pilih kemasan
3 ALASAN MENGAPA KEMASAN PRIMER ADALAH ASPEK TERPENTING DALAM PRODUKMU

Ketika mendengar kata “kemasan”, mungkin kamu akan membayangkan pembungkus yang melindungi produk secara langsung seperti kemasan sachet atau standing pouch. Sebenarnya, berdasarkan tingkat lapisannya, ada 3 jenis kemasan yang harus kamu ketahui, yaitu kemasan primer, sekunder, dan tersier. Apa sih perbedaan antara ketiganya? Kemasan primer adalah kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk dan berfungsi untuk memberikan proteksi untuk produk sekaligus menjadi media komunikasi antara kamu dengan para konsumen. Sementara itu, kemasan sekunder alias support packaging adalah kemasan yang melindungi kemasan primer agar tidak rusak, berdebu, atau kotor. Terakhir, kemasan tersier adalah kemasan yang membungkus produk, kemasan primer, dan kemasan sekunder untuk memberikan proteksi lebih pada produk, biasanya untuk tujuan pengiriman produk.

Dari ketiga tingkatan kemasan tersebut, kemasan primer adalah tingkatan yang harus kamu perhatikan. Bahkan, kemasan primer bisa dibilang bukan hanya yang terpenting dalam hal kemasan, tapi juga bagi produk kamu secara keseluruhan. Bagaimana bisa suatu kemasan menjadi aspek terpenting bagi suatu produk secara keseluruhan? Ayo simak dulu uraian 3 fungsi kemasan primer yang menjadi alasan kenapa kemasan tingkat ini adalah aspek terpenting untuk produk kamu berikut!

1. Fungsi Perlindungan (Protection)

Jenis kemasan primer adalah kemasan yang pasti akan ada pada hampir semua produk. Nah, berbeda dengan kemasan sekunder dan tersier, kemasan primer adalah lapisan yang bersentuhan langsung dengan produk kamu. Untuk itu, kemasan primer pastinya nya memiliki fungsi proteksi yang ekstra. Lapisan inilah yang memiliki peran utama dalam melindungi produk kamu dari kotoran atau kerusakan, karena tidak ada lagi alat atau media yang menjaga kualitas produk kamu selain kemasan primer tersebut. Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jenis bahan yang digunakan. Sebagaimana kamu ketahui, bahan yang paling banyak digunakan untuk kemasan primer adalah plastik. Plastik menjadi bahan unggulan untuk kemasan dengan proteksi baik karena sifatnya yang tidak mudah rusak dan anti tembus. Harus kamu perhatikan adalah kualitas perekat yang digunakan kemasan plastik. Apakah perekat yang digunakan mampu melindungi produk kamu dari paparan udara luar, kotoran, bakteri, atau kerusakan? Namun, selain kuat dan mampu melindungi produk, perekat yang berkualitas di kemasan primer juga harus praktis dan mudah digunakan oleh konsumen.  

2. Fungsi Mengawetkan (Preservation)

Selain melindungi produk, fungsi kedua kemasan primer adalah fungsi mengawetkan (preservation). Maksud dari fungsi ini adalah kemasan primer berperan untuk menjaga kualitas produk ketika produk disimpan. Kemasan primer membantu mengontrol kondisi produk di dalamnya agar bisa memperpanjang umur suatu produk. Misalnya, beberapa produk tertentu seperti makanan lembab yang memerlukan perlindungan dari udara yang terlalu lembab, terlalu panas, atau terlalu dingin untuk menjaga kualitasnya. Sementara itu, dalam proses penyimpanan maupun pengiriman, suatu produk akan berada di berbagai lokasi dengan kondisi yang beragam. Nah, kemasan primer adalah aspek yang akan menjamin kondisi produk sesuai dengan kebutuhannya tersebut. Oleh karena itu, fungsi preservation kemasan primer juga menjadi alasan kedua mengapa kemasan primer adalah aspek terpenting untuk apapun produk kamu. 

