7 BISNIS MAKANAN ONLINE UNTUK PEMULA DAN LANGKAHNYA!

7 BISNIS MAKANAN ONLINE UNTUK PEMULA DAN LANGKAHNYA!

Semenjak dilanda pandemi COVID-19, masyarakat Indonesia kini lebih terbiasa belanja secara online, termasuk membeli makanan. Kebiasaan memesan makanan secara online di masa pandemi ini meningkat sebesar 38%, dan itu artinya peluang dalam berjualan makanan secara online juga terbuka semakin lebar. Bukan tidak mungkin kamu juga menjadi bagian dari pebisnis sukses dengan memulai bisnis sendiri. Ini dia langkah-langkah bisnis makanan online untuk pemula yang bisa kamu jalani sekarang.

1. Temukan niche bisnis makanan online

Langkah pertama memulai bisnis makanan online untuk pemula adalah dengan menemukan niche bisnis makanan online. Niche market adalah target pasar yang diidentifikasikan berdasarkan kebutuhan, preferensi, atau identitas yang spesifik. Dalam menentukan niche market ini hal esensial yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu tren makanan yang sedang diminati masyarakat. Lalu, tentukan posisi bisnismu, apakah sebagai brand yang affordable atau luxury? Niche bisnis juga akan mempengaruhi branding dan caramu mengiklankan diri. Mulai dari memilih warna logo brand, teks, hingga desain logo, semuanya akan bersinggungan dengan niche market. Setelah itu, tetapkan anggaran dan ekspektasi. Berapa banyak dana bulanan yang dapat kamu keluarkan? Apakah kamu ingin memasarkan produkmu di area lokal, nasional, atau mungkin hingga ke luar negeri? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan diatas akan membantumu untuk mengetahui berapa banyak dana yang harus diinvestasikan dalam pengembangan toko online, pemasaran dan bahan produksi - yang pada akhirnya menentukan harga jual.

2. Cari supplier

Mencari supplier adalah langkah selanjutnya untuk memulai bisnis makanan online untuk pemula. Dalam bisnis makanan, terdapat dua jenis bisnis, yaitu bisnis yang memproduksi produknya sendiri dan bisnis yang membeli produk jadi untuk dijual. Apa pun jenis bisnismu, kamu perlu meluangkan waktu untuk mencari pemasok bahan yang terpercaya.

3. Buat merek, kemasan dan label

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis makanan online untuk pemula adalah membuat merek, kemasan, dan label. Pada tahap ini kamu harus memiliki gagasan atau ide yang jelas tentang makanan apa yang akan kamu jual dan bagaimana kamu akan memproduksinya. Selain itu, kamu juga harus menentukan nama bisnis, warna brand, dan foto produk untuk memulai jualan. 

4. Buat toko online

Membuat toko online adalah langkah selanjutnya untuk memulai bisnis makanan online untuk pemula. Saat ini tersedia begitu banyak platform digital yang dapat kamu manfaatkan untuk menjual dan memasarkan produk. Mulai dari media sosial, situs web, hingga ecommerce, kamu dapat memilih media yang tepat dan sesuai target audiens.

5. Pasarkan produk

Memasarkan produk adalah langkah terakhir untuk memulai bisnis makanan online untuk pemula. Kehadiran toko online tidak semata-semata membuat bisnismu laris dan mendapatkan banyak pembeli. Karena itu, kamu harus mengembangkan kreativitas dan inovasi melalui strategi pemasaran online. Hal ini bisa mencakup banyak hal, mulai dari konsistensi postingan harian, penggunaan iklan media sosial, promosi berjangka, dan lain sebagainya. 

Itu dia beberapa langkah untuk memulai bisnis makanan online untuk pemula yang perlu kamu ketahui. Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, berikut ini adalah list makanan yang sedang laris di online yang bisa kamu jual:

1. Frozen food


Saat ini frozen food semakin digemari oleh masyarakat karena awet dan mudah untuk diolah. Frozen food yang biasa dibeli masyarakat Indonesia saat ini adalah nugget, kentang goreng, sosis, atau dimsum. Namun, seiring berjalannya waktu frozen food pun semakin banyak variannya. Contohnya mayo, cireng isi, kebab, dan lumpia goreng. Baik makanan yang cocok dijadikan lauk (nugget atau sosis) maupun makanan camilan (risol mayo atau cireng isi), keduanya sama-sama memiliki peluang yang besar dalam bisnis makanan online untuk pemula.

