pilih kemasan
7 USAHA MAKANAN RINGAN YANG MENGUNTUNGKAN DENGAN MODAL KECIL

Memulai bisnis sendiri sudah menjadi hal yang umum di masyarakat Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Bagi sebagian orang, hal ini terdengar seperti alternatif pekerjaan kantoran yang sangat mudah dan sangat menggiurkan. Namun, seiring meningkatnya mindset wirausaha di kalangan masyarakat, semakin tinggi juga persaingan antar bisnis-bisnis yang bermunculan. Fenomena ini terutama tampak sangat jelas di bidang usaha makanan ringan karena mudahnya menemukan target pasar dalam bidang ini. Karena ketatnya persaingan bisnis di bidang makanan ringan, memiliki usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil terdengar seperti hal yang sangat sulit, bahkan mustahil.

Ada banyak alasan mengapa modal kecil merupakan hal yang penting dalam memulai bisnis. Selain memudahkan kita untuk memulai, modal yang kecil juga berarti harga jual produk yang lebih rendah. Di masa pandemi saat ini, ini merupakan hal yang penting, terutama bagi bisnis yang tidak bergerak di bidang kebutuhan pokok. Ini dikarenakan kondisi ekonomi masyarakat sedang terbilang kurang baik, sehingga mereka enggan menghabiskan terlalu banyak uang untuk hal yang tidak terlalu mereka perlukan. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin memulai bisnis makanan ringan, kamu dituntut untuk menemukan ide usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil.

Tapi tenang saja, di tangan seorang wirausahawan yang kreatif, tidak ada yang tidak mungkin, kok! Untuk memulai usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil, kamu hanya perlu satu tambahan modal lagi, yaitu kreativitasmu. Misalnya, kamu bisa menemukan ide-ide out of the box dari bahan-bahan makanan yang tampak sederhana, namun bisa diolah menjadi unik dan menggugah selera. Untuk itu, ini dia beberapa ide usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil untuk kamu yang ingin memulai bisnismu sendiri:

1. Keripik Pisang


Walaupun terdengar sederhana dan sangat umum, jika diolah dengan kreatif, keripik pisang dapat menjadi suatu usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil. Hal ini karena bahan pokoknya hanya pisang yang bisa didapatkan dengan sangat mudah dan murah. Untuk pembuatannya, kamu cukup mengiris pisang dengan sangat tipis, merendam hasil potongannya dengan kapur sirih selama 1 jam, lalu menggorengnya dengan api sedang. Selanjutnya, untuk menjadikan keripik pisang buatanmu unik dan semakin diminati, kamu bisa menambahkan bermacam-macam perasa. Untungnya, keripik pisang sendiri memiliki rasa yang cukup netral; tidak begitu asin dan tidak begitu manis. Jadi, kamu bisa bebas berkreasi untuk memulai usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil dari si buah murah yang tidak mengenal musim dan bisa didapatkan kapanpun ini.

2. Makaroni 


Jajanan yang satu ini sudah lama menjadi favorit semua orang. Mulai dari keripik hingga schotel, berbagai tipe olahan makaroni sudah banyak bermunculan. Ini karena harga murahnya yang menjadikan makaroni salah satu bahan andalan untuk usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil. Misalnya, untuk membuat makaroni goreng, kamu hanya perlu merebus makaroni dengan garam dan minyak selama 10 menit, menaburkan terigu di atas makaroni yang sudah direbus, lalu menggorengnya secukupnya. Setelah menggorengnya, kamu bisa berkreasi dengan bebas untuk menambahkan perasa sesuai kreativitasmu. Nah, salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil dari makaroni adalah pentingnya mempertahankan kerenyahan makaroni. Jika diolah dengan cara yang salah atau disimpan di tempat yang kurang memadai, keripik makaroni bisa kehilangan kerenyahannya. Oleh karena itu, selalu perhatikan tempat penyimpanan dan bungkus makaroni buatanmu, ya!

3. Stik Talas 


Siapa yang menduga kalau bahan yang satu ini bisa menjadi ide usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil? Kamu bisa menjadikan talas, bahan yang bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah dan murah di pasar tradisional, keripik alias stik yang unik dan mengundang selera. Walaupun terdengar sederhana, stik talas bisa dikombinasikan dengan berbagai rasa yang tidak terduga dan lezat. Sama seperti keripik pisang dan makaroni, proses pengolahannya pun sangat mudah. Kamu cukup mencuci bersih dan memotong talas tipis-tipis, lalu merendamnya di air kapur sirih, menaburkan garam, lalu menggorengnya. 

