7 TIPS MENJALANKAN BISNIS CAMILAN DI MARKETPLACE

7 TIPS MENJALANKAN BISNIS CAMILAN DI MARKETPLACE

Membuka bisnis camilan cukup menjanjikan lho, apalagi kalau kamu bisa menemukan makanan atau camilan yang pas dan sesuai dengan selera di pasaran. Perlu kamu tau, banyak bisnis camilan yang dulunya berawal dari usaha rumahan, tapi sekarang sukses jadi pebisnis kaya. Hal ini membuktikan bahwa makanan ringan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Untuk memulai bisnis camilan, ide membuat berbagai makanan ringan mempunyai peluang yang cukup prospektif. Itu dikarenakan permintaan akan makanan ringan yang selalu bertambah dari hari ke hari. Tidak hanya anak-anak saja, para remaja dan orang dewasa pun menyukai aneka camilan.

Saat ini banyak jenis bisnis camilan yang bisa kita temukan, mulai dari keripik, siomay, batagor, brownies dan sebagainya. Kamu pun bisa membuat ide bisnis baru karena peluangnya terbuka lebar. Bisnis camilan sendiri bisa memberikan kamu uang tambahan penghasilan sehingga tidak hanya mengandalkan dari penghasilan bulanan atau kiriman dari orang tua saja. Tidak usah takut untuk membuka bisnis camilan sendiri di rumah karena berbisnis makanan ringan tidak membutuhkan modal yang besar.

Walaupun nominalnya tidak besar, bisnis camilan ternyata menawarkan untung yang besar jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Namun, tentu saja membuka bisnis camilan harus memastikan segalanya dengan baik, salah satunya adalah camilan yang kamu jual memiliki rasa yang enak dan bentuk menarik sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.

Ada hal yang harus kamu perhatikan jika kamu tertarik memulai bisnis camilan, mulai dari membuat persiapan, merencanakan secara matang, melakukan riset, dan menganalisa. Kamu juga harus mencari tahu jenis makanan ringan apa yang mempunyai permintaan tinggi tetapi produknya terbatas.

Ada banyak media promosi yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan bisnis camilan. Salah satunya adalah marketplace. Penggunaan marketplace sebagai sarana penjualan produk tengah digandrungi oleh berbagai bisnis. Apa lagi di tengah pandemi seperti ini, kebanyakan orang lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online karena praktis dan mudah. Jadi kamu harus bisa memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin.

Dengan memanfaatkan marketplace, kamu bisa menjalani bisnis camilan ini di rumah tanpa perlu membuka toko. Hal ini tentunya akan menguntungkan kamu sebagai pelaku UMKM. Agar bisnis camilan kamu dapat berjalan dengan baik dan digemari oleh para konsumen, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Penasaran apa saja? Yuk simak tipsnya berikut!

Tips Promosi Bisnis Camilan di Marketplace

1. Manfaatkan Fitur Premium Seller

Konsumen akan lebih percaya untuk membeli produk di toko kamu yang memiliki tanda premium seller. Karena tanda tersebut menunjukkan kredibilitas kamu dalam menjual produk. Selain itu, bisnis camilan kamu pun lebih berpeluang untuk muncul di laman paling atas, produk lebih sering dipromosikan, serta mendapatkan promo-promo eksklusif dari platform marketplace.

2. Sediakan promo menarik

Promo merupakan hal yang digemari oleh banyak konsumen. Dalam menjalankan bisnis camilan di marketplace kamu bisa melakukan hal ini juga lho! Kamu bisa coba menggunakan promo-promo menarik seperti diskon dengan minimum pembelian tertentu, promo beli satu gratis 1, gratis ongkir, ataupun promo bundling dimana kamu menjual lebih dari satu produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan konsumen membeli produk tersebut secara terpisah. Untuk bisnis camilan yang bersifat cepat habis, tentu promosi ini akan sangat menarik dan membuat konsumen mau membeli produk lagi dari toko kamu.

3. Memakai fitur iklan yang disediakan pada platform marketplace 

Beberapa platform marketplace menawarkan fitur ads sehingga kamu bisa mengiklankan bisnis camilan kamu. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa meningkatkan awareness konsumen atas bisnis camilan yang kamu miliki sehingga toko kamu akan lebih ramai konsumen.