2. Sambal


Kebanyakan orang Indonesia merasa makan belum lengkap kalau tidak ditemani oleh sambal. Sambal jadi makanan andalan orang Indonesia. Terlebih lagi saat ini banyak sekali bisnis makanan yang lebih berfokus pada rasa sambalnya. Kamu bisa menjadikan ini sebagai bisnis makanan online untuk pemula. Sambal-sambal yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia adalah sambal matah, sambal terasi, sambal goang, dan sambal cabe ijo.

3. Lauk olahan kering


Makanan selanjutnya yang bisa jadi menu bisnis makanan online untuk pemula adalah lauk olahan kering. Makanan ini sangat cocok dijual di masa sekarang karena masyarakat masih dihimbau untuk tidak sering keluar rumah. Jadi, lauk olahan kering sangat dibutuhkan sebagai persediaan makanan yang awet. Biasanya makanan yang dijadikan lauk olahan kering adalah kentang mustofa, dendeng, rendang kering, serta bandeng presto. Selain awet, makanan ini juga merupakan makanan siap saji. Sangat cocok dengan gaya hidup modern yang ingin serba praktis. 

4. Baso aci


Baso aci merupakan menu bisnis makanan online untuk pemula yang laris dan sedang meroket. Baso aci terkenal dengan kuahnya yang gurih dan pedas. Biasanya, bumbu pedas baso aci ini berasal dari cabe bubuk. Mungkin kamu bisa membuatnya dalam berbagai level pedas. Sehingga, konsumenmu lebih tertarik untuk mencobanya. Selain itu, kamu bisa menjualnya dalam beberapa pilihan menu, atau kamu bisa membiarkan pelanggan memilih sendiri apa saja isian baso aci yang diinginkan.

5. Jajanan tradisional


Kamu pasti sudah tidak asing dengan jajanan tradisional yang kerap ditemukan di pasar atau dijajakan oleh pedagang kaki lima. Beberapa jajanan ini akan sangat menarik kalau dijadikan makanan yang dijual secara online. Seperti onde-onde, kue pukis, lumpia, atau risoles. Peminat jajanan ini masih sangat banyak sampai sekarang jadi sangat cocok untuk dijadikan menu bisnis makanan online untuk pemula.

6. Makanan khas


Ide bisnis makanan online untuk pemula yang satu ini layak sekali kamu coba apalagi kalau kamu tinggal di daerah wisata. Menyediakan makanan khas yang dapat dipesan secara online sangat diminati oleh para turis domestik maupun luar negeri. Menu makanannya pun dapat menyesuaikan. Kamu bisa menjual makanan berat, kue khas, ataupun makanan ringan dari daerah tempat kamu tinggal.

7. Makaroni kering atau basah


Makanan yang satu ini memang terlihat sepele, namun dengan wujudnya yang mungil ini makaroni menjadi salah satu makanan yang laris di Indonesia. Makaroni disajikan dengan berbagai sajian seperti kering, basah, bahkan kuah. Camilan ini sangat cocok untuk dijadikan menu bisnis makanan online untuk pemula yang akan kamu jalani karena camilan ini memang jadi favorit untuk jadi teman nonton orang Indonesia.

Itulah ide-ide bisnis makanan online untuk pemula yang bisa kamu jalani. Ada satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan ketika menjalani bisnis makanan, yaitu bagaimana cara kamu mengemas produk yang kamu jual. Kamu bisa mempercayakan packaging untuk produk jualanmu kepada Supernova Digipack. Supernova Digipack memiliki banyak packaging mulai dari standing pouch, vacuum pack, central seal, three block seal, dan gusset. Semua packaging Supernova Digipack akan dikerjakan dalam kurun waktu 15 hari. Jadi, kamu tidak perlu menunggu lama ketika memesan packaging di Supernova Digipack. Kunjungi halaman ini untuk memesan packaging di Supernova Digipack!

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