4. Keripik Basreng 


Ringan, lezat, dan mudah diolah, tidak heran jika basreng alias bakso goreng sangat merupakan salah satu jajanan rumahan yang paling umum. Nah, untuk bisnismu, kamu bisa menjadikan basreng sebagai bahan utama untuk usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil. Untuk mengolah bakso yang empuk menjadi keripik, kamu hanya perlu menjemur bakso goreng yang sudah diiris tipis-tipis selama 2-3 jam sebelum menggorengnya. Setelah itu, kamu bebas mengkreasikan bumbu untuk varian rasa bisnis basreng-mu. 

5. Keripik Seblak


Siapa sih yang tidak mengenal makanan ringan menggiurkan yang satu ini? Saking banyaknya peminat makanan ringan seblak, telah banyak juga pebisnis makanan ringan yang menjadikannya keripik renyah. Selain unik dan klasik, kerupuk seblak juga bisa menjadi usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil karena semua bahannya bisa kamu dapatkan di pasar tradisional, yaitu kerupuk dan rempah-rempah bumbu seblak. Untuk proses pembuatannya, kamu hanya perlu merendam kerupuk selama 20 menit di dalam minyak sayur dingin yang belum dipanaskan, lalu nyalakan kompornya dan biarkan kerupuk hingga mengembang. Setelah itu, tumis bumbu untuk seblaknya, masukkan kerupuk ke dalam bumbu tersebut, dan selesai! Mudah dan murah, kan? 

6. Mie Lidi 


Baru mendengar namanya saja, kamu pasti sudah terbawa nostalgia dengan jajanan masa kecil ini, kan? Keripik yang satu ini memang identik dengan jajanan masa sekolah. Lalu, jika dengan nostalgia ini kamu bisa menjadikan mie lidi sebagai usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil, kenapa tidak? Setelah menggoreng bahan untuk mie lidi, kamu sudah bebas berkreasi dengan bumbu-bumbu untuk menemani mie lidi mu sesuai kreativitasmu.

7. Lanthing


Kamu pasti tahu keripik tradisional dengan rasa klasik yang satu ini. Dengan modal singkong saja, kamu bisa menjadikan lanthing sebagai usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Kamu hanya perlu menumbuk halus dan membumbui singkong, lalu memilinnya menjadi bentuk khas lanthing, dan menggorengnya. Kamu akan mendapatkan rasa klasik dan uniknya lanthing, dan bisa menambahkan beragam perasa sesuai kreativitas dan keinginanmu.

Itu dia berbagai ide usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil. Terlepas dari banyaknya ide bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil, kamu tetap mendapat satu tuntutan yang selalu ada dan menjadi semakin intens saat ini, yaitu bagaimana menjadikan produkmu berbeda dari brand serupa. Kita tidak bisa menyangkal bahwa untuk setiap jenis makanan ringan di atas, pastinya sudah ada setidaknya satu brand yang menjual produk tersebut. Lalu bagaimana caranya agar usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil ini tetap memiliki nilai jual yang tinggi? Apakah tidak mungkin meningkatkan nilai jual dengan modal rendah?

Tentunya, ini sangat mungkin. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan nilai jual produkmu adalah memberikan packaging yang menarik dan memikat konsumen. Tapi, selain menarik secara visual, packaging makanan ringanmu tetap harus berkualitas dan memenuhi standar, kan? Untuk mendapatkan packaging yang menarik dan tetap berkualitas untuk, kamu bisa mengandalkan Supernova Digipack. Di Supernova Digipack, kamu bisa mendapatkan packaging dengan Minimum Order Quantity (MOQ) 500 pcs saja, sehingga kamu tidak perlu banyak menghabiskan modal untuk packaging; pas sekali untuk usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan modal kecil. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan packaging yang tepat untuk apapun ide bisnis makanan ringanmu; mulai dari standing pouch, vacuum pack, central seal, three block seal, hingga gusset, semuanya ada! Yuk, kunjungi halaman ini untuk memesan packaging usaha makanan ringanmu dari SupernovaDigipack!


Whatsapp