ANTI GAGAL! INI DIA 4 TIPS AMPUH BIKIN KEMASAN KOPI KEKINIAN UNTUK UMKM

ANTI GAGAL! INI DIA 4 TIPS AMPUH BIKIN KEMASAN KOPI KEKINIAN UNTUK UMKM

Bisnis kopi kini tengah digandrungi oleh banyak masyarakat. Ada banyak sekali produk kopi yang dijual di supermarket, mulai dari jenis kopi instan bubuk hingga produk kopi yang masih dalam bentuk biji. Melihat ada banyaknya produk kopi ini, sebagai pengusaha di bidang kopi, tentunya kamu harus bisa bersaing dengan kompetitor agar produk yang kamu miliki bisa menang di persaingan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membuat kemasan kopi kekinian yang menarik.

Kemasan kopi kekinian yang kamu buat ini harus memiliki nilai estetika juga fungsional. Nilai estetika ditujukan agar kemasan kamu bisa menarik perhatian konsumen karena kemasan merupakan first impression untuk setiap konsumen. Apabila kamu berhasil menarik perhatian mereka, maka besar kemungkinan mereka akan memilih produk kamu dibandingkan dengan produk lainnya.

Sementara untuk nilai fungsional berarti kemasan kopi kekinian kamu harus bisa melindungi produk secara maksimal baik dari faktor udara, sinar cahaya matahari langsung, ataupun kelembapan. Selain itu, kemasan kamu juga harus memiliki bentuk yang mudah dibawa, disimpan, dan juga digunakan sehingga para konsumen tidak akan merasa kesulitan ketika mengonsumsi produk yang kamu jual.

Untuk membuat kemasan kopi kekinian yang bisa menarik perhatian para konsumen, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini. Yuk disimak!

Tips Membuat Kemasan Kopi Kekinian yang menarik 

1. Menggunakan desain yang simple

Konsumen hanya membutuhkan waktu 7 detik untuk memutuskan apakah mereka ingin membeli produk kamu atau tidak. Dan dalam hal ini, kemasan kopi kekinian yang kamu gunakan memegang peran yang sangat penting. Kamu bisa membuat tampilan kemasan yang menarik sehingga bisa membuat konsumen terdorong untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Untuk bisa memberikan tampilan yang menarik pada kemasan kopi kekinian yang kamu jual, kamu bisa menggunakan desain yang simple agar konsumen bisa mengingat produk kamu dengan mudah. Pastikan juga kalau nama brand kamu nampak jelas terlihat pada kemasan.

2. Perhatikan warna yang digunakan

Ketika membuat kemasan kopi kekinian, kamu harus memperhatikan warna yang kamu gunakan. Mengapa? Karena warna bisa mencerminkan kualitas produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa menggunakan psikologi warna untuk bisa menarik perhatian konsumen. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kalau warna yang kamu gunakan pada kemasan kopi kekinian harus sesuai dengan value brand, juga pesan yang ingin kamu sampaikan pada konsumen. 

3. Tuliskan informasi mengenai produk juga brand

Kemasan kopi kekinian yang baik harus bisa memberikan informasi mengenai produk kopi juga brand value yang kamu miliki. Untuk produk, kamu bisa menceritakan mengenai komposisi, waktu kadaluwarsa, juga informasi legalitas seperti izin BPOM. Kamu juga bisa menceritakan mengenai bahan biji kopi kamu berasal dari mana, melalui cerita seperti ini brand kamu akan terlihat mengedepankan kualitas produk.

Jangan lupa juga untuk menginformasikan saran penyajian pada kemasan kopi kekinian yang kamu buat. Karena setiap jenis kopi tentunya memiliki tingkatan rasa yang berbeda, juga cara penyajian yang berbeda-beda. Kamu bisa menceritakan pada konsumen bagaimana cara penyajian produk agar mereka bisa merasakan kualitas produk kopi kamu secara maksimal. Cara penyajian ini tentunya bisa kamu tulis menggunakan ilustrasi agar terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

Kamu pun bisa meng-highlight hal-hal menarik dari brand kamu dalam kemasan kopi kekinian. Misalnya biji kopi yang kamu gunakan dalam produk ini diproduksi langsung dari perkebunan kopi, atau brand kamu sangat mengedepankan nilai eco-friendly, dan sebagainya.

