pilih kemasan
10 IDE KEMASAN SNACK UNIK YANG MAMPU MENARIK MINAT PEMBELI

Apakah kamu pernah membeli makanan karena kemasannya yang bagus? Pada dasarnya, sebelum keputusan pembelian itu diambil, calon konsumen harus terlebih dulu tertarik dengan tampilan produk. Bisa dikatakan bahwa kemasan adalah salah satu yang memengaruhi keputusan pembelian. Termasuk juga ketika membeli snack atau makanan ringan. Seringkali, kemasan snack dibuat sedemikian rupa agar calon pembeli tertarik padahal mereka belum mengetahui rasanya. Dengan kata lain, tidak hanya produk dan harga saja bersaing di pasaran, ternyata pengemasan snack juga mendapat prioritas dalam penjualan. Jangan pernah menganggap remeh bentuk kemasan.

Kemasan snack yang bagus bisa kamu jadikan salah satu trik marketing agar produk yang dijual mudah diingat atau bahkan menjadi ramai diperbincangkan. Sebagus apa pun produk yang ditawarkan, jika tidak dikemas secara menarik kemungkinan besar tidak akan dilirik oleh calon pembeli. Sebisa mungkin buatlah calon pembeli terpesona ketika pertama kali melihat produk yang kamu jual. Beberapa produk snack yang dijual di pasaran kemungkinan besar memiliki jenis yang mirip atau harga yang beda tipis, namun calon pembeli tidak akan kelewatan produk snack kamu karena kemasannya lebih keren.

Manfaat penggunaan kemasan snack yang berkualitas juga berpengaruh pada keamanan produk dari faktor eksternal. Terlebih lagi jika snack yang kamu jual harus melalui jasa pengiriman pihak ketiga. Agar barang sampai ke konsumen dengan aman, bahan kemasan juga harus bagus untuk menghindarkan dari kondisi terburuk. Di zaman yang penuh persaingan ini, sayang sekali rasanya jika kamu melewatkan teknik promosi melalui desain kemasan. Beberapa ide packaging snack yang unik ini bisa jadi inspirasi kamu dalam mengemas produk snack unggulan.

1. Sedikit Tunjukkan Isi Produk


Image source: https://sc01.alicdn.com/kf/H7819db54d92140b2ae546fd3fb45fc2aO.jpg

Beberapa calon pembeli mungkin akan mengalami kebingungan jika hanya melihat kemasan luar produk. Sebagian dari mereka akan bertanya-tanya, apakah produk snack ini layak saya beli jika hanya melihat kemasan luarnya saja? Atau mungkin mereka akan bertanya, bentuk snacknya ini seperti apa? Untuk menjawab kebingungan tersebut, kamu bisa menjawabnya dengan memberikan kemasan snack yang transparan. Mungkin tidak full transparan sehingga semua produk snacknya terlihat, namun setidaknya ada produk yang sedikit terlihat agar calon konsumen semakin yakin untuk membeli.

2. Gunakan Ilustrasi yang Menarik


Image source: https://unsplash.com/photos/ajD8USoT3kU

Gambar ilustrasi yang menarik dianggap sebagai nilai untuk menarik minat calon pembeli. Ilustrasi pada kemasan snack bisa menggunakan karakter yang berhubungan dengan produk yang dijual. Misalnya saja snack yang kamu jual berupa keripik pisang, tentu saja ilustrasi monyet atau buah pisang yang dipotong tipis bisa menjadi alternatif menarik. Pertimbangkan juga unsur kesederhanaan karena jika terlalu banyak ilustrasi atau gambar akan membuat produk kurang menarik.

3. Tambahkan Perlindungan Ekstra


Image source: https://unsplash.com/photos/HvzR2yXtii4

Seperti yang diketahui, untuk snack yang berbentuk keripik usahakan agar kemasannya bebas udara sehingga produk tidak mudah melempem. Gunakan kemasan snack yang memiliki perlindungan ekstra seperti zipper lock. Manfaat zipper lock adalah membuat kemasan dapat ditutup kembali sehingga produk tetap terjaga dan juga membuat konsumen lebih nyaman.

4. Buat Kemasan yang Berguna


Image source: https://unsplash.com/photos/5R5Trsu1aIM

Sebuah kemasan akan terlihat lebih menarik ketika kamu menambahkan nilai guna di dalamnya. Seperti misalnya membuat kemasan snack yogurt yang tutupnya bisa digunakan sebagai sendok. Nilai unik ini akan selalu diingat oleh konsumen karena tidak banyak penjual yang melakukan hal seperti ini. Membuat kemasan dengan desain yang multifungsi juga termasuk kelebihan yang unik. Seperti misalnya kemasan snack kacang kulit dengan dua sisi, satu sisi sebagai wadah kacangnya, sementara sisi lain untuk membuang sampah kulitnya. Atau bisa juga membuat kemasan yang bisa sebagai wadah makanan sekaligus minuman.

5. Buat Desain Sendiri


Image source: https://unsplash.com/photos/SRFOOdORhKw

Agar konsumen maupun calon konsumen mudah mengingat snack kamu dibandingkan produk lain, buatlah desain sendiri yang menunjukkan ciri khas produk kamu. Misalnya menggunakan kemasan snack dengan warna yang identik dengan logo brand kamu. Atau menyisipkan kata-kata lucu maupun penyemangat di dalam kemasan, sehingga produk kamu dapat menghibur konsumen dengan kemasannya. Kebetulan masih belum banyak kemasan snack yang menggunakan desain seperti ini. Untuk merealisasikannya, kamu bisa memesan kemasan dari Supernova Digipack yang bisa custom desain packaging. Kamu tinggal upload desain packaging yang akan dicetak, Supernova Digipack akan mewujudkannya dalam sebuah kemasan yang menunjukkan ciri khas produk kamu.

