pilih kemasan
8 PELUANG USAHA WARALABA MAKANAN MULAI DARI 5 JUTAAN SAJA

Bisnis waralaba makanan di Indonesia saat ini seolah menjadi ladang usaha baru bagi masyarakat. Hal ini karena bisnis waralaba dikenal tidak membutuhkan modal yang cukup besar dan keuntungannya yang akan didapat juga cukup tinggi. Selain itu, makanan merupakan kebutuhan primer setiap orang sehingga inilah yang membuat bisnis makanan tidak pernah kehabisan pelanggan. Jika kamu ingin memulai sebuah bisnis dan belum terlalu paham bagaimana cara memulainya, maka menjalankan bisnis waralaba bisa jadi solusinya.

Waralaba atau yang dikenal dengan bisnis franchise adalah sebuah konsep bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang yang berbeda-beda namun menggunakan nama brand yang sama. Di Indonesia sendiri terdapat banyak peluang bisnis waralaba makanan dengan ragam merek dagang yang bisa dipilih saat memulai bisnis. Tentunya biaya yang dikeluarkan untuk merek dagang dalam negeri tidak sebanyak waralaba merek dagang luar negeri. Belum lagi terdapat tantangan produk luar negeri yang belum memiliki nama dan popularitas di Indonesia. Buat kamu yang sedang ingin mencoba bisnis waralaba, bisa mulai dari modal yang paling kecil dulu. Walaupun dimulai dengan modal kecil, kamu juga tidak boleh asal-asalan dalam memilih merek dagang waralaba. 

Menentukan merek dagang adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Modal minim bukanlah alasan untuk tidak berhati-hati dalam memilih jenis bisnis. Usahakan untuk membuat riset kecil-kecilan dalam mencari sebuah merek dagang yang memiliki banyak pelanggan. Sebagai calon pembeli bisnis waralaba sebaiknya kamu cek terlebih dahulu apakah merek dagang yang terpilih sudah terdaftar atau belum. Ini penting untuk melihat kredibilitas perusahaan tersebut agar jika terjadi apa-apa dapat diselesaikan dengan adil. Berikut ini adalah beberapa bisnis waralaba makanan dengan modal yang minim, mulai dari 5 jutaan saja.

1. Kebab Khas Turki


Image source: https://www.freepik.com/free-photo/side-view-shawarma-with-fried-potatoes-board-cookware_7727101.htm#page=1&query=kebab&position=0 

Kebab adalah makanan khas negara Timur Tengah, tapi masyarakat Indonesia banyak yang menyukainya. Beberapa orang bahkan menjadikan kebab salah satu makanan favorit yang harus dicoba. Tidak heran jika waralaba makanan kebab semakin menjamur saat ini. Beberapa merek dagang waralaba kebab sudah memiliki gerai yang tersebar di Indonesia, baik di dalam mall maupun di pinggir jalan. Harga untuk memulai bisnis waralaba yang satu ini cukup bervariasi. Untuk paket paling murah yang ditawarkan adalah sekitar Rp5.000.000.

Untuk kamu yang tertarik menjalankan bisnis ini, sebaiknya selain menjual kebab matang juga sediakan kebab frozen dalam kemasan vacuum pack. Beberapa pelanggan justru lebih senang membeli stock makanan setengah matang di dalam kulkas. Agar kebab frozen terjaga kualitasnya, gunakan kemasan vacuum pack dari Supernova Digipack. Packaging dari Supernova Digipack terbuat dari bahan berkualitas sehingga aman untuk produk makanan. Kemasan yang menarik akan menambah nilai jual produkmu.