3. Fungsi Communication

Alasan terakhir mengapa kemasan primer adalah aspek terpenting untuk produk kamu adalah fungsi komunikasinya. Nah, fungsi komunikasi kemasan primer ini terbagi menjadi dua aspek komunikasi yang berbeda, yaitu komunikasi promosi dan komunikasi informasi produk.

a. Komunikasi Promosi

Dengan banyaknya distributor swalayan, setiap produk pasti bergantung kepada kemasan primer untuk meyakinkan konsumen untuk memilih. Semakin populer jenis produk kamu di pasaran, semakin penting bagi kamu untuk membuat kemasan yang menarik. Kemasan primer adalah aspek produk yang berperan untuk menarik perhatian konsumen dan meyakinkan mereka untuk memilih produk kamu. Di kemasan primer, kamu bisa menampilkan karakter branding yang kamu inginkan, memasang nama produk yang menarik, dan menyampaikan informasi-informasi yang akan meyakinkan konsumen seperti keunggulan produk kamu dibandingkan produk lain.

Selain sebagai media komunikasi yang berdiri sendiri, fungsi kemasan primer adalah sebagai media komunikasi relasional yang menghubungkan konsumen kamu dengan media promosi online produk kamu. Media komunikasi relasional yang dimaksud adalah QR Code. QR Code (Quick Response Code) adalah barcode dua dimensi yang bisa menghubungkan gadget yang dimiliki konsumen dengan suatu link online. Dengan QR Code, kamu bisa mengarahkan konsumen ke website atau sosial media yang menjadi media utama promosi produk kamu. Dengan adanya QR Code ini, peran kemasan primer menjadi semakin penting sebagai media komunikasi karena jangkauannya menjadi jauh lebih luas, bukan hanya untuk menyampaikan promosi secara langsung kepada konsumen.

b. Komunikasi Informasi

Produk Selain sebagai media komunikasi produk kamu, peran komunikasi lain kemasan primer adalah komunikasi informasi produk. Sebagaimana yang kamu ketahui, setiap produk yang beredar di pasaran, baik itu produk makanan, kecantikan, maupun kesehatan, harus memiliki informasi komposisi yang jelas. Nah, kemasan primer adalah media yang diwajibkan untuk mencakup seluruh informasi tersebut. Selain itu, kemasan primer juga bisa memuat informasi seperti sertifikasi yang dimiliki produk kamu untuk menjamin kredibilitas dan kualitasnya. Singkatnya, kemasan primer adalah aspek utama dalam menyampaikan informasi-informasi yang ingin dan harus diketahui konsumen mengenai produk kamu.

Itulah 2 tipe komunikasi yang bisa disampaikan kemasan primer. Terlepas dari kualitas produk kamu sendiri, kamu tetap harus meyakinkan konsumen untuk membeli produk kamu, kan? Karena komunikasi promosi dan komunikasi informasi produk yang jelas pada dasarnya adalah kunci pemasaran suatu produk, ini adalah alasan ke-3 mengapa kemasan primer adalah aspek utama dalam produk kamu.

Setelah mengenal 3 fungsi kemasan primer di atas, kamu jadi memahami pentingnya suatu kemasan primer, kan? Berbeda dengan kemasan sekunder dan tersier yang hanya memberikan perlindungan ekstra, kemasan primer adalah pelindung utama bagi setiap produk yang juga berfungsi untuk menjaga kualitasnya selama proses penyimpanan dan distribusi, sekaligus sebagai media komunikasi yang sangat penting untuk penjualan produk kamu. Oleh karena itu, karena pentingnya kemasan primer ini, kamu tidak boleh asal memilih kemasan primer untuk produk kamu, misalnya hanya dengan mementingkan harga yang rendah sehingga menekan biaya produksi. Nah, untuk kamu yang ingin menggunakan kemasan primer terbaik yang memenuhi ketiga fungsi di atas dengan baik dengan harga terjangkau, Supernova Digipack adalah jawabannya!

Supernova Digipack menyediakan berbagai jenis kemasan primer untuk apapun jenis produk. Beberapa pilihan dari Supernova Digipack untuk kemasan primer adalah kemasan central seal, gusset, standing pouch, three block seal, dan vacuum pack. Setiap jenis kemasan ini dibuat dari material yang berkualitas dan higienis sehingga bisa melindungi dan menyimpan produk kamu dengan aman dengan mempertahankan kualitasnya. Kami juga menggunakan mesin cetak HP 20000 yang mampu menghasilkan warna yang sesuai dengan desain dan juga konsisten, sehingga komunikasi promosi maupun informasi produk bisa tersampaikan dengan baik sekaligus menarik. Plus, Supernova Digipack juga memiliki pilihan smart packaging di mana kamu bisa menampilkan QR Code yang bisa kamu hubungkan dengan berbagai media promosi online. Lengkap, bukan? Yuk, pelajari layanan dan pilihan kemasan Supernova Digipack lebih lanjut di website kami!


Whatsapp