pilih kemasan
6 CARA BERBISNIS MAKANAN DENGAN MODAL 500 RIBU

Cara berbisnis makanan dengan modal yang minim kini banyak dilakukan oleh pebisnis pemula. Makanan adalah salah satu peluang yang besar dalam berbisnis. Makan adalah kebutuhan primer sehingga semua orang membutuhkan makanan. Orang-orang mungkin bisa menahan hasrat berbelanja kebutuhan sekunder atau tersier, tetapi rasa lapar di perut tentu tidak bisa ditahan. Inilah salah satu alasan yang mendasari mengapa bisnis kuliner ini tidak pernah mati.

Pasar penikmat makanan juga tidak hanya anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa sampai dengan orang tua. Bisa dikatakan bahwa pasar dari bisnis makanan ini tidak terbatas. Tidak heran jika banyak pemilik bisnis makanan mengaku sering kebanjiran pelanggan. Perlu diingat bahwa dalam cara berbisnis makanan tidak boleh dilakukan sembarangan. Tidak hanya bisnis makanan saja, tapi juga semua bisnis membutuhkan kehati-hatian dalam memulai. Agar tidak salah langkah, diperlukan juga persiapan dan perencanaan yang matang. Riset dan analisa pasar sangat penting untuk mengetahui makanan apa yang memiliki pasar cukup tinggi namun produsennya masih terbatas.

Modal yang minim bukanlah halangan untuk memulai bisnis. Ada banyak cara berbisnis makanan yang bisa dimulai dengan modal yang minim. Dengan sedikit ketekunan dan memperhatikan strategi saat memulai, bisnis kuliner kecil bisa tumbuh sukses. Berikut ini adalah 6 cara berbisnis makanan dengan modal 500 ribu yang bisa kamu coba

1. Mengandalkan Sistem Reseller

Image source: https://www.freepik.com/photos/background

Salah satu cara berbisnis makanan yang pertama adalah menentukan produk makanan. Ada banyak jenis makanan dengan masing-masing penggemarnya. Kamu bisa mencoba salah satu jenis makanan yang menurutmu sangat berpotensi untuk dijual. Menentukan produk yang akan dijual ini tidak boleh sembarangan. Perlu dipikirkan baik-baik apakah produk ini akan diterima oleh pasar dalam jangka waktu yang lama. Jika sudah ada gambaran mengenai produk yang akan dijual, selanjutnya adalah menyesuaikan dengan modal yang ada. Apakah modal yang kamu miliki cukup digunakan untuk mengambil bahan baku dan membayar biaya-biaya lainnya?

Dengan modal awal 500 ribu, sebenarnya kamu sudah bisa mencoba menjadi reseller produk makanan yang sudah ada. Kelebihan cara berbisnis makanan dengan sistem reseller adalah modal awal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Kamu tinggal memikirkan bagaimana sistem pemasaran yang efektif agar produk terjual laris manis. Berbisnis dengan sistem reseller juga perlu dipikirkan baik-baik produk yang ingin dijual. Analisa terlebih dulu keunggulan produk, harga, dan sistem reseller yang ditawarkan.

2. Melakukan Riset Kompetitor

Image source: https://unsplash.com/photos/cckf4TsHAuw

Pesaing atau kompetitor adalah hal yang biasa dalam berbisnis. Perlu diketahui bahwa produk kamu bukanlah satu-satunya di dunia ini, sehingga pasti ada produk serupa di luar sana. Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam cara berbisnis makanan adalah menjaga nilai jual produk serta meningkatkan kualitas pelayanan. Selama menjalankan bisnis, kamu harus terus bersaing secara sehat dengan puluhan atau bahkan ratusan kompetitor di luar sana. Agar bisa mengikuti lingkaran persaingan, kamu harus melakukan riset kompetitor dari produk makanan yang ingin dijual.

Cara berbisnis makanan memang membutuhkan riset agar membuatnya terus berkembang. Cari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan produk kompetitor. Dari situ akan terlihat celah yang tepat untuk menentukan strategi dalam bersaing baik dari segi harga, pelayanan, hingga pengemasan produk.

3. Menentukan Konsep Jualan

Image source: https://unsplash.com/photos/j5oosEjdNG8

Setelah mengamati kompetitor, selanjutnya dalam cara berbisnis makanan penting sekali untuk membuat konsep bisnis. Jenis bisnis yang seperti apa yang kamu ingin bangun? Apakah online atau of line? Jika online, apakah marketplace apa saja yang akan kamu pakai untuk membantu menjual produk? Jika of line, apakah pilihannya seperti membuat restoran, kedai, atau usaha rumahan? Mengingat modal awalnya cukup terbatas, sebaiknya kamu memilih cara berbisnis makanan secara online terlebih dahulu sambil mengumpulkan modal yang lebih besar lagi. Jika dikerjakan dengan fokus, banyak sekali bisnis makanan online yang pada akhirnya memiliki omset hingga ratusan juta rupiah. Awalnya tentu saja dari modal yang kecil, tapi mereka selalu fokus untuk mengembangkan usahanya.