4. Berikan layanan yang cepat dan ramah pada konsumen 

Hampir seluruh konsumen menilai suatu bisnis baik atau tidak tergantung dari pelayanan yang diberikan, termasuk dalam bisnis camilan. Kamu harus bisa memberikan pelayanan terbaik dan cepat kepada para konsumen. Jangan biarkan mereka menunggu dan selalu beri respon yang positif atas setiap pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

5. Pakai kemasan yang memikat dan fungsional 

Tidak hanya hal-hal yang telah disebutkan, bisnis camilan kamu pun membutuhkan kemasan yang menarik dan unik. Penggunaan kemasan untuk produk kamu pun merupakan hal yang patut kamu perhatikan. Kebanyakan konsumen lebih memilih untuk membeli produk yang memiliki kemasan dengan desain menarik dibandingkan kemasan polos.

Selain tampilan kemasannya yang menarik, produk bisnis camilan kamu pun harus bisa menyediakan kemasan yang fungsional. Artinya kemasan kamu mudah disimpan dan dibawa, sehingga memberikan kenyamanan untuk para konsumen.

6. Gunakan foto yang menarik 

Ketika mengelola bisnis camilan di marketplace, jangan sampai lupa untuk menggunakan foto produk yang menarik. Hal ini bisa meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk dari bisnis camilan yang kamu miliki. Dengan menggunakan foto yang menarik, nilai produk kamu pun angkat meningkat dan membuat konsumen lebih percaya untuk membeli produk dari bisnis camilan kamu dibandingkan dari brand lain.

7. Tulis deskripsi produk dengan jelas 

Selain itu, kamu pun harus menuliskan deskripsi yang jelas pada setiap produk yang kamu jual di bisnis camilan kamu. Karena konsumen harus mengetahui dengan jelas spesifikasi dari produk yang kamu jual sebelum mereka memutuskan untuk membelinya. Deskripsi ini harus kamu tulis sejelas mungkin seperti berat bersih produk, komposisi produk, expired date, dan sebagainya. Apabila kamu membuat produk dari bahan alami, jangan sampai lupa juga untuk menuliskan khasiat dan manfaat dari produk tersebut.

Persaingan di platform marketplace dapat dibilang cukup tinggi. Sehingga kamu harus memiliki hal yang membedakan kamu dengan kompetitor lainnya. Oleh karenanya, bisnis camilan kamu harus bisa membuat kemasan yang bisa menarik perhatian pembeli. Hal ini dikarenakan tidak bisa dipungkiri kalau hal pertama yang pembeli lihat adalah kemasan produk. Desain dari kemasan juga harus diperhatikan karena desain kemasan bisa meningkatkan daya jual produk makanan kamu. Selain itu, desain kemasan juga merepresentasikan kualitas produk yang ada di dalam kemasan tersebut.

Salah satu cara agar kemasan produk kamu mempunyai kualitas yang bagus adalah dengan menggunakan packaging dari Supernova Digipack. Ada 5 jenis kemasan yang bisa kamu pilih untuk bisnis camilan di Supernova Digipack, salah satunya adalah kemasan standing pouch. Kemasan ini biasa dipakai dalam bisnis camilan seperti, biskuit, snack, bahkan kopi. Standing pouch ini bisa menggunakan zipper lock sehingga kemasan lebih higienis dan tidak mudah rusak. Dengan kemasan ini, produk kamu lebih “stand out” di rak penyimpanan karena kemasan ini dapat berdiri dan bentuknya menyerupai kantung.

Selain itu, kemasan yang dibuat oleh Supernova Digipack juga tidak menggunakan zat berbahaya, jadi sangat aman untuk menjadi kemasan bisnis camilan kamu. Supernova Digipack merupakan bagian dari Supernova Flexible Packaging yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun, sehingga tidak perlu meragukan lagi soal kualitas packaging kami. Supernova Digipack menggunakan mesin cetak berkualitas tinggi (HP Indigo 20000), di mana hasil printing tajam dan warna kontras. Untuk memesan packaging di Supernova Digipack, kamu bisa mengunjungi halaman ini.

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