pilih kemasan
10 USAHA MAKANAN KEKINIAN YANG MASIH AKAN BOOMING PADA 2021

Usaha makanan adalah salah satu bisnis yang trennya paling dinamis. Tren-tren baru akan datang lalu digantikan oleh tren yang lebih baru lagi. Namun, bukan berarti makanan yang menjadi tren sebelumnya tidak akan ada yang mencari, pasti tetap saja akan ada peminatnya. Untuk kamu yang mau mencoba peruntungan di usaha makanan kekinian, kamu bisa coba bisnis makanan tradisional atau bisnis makanan inovatif.

Pada bisnis makanan tradisional, kamu tidak akan kesulitan mendapatkan pelanggan karena orang-orang sudah tahu seperti apa bentuk, tekstur, dan rasanya. Yang menjadi pembeda dari bisnis makanan tradisional adalah biasanya seputar harga atau rasa. Namun, kalau kamu menekuni usaha makanan kekinian tradisional ada kekurangannya; yaitu kamu bakal memiliki banyak pesaing sehingga harus pintar memilih tempat untuk berjualan dan memiliki nilai jual yang bisa ditonjolkan sehingga pelanggan dan calon pelanggan akan lebih memilih membeli bisnis kamu dibandingkan pesaing kamu.

Untuk bisnis makanan inovatif, kamu akan bergantung pada tren atau hal-hal yang sedang viral. Kamu bisa saja memodifikasi makanan tradisional dan menambahkan sesuatu yang baru atau membuat makanan yang belum dipikirkan oleh orang lain sebelumnya. Kalau kamu ingin menekuni usaha makanan kekinian yang inovatif, kamu harus bisa memancing rasa penasaran calon pelanggan dengan nama dan bentuk dari makanan yang kamu buat sehingga orang-orang tertarik untuk mencoba. Selain itu, kamu juga harus jeli melihat tren yang sedang atau akan viral sehingga tidak ketinggalan dari para pesaing.

Sekarang ini, rasa yang lezat bukan lagi jadi satu-satunya kunci kesuksesan bisnis makanan. Kamu harus memanfaatkan tren yang lagi populer ke dalam usaha makanan kekinian yang akan kamu tekuni. Terutama di tengah pandemi ini, kamu harus mencari ide usaha makanan yang juga bisa dengan mudah dijual online. Berikut ini adalah beberapa ide makanan kekinian yang bisa kamu coba untuk bisnismu.

1. Brulee bomb


Brulee bomb merupakan camilan yang berbentuk bulat dan cara membuatnya mirip seperti bitterballen. Brulee bomb ini bisa jadi pilihan untuk usaha makanan kekinian yang akan kamu tekuni karena brulee bomb bisa dijual secara frozen dan bisa disimpan hingga 2 minggu di dalam freezer. Brulee bomb dibuat dengan bahan seperti bawang bombay, bawang putih, smoked beef atau sosis, margarin, tepung terigu, susu cair dan keju mozarella. Jangan lupa juga untuk menyematkan saus tartar dan saus sambal di dalam kemasan brulee bomb yang akan kamu jual ya. 

2. Cireng


Cireng bisa jadi salah satu usaha makanan kekinian yang laku. Cireng memang sudah banyak dijual dipasaran, tapi kamu bisa berinovasi supaya produk cireng kamu lebih menarik. Kamu bisa menyulap cireng jadi makanan kekinian dengan memasarkan cireng beraneka rasa, misalkan cireng isi smoked beef atau keju. Kamu bisa menjual cireng yang dibekukan supaya para pembeli bisa tetap merasakan cireng kekinian dengan hangat. Kamu juga bisa menjual cireng kekinian dengan sajian bumbu saus rujak yang gurih, asam, dan manis.

3. Kebab goreng


Siapa yang tidak kenal dengan makanan dari Turki ini? Makanan khas Turki ini umumnya dijual dengan cara dipanggang, namun sekarang sudah banyak yang menyulap menjadi kebab goreng yang ukurannya juga lebih kecil dari kebab biasa. Ditambah lagi dengan lelehan keju serta berbagai isian daging yang nikmat. Selain itu, kebab goreng ini juga bisa dijual mentahnya. Cocok sekali untuk dijadikan salah satu menu usaha makanan kekinian-mu. 