6. Gunakan Kemasan Limited Edition


Image source: https://unsplash.com/photos/olOpCuDgWm0

Ingatkah kamu dengan produk-produk yang dijual dengan kemasan bergambar BTS lalu sold out di mana-mana? Beberapa fans memang sangat fanatik terhadap sesuatu hal yang menyangkut idolanya. Kondisi seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk berkolaborasi dengan beberapa idol lokal yang sudah memiliki fans seperti selebgram atau seleb TikTok. Memasukkan foto atau nama idol tersebut dalam kemasan snack kamu tentu saja akan menambah nilai jual. Jangan lupa sematkan istilah “limited edition” agar terlihat bahwa memang produk tersebut eksklusif. Kamu bisa hubungi Supernova Digipack untuk membuat packaging kolaborasi dengan karakter idol yang limited edition. Hal ini karena di Supernova Digipack kamu bebas membuat desain sendiri yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

7. Tunjukkan Merek


Image Source: https://unsplash.com/photos/r5gUffg8jXU

Yang sering dilupakan oleh penjual ketika mendesain kemasan adalah kurangnya menunjukkan merek dagang. Alih-alih membuat kemasan menarik, namun seringkali merek produknya tidak terlalu kelihatan. Menunjukkan merek agar benar-benar kelihatan oleh calon konsumen membantu mereka mengingat merek produk kamu. Sebagus apa pun desain kemasan snack kamu, jangan lupa tonjolkan merek di bagian depan kemasan.

8. Sesuaikan Ukuran Produk dengan Kemasan


Image source: https://unsplash.com/photos/YRCTpi816ZA

Usahakan untuk menyesuaikan jumlah satu porsi produk yang kamu jual dengan kemasan snack yang digunakan. Jangan terlalu besar atau pun terlalu kecil. Usahakan masih ada ruang kosong pada kemasan produk, terutama jika produk kamu adalah snack kering. Tujuannya adalah untuk menghindari kerusakan pada kemasan akibat terlalu penuh. Biasanya dalam satu jenis kemasan terdapat ukuran yang bisa kamu pilih dan gunakan sesuai dengan berat satu porsi produk kamu.

9. Tentukan Model Kemasan yang Tepat


Image source: https://unsplash.com/photos/Sm7ebvMgi-E

Agar snack tidak mudah basi atau berkurang kualitasnya, sebaiknya kamu memperhatikan model kemasan snack yang tepat. Untuk snack kering yang bentuk kecil-kecil dan isinya banyak lebih tepat jika kamu menggunakan jenis kemasan standing pouch. Jenis kemasan yang satu ini termasuk dalam jenis yang banyak dipilih oleh penjual dalam mengemas produknya. Beberapa makanan padat maupun cair dapat ditemukan menggunakan kemasan standing pouch. Misalnya saja produk-produk makaroni kering, keripik, kue kering, dan sejenisnya. Sementara untuk produk yang cair, standing pouch banyak digunakan untuk kemasan manisan buah, jeli, atau beberapa jenis oleh-oleh khas daerah. Kemasan snack model standing pouch memang menguntungkan kedua belah pihak, baik dari sisi penjual maupun pembeli. Penjual merasa untung karena produk yang dikemas dapat tahan lama, terlebih lagi jika standing pouch memiliki zipper lock yang bisa menjaga kualitas snack di dalamnya. Sementara konsumen merasa puas karena kemasannya mudah disimpan sementara kualitas produknya tetap terjaga walaupun sudah tersimpan beberapa waktu.

10. Bahan Kemasan Memiliki Kelebihan


Tidak hanya desain yang menarik, beberapa konsumen makanan cenderung memperhatikan bahan yang digunakan oleh sebuah produk. Terlebih lagi jika konsumen tersebut sangat concern terhadap isu lingkungan. Tambahkan nilai pada bahan kemasan snack kamu dengan memilih bahan yang mudah hancur. Atau pilih kemasan yang terbuat dari bahan tidak berbahaya sehingga aman digunakan untuk menyimpan makanan. Apabila kemasan yang kamu gunakan memiliki sertifikasi tersendiri, silakan ditulis dalam kemasan untuk memberikan informasi tambahan sekaligus nilai tambah. Jika kamu sedang mencari jenis kemasan seperti ini, Supernova Digipack menyediakan kemasan snack yang bebas dari zat berbahaya sehingga aman digunakan untuk menyimpan snack dalam jangka waktu lama. Proses produksi Supernova Digipack sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management, sehingga kemasan yang kami produksi sudah aman bagi makanan dan tentunya gak mengandung zat-zat berbahaya bagi konsumen.

Itulah tadi ide-ide tentang kemasan snack yang unik untuk menarik minat pembeli. Sebelum memutuskan untuk membuat kemasan pada produk snack kamu, pastikan bahwa ada nilai jual yang ingin kamu tonjolkan. Silakan gali lebih dalam filosofi dari produk yang dijual, bisa diambil dari sudut bahan-bahan pembuatnya, efek yang ditimbulkan ketika dikonsumsi, nilai sejarah yang melatari produk tersebut dan sebagainya.

Kamu bisa percayakan kemasan snack unggulan dari Supernova Digipack. Dengan menggunakan zipper lock yang kokoh, jenis packaging standing pouch sangat ampuh untuk menjaga kerenyahan snack setelah dibuka. Selain itu, packaging standing pouch dari Supernova Digipack juga memiliki variasi ukuran yang cocok untuk produk kamu. Kamu bisa klik link ini untuk melihat spesifikasi lengkap sekaligus pesan packaging standing pouch Supernova Digipack untuk bisnis makanan ringan.


Whatsapp