2. Takoyaki


Image source: https://unsplash.com/photos/1OhuSZ2hchk

Jajanan khas Jepang ini memang sudah menjadi favorit di masyarakat sejak dulu. Di Jepang sendiri, takoyaki ini adalah salah satu bisnis waralaba makanan yang mampu menggerakkan roda perekonomian. Dulunya, gerai takoyaki di Indonesia hanya bisa ditemui di pinggir jalan. Sekarang beberapa merek dagang takoyaki ada yang khusus buka gerai di mall besar. Modal awal untuk berbisnis franchise takoyaki ini cukup terjangkau. Dibanderol dengan harga Rp5.200.000 saja, kamu sudah mendapatkan bahan baku sekaligus gerobak untuk stand berjualan.

3. Sosis Bakar


Image source: https://pixabay.com/photos/food-sausage-barbecue-meat-hot-3180143

Sosis bakar bukanlah usaha kuliner yang baru di masyarakat. Jajanan yang satu ini memang banyak diminati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Ditambah lagi kreativitas para penjualnya membuat usaha waralaba makanan sosis bakar semakin digemari hingga saat ini. Proses persiapan dan pembuatan yang sederhana membuat semakin banyaknya gerai sosis bakar di pinggir jalan.

Modal utamanya yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, yaitu berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp5.500.000 yang sudah termasuk gerobak dan beberapa alat panggang. Biasanya selain menjual sosis bakar, diperbolehkan juga untuk menjual minuman sebagai pelengkap. Harga jual produknya yang murah, sekitar Rp1.500 hingga Rp20.000 membuat usaha ini semakin laris manis. Saat ini pelaku usaha sejenis sudah banyak, tapi dengan mempertahankan kualitas dan sedikit inovasi akan menjadikan waralaba makanan yang satu ini menjadi berbeda dari yang lain.

4. Ayam Goreng


Image source: https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=690039

Siapa yang tidak suka ayam goreng? Ayam adalah salah satu makanan yang sangat populer dan paling banyak dikonsumsi dibandingkan jenis daging lainnya. Jika dulu olahan ayam yang paling terkenal adalah ayam goreng atau fried chicken. Sekarang sudah banyak inovasi olahan ayam mulai dari ayam geprek, ayam gepuk, ayam kalasan, dan sebagainya. Untuk memulai bisnis waralaba makanan ini dibutuhkan modal awal sebesar Rp6.000.000 hingga Rp7.000.000 saja.

Tidak hanya ayam goreng aja, biasanya dalam sebuah gerai menjual produk pelengkap seperti kulit ayam krispi atau kremesan. Dikemas dalam sebuah kemasan vacuum pack atau central seal yang rapat membuat produk pelengkap ini cukup banyak peminatnya. Buat kamu yang sedang mencari kemasan makanan yang berkualitas, Supernova Digipack memiliki banyak pilihan packaging untuk produk waralaba makanan. Kamu juga bisa langsung mengunggah desain packaging yang kamu inginkan sesuai merek usaha.

5. Crepes


Image source: https://unsplash.com/photos/s_aGnOcfCq0

Jika martabak manis identik dengan bentuknya yang tebal dan fluf y, kalau si crepes ini lebih mirip martabak kering. Terbuat dari olahan tepung terigu yang tipis dan dipanggang di atas wajan datar kemudian ditambah dengan topping aneka rasa, membuat jajanan ini selalu menarik pelanggan.Terlebih, aromanya yang harum semerbak dapat meningkatkan rasa lapar siapa pun yang menciumnya. Modal yang dibutuhkan untuk memulai waralaba makanan yang satu ini adalah sekitar Rp7.500.000 sudah lengkap termasuk gerobak dan alat-alatnya. Sebagai gambaran, untuk sebuah crepes sendiri dijual sekitar harga Rp10.000 hingga Rp20.000.

6. Snack Taiwan


Image source: https://unsplash.com/photos/8bQerniZJYY

Sejak kehadirannya pertama kali di Indonesia tahun 2008, snack Taiwan yang memiliki gerai di sebuah mall di Jakarta ini berhasil menarik perhatian masyarakat. Kemudian mulai banyak bermunculan usaha jenis kuliner serupa lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Snack Taiwan umumnya berupa ayam gunting atau ayam pop corn yang dibumbui dengan rasa-rasa lezat seperti barbeque, balado, atau seaweed. Untuk mendirikan usaha waralaba makanan snack Taiwan, modal awal yang dibutuhkan paling murah adalah Rp7.500.000 hingga Rp8.000.000.