4. Roti Canai


Usaha makanan kekinian selanjutnya adalah roti canai. Roti canai yang merupakan makanan berbentuk roti pipih dari India. Roti canai dapat disajikan dengan berbagai macam topping seperti kuah gulai, kuah kari, bahkan topping manis seperti coklat, greentea, susu, dan lainnya. Kamu bisa menjual roti canai siap goreng yang bisa dijadikan sebagai camilan untuk calon pelangganmu.

5. Pempek


Makanan khas Palembang yang satu ini sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat Indonesia dan tentunya bisa dijadikan usaha makanan kekinian. Pempek sangat diburu karena rasanya yang unik, pedas, dan juga gurih. Oleh karena itu pempek banyak digemari masyarakat Indonesia sehingga tidak jarang kita melihat ada begitu banyak warung makanan yang menjual pempek di daerah-daerah di Indonesia. Peminatnya pun dari berbagai rentang usia, mulai dari kalangan anak muda, anak-anak, hingga orang tua.

6. Tahu bakso


Tahu bakso, yang merupakan makanan khas dari Kabupaten Semarang, bisa jadi menu usaha makanan kekinian selanjutnya. Kamu bisa menjual makanan ini dalam bentuk beku atau sudah digoreng. Bahannya gampang sekali didapatkan di pasar seperti ayam, tepung, telur, dan tahu. Cara membuatnya pun tidak kalah mudah, kamu bisa cek resepnya di internet.

7. Churros


Menu usaha makanan kekinian yang selanjutnya adalah Churros. Churros adalah makanan ringan manis asal Spanyol, dan ternyata banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Teksturnya yang renyah di luar namun lembut di dalam dan dilengkapi dengan taburan gula halus serta saus cokelat yang semakin menambah rasa manisnya inilah yang membuat Churros banyak digemari orang. Churros juga mudah dan cepat untuk dibuat, sehingga tidak memerlukan operasional bisnis yang merepotkan.

8. Pisang cokelat


Pisang cokelat merupakan menu usaha makanan kekinian yang sekarang banyak diminati. Makanan ini sangat mudah dibuat. Kamu cuma perlu menyiapkan kulit yang terbuat dari tepung, buah pisang, dan cokelat. Supaya pelanggan kamu tidak bosan, kamu bisa menambahkan varian rasa seperti keju, green tea, red velvet, dan lainnya.

9. Mie sagu


Mungkin sebagian dari kamu jarang atau bahkan belum pernah mendengar mie yang satu ini. Mie sagu kini mulai banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama yang berada di produksi mie sagu itu sendiri, yaitu daerah Riau dan Kepulauan Riau. Mie sagu merupakan salah satu makanan sehat karena tidak mengandung pengawet sama sekali. Selain itu, rasanya juga unik dan enak. Mie sagu bisa dijadikan lauk pauk, tergantung olahannya. Bahan dasar dari mie sagu ini juga mudah ditemukan, yaitu tepung sagu. Ketika sudah dimasak, mie sagu akan terasa kenyal dan gurih. Kamu bisa jadikan mie sagu sebagai salah satu menu usaha makanan kekinian

10. Asinan dari sayuran atau buah-buahan


Selain makanan mentah, kamu juga bisa menjual makanan yang sudah jadi untuk bisnismu. Walaupun jaman semakin modern, ternyata usaha asinan masih mampu mempertahankan eksistensinya. Walaupun disebut asinan, makanan ini sebenarnya tidak sepenuhnya asin. Sebab asinan disajikan dengan cara menambah kuah yang terasa segar, manis dan asam di atas buah atau sayuran segar. Terdapat tiga jenis asinan yang bisa kamu jadikan menu usaha makanan kekinian yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan campuran buah dan sayur.

Menentukan menu untuk usaha makanan kekinian tidaklah mudah. Kamu tidak bisa sembarangan memilih jenis makanan, kamu harus riset terlebih dahulu makanan apa yang sekiranya akan laku di pasaran, lalu cari supplier jika kamu tidak memasak sendiri, setelah itu cari packaging yang akan digunakan. Untuk packaging, kamu bisa percayakan kepada Digipack by Supernova karena Digipack by Supernova memiliki lima jenis packaging: standing pouch, gusset, three block seal, central seal, dan vacuum pack yang bisa kamu pakai. Segera klik halaman ini untuk memesan.


Whatsapp