8 PELUANG USAHA MAKANAN ANTI MAINSTREAM, DIJAMIN BALIK MODAL!

8 PELUANG USAHA MAKANAN ANTI MAINSTREAM, DIJAMIN BALIK MODAL!

Bisnis makanan unik semakin menjanjikan seiring pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Melihat masyarakat Indonesia yang suka “coba-coba”, peluang usaha makanan anti mainstream tentu bisa membuat brand atau usahamu lebih dikenal oleh masyarakat dan bisa bersaing dengan bisnis makanan yang telah berdiri lama.

Banyak bisnis makanan unik anti mainstream dan kekinian yang sukses menyambut kebutuhan tinggi masyarakat akan jenis fusion food favorit mereka. Yang perlu kamu lakukan sebelum membuka usaha adalah kamu harus lihat trend bisnis makanan unik yang sedang diminati. Hal ini sangat penting karena biasanya kalau peluang usaha makanan anti mainstream sedang terbuka dan salah satu produk mulai terkenal, akan ada banyak waralaba yang ikut membuat bisnis yang sama.

Modal utama saat mengambil peluang usaha makanan anti mainstream adalah kamu harus punya kualitas bahan makanan yang baik dan juga mampu membuat inovasi yang baik. Ditambah lagi di masa pandemi seperti ini, orang-orang akan mencari-cari makanan unik untuk mereka coba, jadi sekarang adalah saat yang tepat untuk kamu mencoba terjun di dunia kuliner anti mainstream. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan anti mainstream yang sedang diminati dan mungkin bisa kamu coba.

1. Belalang Goreng 


Dari namanya mungkin kamu bakal mikir “memang ada orang yang mau membeli makanan ini?”, tapi jangan salah, belalang goreng ini awalnya dijual di daerah Gunung Kidul. Kini, belalang goreng jadi peluang usaha makanan anti mainstream yang banyak diminati. Cukup banyak orang yang tertarik mencari tahu khasiat belalang yang disebut-sebut banyak mengandung protein dan orang-orang penasaran dengan manfaat dari makanan unik ini.

Konon, belalang goreng dapat mencerdaskan otak hingga menjaga kesehatan tulang. Untuk kamu yang tertarik untuk memulai bisnis ini, kamu bisa menjaga tekstur crunchy dari belalang goreng yang kamu jual dengan menggunakan packaging dari Digipack by Supernova. Packaging dari Digipack by Supernova sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga setiap proses produksi sesuai dengan prosedur yang aman bagi kemasan makanan, dan tentunya gak mengandung zat-zat yang berbahaya.

2. Frozen Semangka


Belakangan ini berkembang peluang usaha makanan anti mainstream dengan menggoreng semangka. Prosesnya sama seperti membuat pisang goreng. Tidak ada salahnya kamu membuka bisnis ini dengan menjual semangka goreng yang dibekukan. Dan lagi, bisnis frozen semangka ini tidak membutuhkan banyak modal loh. Untuk masalah kemasan, kamu bisa menggunakan kemasan vakum dari Digipack by Supernova untuk mengemas frozen semangka agar tidak mudah basi. 

3. Ramen Burger


Dua jenis makanan dari budaya Timur dan Barat ini lagi jadi trend peluang usaha makanan sekarang ini. Kini, ramen kering dijadikan sebagai pengganti roti bun burger untuk mengapit daging burger. Usaha ramen burger ini juga umumnya membutuhkan modal sekitar 5 juta rupiah per bulan dengan omzet hingga dua kali lipatnya! 

Menggiurkan bukan? Nah, untuk kamu yang ingin berinovasi, mungkin kamu bisa menjual ramen burger instan. Seperti halnya baso aci instan yang belakangan ini marak dijual, kamu bisa menjual bahan ramen burger ini per porsi disertai takaran dan cara membuat yang lengkap agar konsumenmu tidak kebingungan ketika mengolah ramen burger instan yang kamu jual. Untuk kebutuhan kemasan, kamu tidak perlu khawatir, Digipack by Supernova memiliki banyak pilihan packaging untuk produk usahamu. Kamu juga bisa langsung mengunggah desain packaging yang kamu inginkan.