4. Melakukan Inovasi

Image source: https://unsplash.com/photos/oH8IotAXu7M

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang tidak pernah berhenti berinovasi. Begitu juga dengan cara berbisnis makanan, pelanggan akan selalu tertarik jika kamu terus melakukan inovasi dari waktu ke waktu. Bentuk inovasi bermacam-macam, mulai dari tampilan bentuk, harga, rasa, hingga pengemasan. Inovasi inilah yang membuat produk kamu berbeda dengan yang lain.

Misalnya, kamu memilih untuk berjualan makanan ringan dengan sistem reseller. Di luar sana mungkin sudah banyak yang menjual produk serupa dengan harga yang berbeda tipis. Kamu bisa tambahkan cara berbisnis makanan dengan menggunakan packaging dari Supernova Digipack. Packaging yang bagus akan akan menambah nilai jual sehingga produk kamu akan terlihat lebih berkelas. Supernova Digipack juga menawarkan packaging dengan desain yang bisa di-custom sesuai dengan brand kamu.

5. Membuat Strategi Harga

Image source: https://unsplash.com/photos/33VqefQzDl4

Hal yang sering membuat bingung dalam cara berbisnis makanan adalah menentukan harga jual. Tidak bisa dipungkiri bahwa harga juga menentukan tingkat penjualan, oleh karena itu perlu kehati-hatian dalam menentukan harga makanan yang akan dijual. Salah satu cara terbaik untuk menentukan harga jual yang tepat adalah melakukan riset harga pasar.

Cari tahu terlebih dahulu berapa harga pasaran untuk produk sejenis. Misalnya kamu akan berjualan makanan ringan dalam kemasan. Cara berbisnis makanan seperti ini perlu dicari tahu terlebih dulu harga snack kemasan yang biasa dijual di pasaran. Dengan begitu, harga yang kamu banderol merupakan harga kompetitif sehingga tidak terkesan terlalu murah atau terlalu mahal. Pertimbangkan juga harga modal, terlebih lagi bagi kamu yang mengambil produk dari supplier. Perkirakan untung yang kamu ambil setelah dikurangi pengeluaran untuk ongkos kirim dan packaging.

6. Menentukan Promosi yang Tepat

Image source: https://unsplash.com/photos/DfMMzzi3rmg

Untuk memperluas pasar, cara berbisnis makanan harus melakukan promosi. Apa strategi promosi yang paling tepat untuk bisnis dengan modal 500 ribu? Salah satu jenis promosi yang paling sederhana dan tepat sasaran adalah word of mouth. Semakin banyak orang yang merekomendasikan produk kamu, bisa dipastikan bahwa produk itu akan semakin populer. Tentu saja ini sangat penting untuk memastikan kelangsungan bisnis.

Bagaimana caranya agar orang mau merekomendasikan produk yang kamu jual? Word of mouth tidak akan berjalan dengan baik kalau produk kamu tidak punya kualitas yang bagus. Cara berbisnis makanan perlu memperhatikan kualitas produk yang dijual. Kualitas yang dimaksud adalah mencakup tampilan luar barang yang dijual. Hal ini karena kesan pertama adalah segalanya dalam menjalankan bisnis yang sukses. Bagaimana seseorang bisa merekomendasikan produk kamu jika tampilannya kurang menarik? Di sinilah pentingnya menggunakan kemasan yang menarik dan beda dari yang lain.

Selain promosi word of mouth, kamu juga bisa memasarkan produk secara gratis melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau TikTok. Kamu tinggal mengunggah foto atau video produk makanan yang dijual. Jika hal ini dilakukan secara konsisten, secara tidak langsung produk kamu akan semakin dikenal banyak orang. Cara berbisnis makanan dengan modal yang minim memang membutuhkan kreativitas tinggi. Agar orang lain mau melihat dan tertarik untuk membeli produk yang sudah dipasarkan di media sosial, usahakan untuk membuat produk terlihat menarik, terutama pada packaging.

Cara berbisnis makanan dengan sistem reseller biasanya mengandalkan repackaging untuk meningkatkan nilai jual produk. Nah, salah satu packaging yang bisa membantu meningkatkan nilai jual pada produk kamu adalah packaging dari Supernova Digipack. Supernova Digipack memiliki 5 jenis packaging yang bisa disesuaikan dengan jenis produk makanan yang kamu jual. Mulai dari central seal, standing pouch, three block seal dan vacuum packaging dengan hasil printing berkualitas tinggi, tajam, dan kontras. Tidak hanya itu, Supernova Digipack juga menggunakan bahan aman di dalam kemasannya dan tidak menggunakan zat berbahaya sehingga produk makanan kamu akan terjaga kebersihannya. Klik halaman ini untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap seputar packaging usaha makanan kamu.


Whatsapp