pilih kemasan
APA ITU KEMASAN TERSIER? YUK KENALI LEBIH DALAM!
https://images.app.goo.gl/ySsgmnKjocprVqJn8

Ketika kamu melihat suatu produk di pusat perbelanjaan, ada beberapa jenis produk yang dibungkus oleh beberapa lapis kemasan, bukan? Berdasarkan tingkat lapisannya, ada 3 jenis kemasan yang biasanya membungkus sebuah produk, yaitu kemasan primer, sekunder, dan tersier. Apa sih perbedaan antara ketiganya? Kemasan primer adalah kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk dan berfungsi untuk memberikan proteksi untuk produk sekaligus menjadi media komunikasi antara kamu dengan para konsumen. Sementara itu, kemasan sekunder alias support packaging adalah kemasan yang melindungi kemasan primer agar tidak rusak, berdebu, atau kotor. Terakhir, kemasan tersier adalah kemasan yang membungkus produk, kemasan primer, dan kemasan sekunder untuk memberikan proteksi lebih pada produk, biasanya untuk tujuan pengiriman produk.

Penggunaan ketiga jenis kemasan tersebut digunakan agar produk bisa sampai ke tangan konsumen dengan aman dan efisien. Secara garis besar, kemasan primer merupakan kemasan yang langsung membungkus produk. Lalu kemasan sekunder adalah kemasan luar dari kemasan primer yang mengelompokkan kemasan. Serta kemasan tersier biasanya digunakan untuk penanganan massal, penyimpanan, dan mempermudah proses distribusi.

Di artikel sebelumnya, kami telah membahas mengenai kemasan primer dan kemasan sekunder mulai dari pengertian, manfaat, serta bahan yang digunakan untuk membuat kemasan tersebut. Sementara di artikel kali ini kami akan fokus untuk membahas mengenai penggunaan kemasan tersier dalam bisnis, baik itu bisnis makanan, pakaian, kesehatan, kecantikan, dan sebagainya.

Pengertian Kemasan Tersier

Kemasan tersier merupakan salah satu dari tiga jenis pembungkus yang digunakan untuk melindungi produk ketika proses pengiriman atau penyimpanan. Tidak hanya untuk memberikan proteksi pada produk, pemakaian kemasan tersier juga bertujuan untuk melindungi kemasan primer dan kemasan sekunder. Jadi apabila kemasan primer merupakan aspek sangat penting dalam branding, serta kemasan sekunder memiliki peran penting dalam proses pengiriman dan branding, maka kemasan tersier adalah faktor penting dalam keamanan produk kamu saat proses distribusi.

Pemakaian kemasan tersier biasanya memang tidak terlihat secara langsung oleh konsumen. Sebab biasanya kemasan ini sudah dikeluarkan sebelum produk dipajang pada rak display untuk dijual. Karena fungsi utama dari kemasan tersier adalah menjaga isi kemasan ketika dikirim dari tempat produksi menuju tempat penjualan atau langsung ke tangan konsumen.

Fungsi dan Karakteristik Kemasan Tersier

Seperti halnya kemasan primer ataupun sekunder, kemasan tersier memiliki manfaat untuk menjaga kualitas produk tetap terjamin. Sehingga konsumen bisa mendapatkan produk dalam kondisi maksimal. Adapun fungsi dan karakteristik dari kemasan tersier adalah sebagai berikut:

1. Menjaga produk tetap stabil

Kemasan memang memiliki fungsi utama sebagai pelindung produk. Hal ini pun bisa didukung dengan pemanfaatan kemasan primer ataupun kemasan sekunder. Namun agar produk kamu sampai di tangan konsumen dalam kondisi benar-benar baik kamu membutuhkan kemasan tersier. Dalam proses pengiriman produk, lokasi pengiriman terkadang menghadirkan kondisi yang sulit. Misalnya kondisi jalan yang kurang baik yang menyebabkan produk terguncang selama perjalanan. Di sini kamu bisa memanfaatkan kemasan tersier untuk menjaga produk-produk tetap stabil sehingga kamu bisa meningkatkan perlindungan untuk memastikan produkmu sampai ke tujuan akhir tanpa kerusakan.