 4. Peach Gum Dessert


Makanan penutup ini sedang hits belakangan ini dan ini menjadikan peluang usaha makanan anti mainstream yang patut dicoba. Peach gum terbuat dari resin alami yang dikeluarkan pohon persik, berbentuk kristal berwarna kuning. Getah persik dengan tekstur lembut dan halus ini kaya akan kolagen, asam amino, dan serat. Dengan khasiat untuk mengencangkan dan melembutkan kulit, kandungan kolagen dalam jenis makanan anti mainstream ini tentu jadi daya tarik tersendiri. Kamu juga bisa menjadikan bisnismu semakin menarik perhatian dengan mengemas produk ini menggunakan kemasan dari Digipack by Supernova.

5. Bakpau buah


Semua orang mengenal makanan yang bernama bakpau. Makanan asli China ini sudah ada di Indonesia sejak lama. Namun, jika dahulu bakpau hanya berbentuk bulat, warna putih polos, dan dengan isian daging atau atau sapi, bahkan cokelat; kini bakpau muncul dengan bentuk terbaru yaitu varian berbagai macam buah dengan isian yang sama dengan bakpau pada umumnya. Dan tidak ada salahnya kamu menjadikan bakpau buah sebagai peluang usaha makanan yang akan kamu tekuni. Kamu bisa menjual bakpau buah yang sudah matang atau bakpau buah siap kukus. 

6. Oreo goreng


Sama seperti semangka goreng yang sudah kita bahas di atas, oreo goreng ini masih terdengar agak asing dan aneh di telinga masyarakat Indonesia. Gorengan manis yang biasa kita temukan biasanya berisi pisang, nanas, atau ketan hitam. Namun, apa jadinya apabila biskuit yang dilumuri tepung kemudian digoreng? Nah, makanan ini disebut oreo goreng dan merupakan peluang usaha makanan keenam yang bisa kamu coba untuk bisnismu.

7. Wagashi 


Bagi pecinta makanan Jepang, nama wagashi pastinya tidak asing di telinga kalian. Kue tradisional Jepang ini sekarang sudah banyak dijual di Indonesia, dan hal ini menjadikan wagashi sebagai peluang usaha makanan yang sangat menjanjikan, mengingat belum banyak orang yang menjual wagashi. Camilan yang mirip permen ini hanya memiliki rasa manis dan biasanya dihidangkan bersama dengan teh hangat. Di Jepang sendiri cara mengonsumsinya adalah dengan cara menghabiskan wagashi terlebih dahulu baru minum teh tanpa gula. Kamu bisa menjual wagashi dalam bentuk yang sudah matang atau instan

8. Rempeyek jangkrik


Peluang usaha makanan anti mainstream terakhir yang bisa kamu coba adalah rempeyek jangkrik. Jangkrik yang biasa dijadikan sebagai makanan burung, ternyata bisa dijadikan rempeyek juga loh. Makanan ini dijadikan camilan yang gurih dan berkhasiat. Bahkan suka dijadikan oleh-oleh khas Surabaya. Namun jangan salah, tak sembarang jangkrik bisa digunakan sebagai bahan baku rempeyek. Jangkrik yang bisa dijadikan bahan baku adalah jangkrik yang usianya masih muda bahkan yang baru sebulan menetas karena jangkrik yang memiliki usia muda memiliki kadar protein yang sangat tinggi.

Bagaimana? Apakah kamu sudah semakin mantap untuk mengambil peluang usaha makanan anti mainstream di atas? Atau mungkin kamu punya ide usaha makanan lainnya yang ingin ditekuni? Apapun produk yang akan kamu jual, jangan lupa untuk memesan kemasannya di Digipack by Supernova. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, semua kemasan kami sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management. Setiap proses produksi kemasan Digipack by Supernova juga sudah sesuai dengan prosedur yang aman bagi kemasan makanan dan yang pastinya bebas dari zat-zat yang bisa membahayakan calon konsumen. Kunjungi halaman ini untuk memesan kemasan di Digipack by Supernova sekarang!

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