pilih kemasan
5 TREND DESAIN KEMASAN 2022 : IDE SEGAR UNTUK BISNISMU

Sebagai pemilik bisnis, kamu juga mungkin sadar kalau kemauan konsumen itu cepet banget berubah. Karena social media yang bikin informasi bisa dateng dari berbagai penjuru dunia, selera konsumen juga jadi makin beragam. Bisa jadi, trend yang ada di negara lain, diminati juga oleh orang Indonesia, dan merubah selera mereka secara cepat. Jadi, bisnis yang bisa cepat mencari ide untuk memenuhi selera konsumen dan ngasih apa yang mereka suka, akan bisa memaksimalkan penjualan produknya secara besar-besaran.

Selain dari sisi produk, kemasan juga ternyata berkembang pesat dan punya trend, loh! Ternyata, setiap tahunnya, para pemilik bisnis di berbagai industri ‘meramalkan’ berbagai desain yang kemungkinan besar akan diminati pasar pada tahun depannya. Hal ini dilihat dari trend yang mungkin terjadi secara besar-besar pada quarter 4 di tahun tersebut. Jadi, trend tahun 2022 yang diprediksi akan disukai pasar, itu didasarkan pada trend yang terjadi di penghujung tahun 2021.

Pada kemasan produk, elemen yang biasanya dipertimbangkan akan jadi trend dilihat dari sisi desain kemasan, bentuk kemasan, dan dominasi warna yang digunakan pada kemasan. Trend ini juga biasanya mengikuti trend yang berasal dari para digital artist atau seniman digital, terkait paduan warna dan desain yang diprediksi akan diminati oleh pasar, karena banyaknya permintaan terkait jenis desain tersebut. Prediksi trend desain tersebut didapatkan dari berbagai macam pergerakan selera pasar dari sisi fashion, musik, film, dan masih banyak lagi. 

Berikut adalah beberapa ide kemasan yang akan menjadi trend tahun 2022 versi Digipack Supernova, yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan produkmu:

  1. Window Packaging

    Window packaging adalah jenis kemasan yang memiliki ‘jendela’ untuk melihat langsung produk, tanpa harus membuka kemasan terlebih dahulu. Window packaging diprediksi akan banyak diminati karena bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produknya, karena bisa dengan jelas terlihat kualitasnya dari luar kemasan

  2. Transparent Packaging

    Sama seperti window packaging, transparent packaging juga bisa ngasih kesan kalo produkmu sempurna, dan tidak perlu ada yang ditutupi dari konsumen. Perbedaannya, secara bentuk kemasan ini memiliki tingkat transparansi pada hampir 90% bagian kemasan

  3. Vintage Theme

    Ide kemasan vintage sebetulnya bukan ide yang baru. Tapi, melihat pergerakan fashion, musik, dan juga film dengan tema yang meningkat di tahun 2021, diprediksi bahwa kemasan vintage akan sangat diminati di tahun 2022. Kemasan vintage memadukan warna-warna cerah ala era 80’-90`an, yang dipadukan dengan font bergaya lama. 

  4. Flat Illustration Design

    Flat illustration menekankan penggunaan single image sebagai pusat dari desain pada kemasan. Kemasan jenis ini biasanya dicetak menggunakan satu warna saja untuk sebagian besar permukaan kemasan, yang ditambahkan dengan satu warna berbeda untuk gambar dan tulisan yang akan dicetak pada kemasan.

  5. Simplicity Design

    Dari tahun ke tahun, desain kemasan dengan yang simple dan minimalis selalu punya tempat di kalangan konsumen. Kemasan jenis ini mengutamakan kesan “bersih” dan “elegan” pada desainnya. Secara desain, biasanya warna yang dipilih merupakan warna monochrome, atau warna pastel yang ditambahkan sedikit tulisan sebagai bagian dari branding produk

Jadi, ide kemasan mana yang bakal kamu terapkan di produkmu? 

Untuk kamu yang bingung menentukan kemasan yang tepat buat produkmu, kamu bisa langsung hubungi tim Digipack Supernova, yang bakal bantu kamu dari menentukan desain yang tepat, hingga memproduksi kemasan sampai jadi, dengan harga yang terjangkau!

Cek di sini ya!


Illustration from: Pinterest, Ateriet, Trend Design Hugged

Whatsapp