pilih kemasan
5 TUJUAN PENGEMASAN MAKANAN SEBAGAI PENDUKUNG KEBERHASILAN PENJUALAN

Semua pelaku bisnis makanan tentu memiliki impian agar produknya dapat berhasil terjual secara laris manis. Berbagai upaya dilakukan agar penjualan mengalami peningkatan, salah satunya adalah dengan membuat packaging yang menarik. Pada dasarnya tujuan pengemasan makanan secara umum adalah untuk melindungi kualitas produk agar tidak mudah rusak atau basi. Produk makanan ditempatkan dalam wadah yang berbeda sesuai dengan jenis makanannya untuk melindungi makanan dari kontaminasi udara maupun bakteri. Contohnya saja produk kue kering, lebih tepat jika menggunakan kemasan toples yang dapat mencegah kue hancur akibat benturan. Begitu juga dengan snack atau keripik, akan lebih tepat jika kemasannya menggunakan standing pouch atau kemasan bantal sehingga kerenyahannya tetap terjaga karena kedap udara.

Secara umum, pengertian kemasan adalah sebuah bungkus pelindung pada suatu produk yang dihasilkan dari proses pengemasan. Sementara, pada proses pengemasan terdapat aktivitas melindungi, mengawetkan, mengangkut, menginformasikan, dan menjual suatu produk. Untuk menampilkan sebuah pandangan terhadap isi produk, biasanya kemasan dibentuk atau didesain sedemikian rupa sehingga pesan yang akan disampaikan dapat ditangkap oleh konsumen. Selain untuk menampilkan pandangan yang baik, kemasan juga memiliki fungsi yang beragam. Lalu, apakah tujuan pengemasan makanan hanya untuk menjaga kualitas produk? Tentu tidak. Kemasan makanan memiliki nilai lebih besar daripada sekedar menjaga kualitas makanan di dalamnya.

Kemasan adalah salah satu media komunikasi antara produk dengan konsumennya. Apabila packaging terlihat menarik dan memiliki karakter yang kuat, besar kemungkinan konsumen akan selalu ingat dengan produk kamu. Berikut ini adalah tujuan pengemasan makanan yang bisa dijadikan pertimbangan dalam mendukung keberhasilan penjualan produk makanan kamu.

1. Melindungi Produk Selama Proses Distribusi


Produk makanan yang sudah diproduksi membutuhkan mata rantai distribusi yang relatif panjang hingga produk bisa sampai ke konsumen. Proses distribusi tersebut melibatkan beberapa pihak sehingga produk dapat sampai ke konsumen. Apalagi saat pengiriman produk, terkadang produk berisiko rusak di dalam perjalanan karena terjatuh atau tertimpa barang lain. Namun, dengan adanya kemasan / packaging yang baik, produk menjadi lebih terjamin keamanannya. Tujuan pengemasan makanan yang berkualitas seharusnya dapat meminimalisir terjadinya kerusakan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tujuan pengemasan makanan yang paling utama adalah untuk melindungi produk agar tidak mudah rusak. Sebisa mungkin, buatlah kemasan produk yang bisa memberikan perlindungan agar isi produk tidak mudah remuk, basah, atau cacat. Produk yang tetap terjaga kualitasnya ketika sampai di tangan konsumen akan menciptakan kepuasan pelanggan. Tidak heran jika konsumen akan melakukan repeat order ketika sudah puas terhadap produk makanan kamu.

2. Meningkatkan Brand Awareness


Image source: https://unsplash.com/photos/MjzsWqkkShI

Kemasan produk dapat kamu jadikan sebagai identitas sebuah merek. Jika kamu menjual produk makan yang hampir sama dengan penjual lainnya, kemasan produk lah yang bisa menjadi strategi untuk membuat perbedaan. Tujuan pengemasan makanan di sini adalah untuk membuat identitas bisnis kamu. Ketika konsumen melihat desain kemasan yang menarik, mereka akan lebih mudah dalam mengingat produk kamu di kemudian hari. Konsumen menjadi tahu apa yang membedakan produk kamu dengan produk lainnya yang menjual jenis makanan yang sama.

Kamu bisa membuat produk terlihat spesial dengan adanya kemasan yang unik dan menarik. Salah satu cara agar mendapatkan kemasan yang menarik adalah dengan mendesain sendiri kemasan agar sesuai dengan filosofi yang kamu inginkan. Kamu bisa memesan packaging produk di Supernova Digipack yang memiliki kemasan full print karena di-print menggunakan mesin cetak berkualitas tinggi. Kelebihan lain saat memesan packaging di Supernova Digipack adalah kamu bisa custom sendiri desain yang sesuai keinginan. Pilih Supernova Digipack untuk mewujudkan tujuan pengemasan makanan berkualitas dalam berbisnis.