4. Pakai material kemasan food grade

Kemasan kopi kekinian yang kamu gunakan harus memakai bahan food grade. Hal ini dikarenakan kemasan tersebut akan langsung bersentuhan dengan produk. Apabila kemasan mengandung zat kimia berbahaya, produk kamu bisa berpengaruh buruk pada kesehatan konsumen. Tentunya kamu tidak mau hal ini terjadi bukan?

Selain menggunakan material kemasan food grade, kemasan kopi kekinian kamu juga harus menggunakan material yang sesuai agar bisa menjaga kualitas produk secara maksimal. Kamu bisa memilih untuk menggunakan material alumunium foil karena bisa melindungi produk kopi kamu dari pengaruh udara dan sinar cahaya matahari yang dapat menurunkan kualitas produk.

Rekomendasi Jenis Kemasan Kopi Kekinian 

Selain keempat tips di atas, kamu juga harus bisa menentukan jenis dan bentuk kemasan yang hendak kamu gunakan untuk kemasan kopi kekinian. Pemilihan jenis kemasan ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, apakah kamu membutuhkan jenis kemasan berukuran kecil, sedang, maupun besar. Penasaran dengan apa saja pilihannya? Yuk simak rekomendasi berikut!

1. Kemasan Three Block Seal / Sachet


Kamu bisa mengemas produk kamu menggunakan kemasan kopi kekinian jenis three block seal atau yang lebih dikenal dengan kemasan sachet. Banyak jenis kopi instan yang dijual di supermarket menggunakan jenis kemasan ini karena harganya yang ekonomis dan bentuknya praktis. Kemasan ini bisa digunakan untuk mengemas kopi dalam ukuran kecil.

2. Kemasan Standing Pouch


Jenis kemasan kopi kekinian yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah standing pouch. Kemasan ini merupakan jenis kemasan fleksibel yang bisa berdiri karena memiliki penopang pada bagian bawah kemasan.

Apabila kamu ingin mengemas kopi dalam ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran sachet, kamu bisa memakai kemasan kopi kekinian jenis standing pouch. Kemasan ini cocok untuk produk kopi dalam bentuk bubuk. Kamu pun bisa menambahkan fitur zipper lock agar konsumen bisa mengunci kembali kemasan dan produk kopi kamu akan lebih tahan lama dan terjaga kualitasnya dengan baik.

3. Kemasan Gusset 


Kemasan gusset bisa kamu jadikan andalan sebagai kemasan kopi kekinian. Kemasan ini cocok untuk produk kopi berbentuk bubuk ataupun biji. Dengan fitur valve yang dimiliki oleh kemasan gusset, gas yang ada di dalam kemasan bisa dikeluarkan, dan udara yang berada di luar kemasan dapat terhalang sehingga produk akan tetap harum ketika sampai di tangan konsumen.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan cara untuk membuat kemasan kopi kekinian yang menarik juga jenis kemasannya? Nah, kalau kamu sudah siap untuk bikin kemasan kopi kekinian, langsung aja hubungi Supernova Digipack! Kami bisa membantu kamu untuk membuat kemasan yang berkualitas dan pastinya menggunakan material food grade!

Merupakan bagian dari PT Supernova Flexible Packaging yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun, tim Supernova Digipack bisa menjamin seluruh kemasan kopi kekinian yang dibuat bisa memiliki kualitas yang tinggi. Kamu pun tidak perlu khawatir tentang keamanan kemasan karena Supernova Digipack sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management, dimana seluruh prosedur pembuatan kemasan sudah sesuai dengan standar keamanan pangan.

Selain itu, untuk menghasilkan kemasan kopi kekinian yang baik Supernova Digipack menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000 yang bisa menghasilkan cetakan kemasan berkualitas tinggi dan warna yang tajam. Mesin kami ini memakai tinta solventless, yang sudah tersertifikasi food safety sehingga aman untuk diaplikasikan pada kemasan kopi kekinian yang kamu miliki.

Tunggu apa lagi? Ayo segera pesan kemasan kopi kekinian kamu hanya di Supernova Digipack! Minimal order hanya 500 pcs saja lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan kunjungi www.supernovadigipack.com ya!

15 Days Execution
30 Years of experiences
High quality
Low MOQ