikan sate. Namun ternyata usus juga bisa menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan dan prospektif sekali. Yang kamu perlu lakukan untuk menjual keripik unik untuk usaha ini adalah menggoreng usus hingga kering dan memberi berbagai macam bumbu agar terasa lebih gurih dan bisa diminati banyak masyarakat Indonesia. Kalau kamu tertarik untuk memulai wirausaha keripik usus ayam ini, segera ambil peluangnya dan buat analisa bisnis serta bisnis plan usaha. Kenapa kamu perlu membuat bisnis plan untuk bisnis makanan? Digipack by Supernova sudah mengulas semuanya disini.

7. Keripik bayam


Keripik bayam merupakan salah satu oleh-oleh yang cukup terkenal dari Bandung, Jawa Barat. Selain lezat, salah satu keripik unik untuk usaha ini juga bergizi. Ternyata 100 gram keripik bayam bisa menjadi sumber energi yang cukup tinggi, yaitu mencapai 586 kalori. Begitu juga untuk kandungan gizi lainnya, seperti karbohidrat sebesar 50,2 gram, protein 4,9 gram, lemak 40,6 gram, fosfor 117 mg, kalsium 236 mg, dan zat besi sebanyak 3,6 mg. Keripik bayam juga mengandung sejumlah vitamin penting, seperti vitamin A sebanyak 0 IU dan vitamin B1 0,16 mg.

8. Keripik belut


Kamu tahu tidak; di negara seperti Korea dan Jepang; belut dan lele termasuk makanan mewah, harganya mahal, dan biasa dikonsumsi oleh kalangan menengah ke atas? Di Indonesia kita bisa makan nasi pecel lele dan nasi belut mulai harga 10-20 ribu rupiah saja. Untuk kamu yang merupakan penggemar belut, kamu bisa memproduksi keripik belut sebagai keripik unik untuk usaha. Kalau kamu ingin mendapatkan omzet yang lebih banyak lagi, kamu bisa mengekspor produk jualanmu ke Korea atau Jepang, mengingat betapa mahalnya harga belut di negara tersebut.

9. Keripik kelapa


Mungkin kamu belum pernah mendengar yang namanya keripik kelapa, namun keripik ini mulai dikenal di Indonesia. Seperti yang kita tahu, daging kelapa tua biasanya diparut untuk dijadikan campuran masakan atau diambil air santannya. Keripik unik untuk usaha ini ternyata sangat digemari di Eropa loh, terutama di Swiss. Selain keripik belut, seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mengekspor keripik kelapa ini kalau mau mendapatkan omzet hingga puluhan juta rupiah per bulannya.

10. Keripik kulit pisang


Mungkin kamu sudah biasa mendengar keripik pisang, tapi apakah kamu pernah mencoba keripik kulit pisang? Kulit pisang yang biasanya diperlakukan sebagai limbah ternyata bisa diolah menjadi keripik unik untuk usaha yang lezat dan berdaya jual.

Kalau kamu sudah mantap untuk berjualan keripik, kini kamu harus memikirkan packaging yang bisa melindungi produk. Lindungi produk keripik unik untuk usaha-mu dengan menggunakan packaging dari Digipack by Supernova. Packaging Digipack by Supernova bisa melindungi produk yang mudah remuk karena setiap packaging akan diisi dengan nitrogen. Percayakan kebutuhan packaging produk jualanmu kepada Digipack by Supernova. Segera kunjungi halaman ini untuk memesan packaging dari Digipack by Supernova!

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