3. Memperluas Pemasaran


Image source: https://unsplash.com/photos/jtpUjKMUiXM

Tujuan pengemasan makanan selanjutnya adalah untuk memperluas pemasaran. Mengapa demikian? Karena pada kemasan produk, kamu bisa mencantumkan beberapa informasi tentang produk kamu. Contohnya adalah merek, logo, tagline, media sosial, manfaat produk, dan juga cara pembuatan. Informasi seperti ini sangat penting bagi konsumen untuk menambah informasi yang dapat digunakan sebagai nilai lebih atas produk kamu dibandingkan produk lain.

Pastikan bahwa kamu menulis semua informasi tersebut dalam kalimat yang sederhana sehingga tidak terlalu memenuhi desain kemasan. Langkah seperti itu adalah tujuan pengemasan makanan yang mampu menjawab kebutuhan beberapa konsumen informasi tentang produk dan bahan-bahan tertentu. Karena bisa saja mereka sedang menghindari kandungan produk tertentu yang menyebabkan alergi. Agar packaging produk kamu bisa mencantumkan informasi di atas, kamu bisa memesan packaging makanan berkualitas hanya di Supernova Digipack.

4. Menambah Nilai Jual


Image source: https://www.freepik.com/free-vector/potato-chips-bag-ad_7309995.htm

Beberapa produk makanan telah mengalami peningkatan penjualan ketika menggunakan packaging yang lebih baik. Contohnya adalah produk kecap dan sirup yang mengalami peningkatan penjualan akibat berpindah menggunakan botol plastik. Botol plastik di sini adalah sebuah tujuan pengemasan makanan agar produk lebih mudah disimpan dan digunakan kembali. Bayangkan jika kamu menggunakan kecap dalam kemasan plastik sachet kemudian tidak habis dan harus disimpan. Selain kualitas produk jadi menurun karena terdapat kontaminasi udara, juga kecap tersebut rawan tumpah karena plastik sachet susah disimpan dalam waktu lama.

Kemasan makanan yang mampu memenuhi ekspektasi konsumen tentu saja bisa menambah nilai jual produk tersebut. Misalnya saja beberapa kemasan makanan yang terbuat dari plastik singkong maupun kertas yang degradable akan lebih dipilih oleh konsumen yang sangat memperhatikan kondisi lingkungan. Dari sini kamu bisa melihat bahwa tujuan pengemasan makanan ternyata tidak hanya sebatas perlindungan produk saja, namun juga sampai pada pemenuhan ekspektasi konsumen.

5. Memudahkan Proses Pengemasan


Image source: https://unsplash.com/photos/8yiBxsbTbDE

Proses pengemasan akan lebih mudah untuk pelaku usaha dalam menghitung takaran produk karena sudah ada acuan isi dari masing-masing kemasan. Misalnya saja setiap satu kemasan produk makanan kamu berisi 500 gram atau 1 lusin, atau 1 liter. Apabila produk masih dalam bentuk batangan atau pecahan, tentu proses penghitungannya menjadi lebih rumit dan butuh waktu yang lama, sehingga efisiensi tidak terjadi. Dengan adanya kemasan, cara menghitungnya menjadi lebih mudah karena barang sudah menjadi satu wadah dan siap untuk dikirimkan. Hal ini adalah tujuan pengemasan makanan yang bisa memudahkan juga pada saat pengiriman produk melalui ekspedisi maupun ketika masa penyimpanan. Kedua hal ini penting sekali diperhatikan dalam dunia jual beli, namun sering kali diabaikan.

Penting sekali menjaga kualitas dan keamanan produk selama rantai pasokan berlangsung. Karena hal ini berhubungan langsung dengan kepuasan pelanggan. Umumnya, beberapa produsen makanan memberikan kemasan khusus mulai dari boks hingga kardus agar proses pengiriman berjalan lancar dan produk bisa sampai dengan selamat. Mengingat tujuan pengemasan makanan sangat penting dalam mendukung keberhasilan penjualan, membuat kemasan harus sesuai dengan standar yang berlaku agar terjamin keamanannya. Penting juga bagi untuk membuat kemasan yang unik dan bagus agar barang yang dijual lebih mudah diingat oleh pelanggan.

Itulah lima tujuan pengemasan makanan dalam berbisnis. Packaging memang digadanggadang memiliki pengaruh yang besar pada minat konsumen. Tentu saja hal ini berdampak pada keberhasilan penjualan produk makanan kamu. Dengan desain yang menarik dan kreatif, diharapkan penjualan produk bisa meningkat. Jika kamu sedang mencari kemasan produk makanan yang berkualitas guna meningkatkan penjualan, langsung saja menghubungi Supernova Digipack yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Proses produksi Supernova Digipack sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga kemasan yang kami produksi sudah aman bagi makanan dan tentunya tidak mengandung zat berbahaya bagi konsumen . Kemasan yang kamu pesan akan di-print menggunakan mesin print berteknologi tinggi sehingga menghasilkan printing berkualitas tinggi, tajam, dan warna kontras. Poin inilah yang akan membantu produk kamu menjadi terlihat unik sehingga mampu menarik calon konsumen. Klik link ini untuk pemesanan maupun pengenalan lebih lanjut tentang packaging di Supernova Digipack.


Whatsapp