Untuk menjaga kualitas makanan, gunakan kemasan dari Supernova Digipack yang sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management. Setiap proses produksi kemasan sudah sesuai dengan prosedur yang aman bagi kemasan makanan, dan tentunya tidak mengandung zat-zat yang berbahaya. Walaupun banyak snack Taiwan yang dijual di pasaran, usahakan bahwa produk waralaba makanan kamu memiliki tampilan yang berbeda dari yang lain.

7. Tahu Krispi


Image source: https://unsplash.com/photos/PG5W85aaC4k

waralaba makanan tahu krispi adalah jajanan tahu goreng renyah yang menjadi cemilan favorit beberapa orang. Bisnis cocok untuk lokasi yang dekat dengan sekolah atau taman kuliner sebagai alternatif jajanan anak-anak dan orang dewasa. Dengan 8 jutaan saja, kamu sudah bisa memulai berbisnis waralaba makanan. Lengkap dengan gerobak dan alat-alat memasaknya.

Bisnis waralaba makanan ini tidak membutuhkan keahlian memasak khusus sehingga lebih mudah dijalankan. Jika kamu tertarik untuk mencoba membuka bisnis ini, pastikan lokasi yang dipilih sangat strategis mengingat banyaknya usaha serupa yang berarti kompetitor usaha semakin banyak.

8. Bakso


Image source: https://pixabay.com/photos/meat-ball-food-delicious-1387588

waralaba makanan selanjutya yang memiliki cukup banyak pelanggan adalah bakso. Bakso adalah salah satu jenis makanan yang memiliki pelanggan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak hanya di kota besar saja, bahkan di kota kecil pun bakso tetap memiliki pelanggan. Peluang ini dapat kamu ambil untuk mengambil bisnis waralaba makanan bakso di lokasi yang strategis.

Modal yang dibutuhkan untuk mengambil waralaba bakso bisa dikatakan menengah, yaitu sekitar Rp8.500.000 sudah bisa mendapatkan stok bahan baku, resep, hingga beberapa alat masak seperti panci dan gerobak. Sama halnya seperti kebab, kamu juga bisa menjual bakso dalam bentuk frozen dalam rangka memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan stok makanan setengah matang. Berbisnis waralaba makanan bakso ini bisa dikatakan minim resiko karena stok bakso dapat tahan lama hingga 3 bulan sehingga tidak cepat basi.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengambil bisnis waralaba makanan di atas? Beberapa orang menjadikan bisnis waralaba sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Ada juga yang menjadikan bisnis ini sebagai pekerjaan utama. Mengingat bisnis waralaba makanan sangat mudah dijalankan, tidak heran jika banyak sekali peminatnya. Begitu juga dengan jenis makanan yang diwaralabakan, semakin hari semakin menarik dan inovatif. Untuk menjaga agar bisnis bertahan lama, penting sekali memperhatikan hal-hal kecil seperti harga jual dan packaging yang akan digunakan.

Urusan packaging, kamu tidak perlu khawatir karena packaging dari Supernova Digipack memiliki 5 jenis packaging yang bisa disesuaikan dengan jenis makanan yang kamu jual. Ada kemasan standing pouch untuk produk snack atau makanan ringan. Atau kemasan vacuum pack untuk produk makanan frozen agar tidak mudah basi dan tahan lama. Proses produksi Supernova Digipack sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management, sehingga kemasan yang kami produksi sudah aman bagi makanan dan tentunya tidak mengandung zat-zat berbahaya bagi konsumen. Kunjungi halaman ini untuk memesan packaging dari Supernova Digipack sekarang!


Whatsapp