2. Mengelompokan produk

Kemasan tersier dapat berupa wadah kotak besar yang bisa menggabungkan produk menjadi satu kesatuan. Ini tentunya akan sangat memudahkan kamu ketika harus memindahkan produk secara cepat dengan penanganan yang mudah. Bisa kamu bayangkan apabila kamu harus membawa produk satu per satu dari lokasimu ke lokasi lainnya? Pasti akan memakan banyak waktu dan tenaga, kan? Oleh sebab itu, coba manfaatkan kemasan tersier agar pekerjaan kamu bisa dilakukan lebih efektif dan efisien.

3. Meningkatkan citra brand

Walaupun tidak banyak brand yang memanfaatkan kemasan tersier sebagai alat pemasaran, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba mengaplikasikan desain menarik pada lapisan kemasan tersier. Terutama untuk kamu yang menjual produk secara online, dimana kamu harus mengirimkan produk yang kamu jual kepada para konsumen melalui jasa ekspedisi. Kamu bisa menambahkan elemen visual menggunakan font dan tipografi menarik, jangan lupa juga untuk menambahkan logo brand. Sehingga konsumen bisa mengenali brand kamu melalui kemasan tersier.

Contoh Kemasan Tersier

Kemasan tersier mencakup pengemasan primer dan sekunder. Oleh karenanya, kemasan ini memiliki ukuran yang lebih besar agar dapat memuat banyak isi. Bentuk yang paling umum dimiliki oleh kemasan tersier adalah palet kayu, kotak kardus coklat, ataupun bungkus yang terbuat dari bahan plastik. Pemilihan jenis kemasan tersier ini tentunya bisa kamu sesuaikan dengan jenis produk yang kamu jual. Sebab setiap produk memiliki cara penanganan yang berbeda-beda.

Supplier Cetak Kemasan untuk UMKM

Kemasan itu penting, apapun jenisnya. Mulai dari jenis kemasan primer, sekunder, ataupun tersier. Saat kamu hendak membuat strategi pengemasan, penting untuk mempertimbangkan bagaimana ketiga tingkat kemasan ini bisa menjaga produk kamu dengan baik. Perlu diingat juga bahwa kemasan adalah salah satu kesempatan kamu untuk mempersonalisasi produk dan membuatnya tampak lebih stand out dibandingkan para kompetitor.

Supernova Digipack merupakan jasa cetak kemasan yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang produksi kemasan. Apabila kamu ingin membuat kemasan primer, sekunder, ataupun tersier full print, kami bisa mewujudkannya untuk kamu! Ada beberapa jenis kemasan yang bisa kamu pesan mulai dari standing pouch, gusset, central seal, three block seal, serta vacuum pack.

Seluruh kemasan kami bisa digunakan untuk berbagai macam industri. Apabila kamu bergerak di bidang kuliner, kamu tentunya bisa memakai kemasan kami tanpa perlu khawatir akan keamanannya. Sebab Supernova Digipack sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management dimana seluruh proses produksi telah sesuai dengan standar keamanan prosedur pangan.

Kami berkomitmen untuk mendukung berbagai bisnis UMKM yang ada di Indonesia. Hal ini kami lakukan dengan menyediakan kemasan berkualitas tinggi setara kelas industri dengan MOQ rendah juga harga yang sangat bersahabat. Ketika kamu ingin memesan kemasan di Supernova Digipack, minimal order yang kami tawarkan sebesar 500 pcs* saja!

Untuk bisa menghasilkan kemasan berkualitas tinggi, tentunya mesin yang kami pakai pun harus berkualitas. Supernova Digipack memanfaatkan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, dimana mesin ini bisa menghasilkan warna kemasan yang sangat tajam, tidak mudah luntur, serta warnanya pun sangat kontras. Mesin ini juga menggunakan jenis tinta solventless yang lebih ramah lingkungan dibandingkan jenis tinta lain karena dapat meminimalisir jejak karbon, serta sudah tersertifikasi food safety sehingga aman untuk diaplikasikan pada produk makanan.

Bagaimana? Sudah siap untuk mempercayakan kemasan kamu pada kami? Yuk langsung kunjungi website Supernova Digipack untuk mendapatkan informasi lebih lengkap juga pemesanan kemasan sesuai dengan kebutuhan kamu!

*S&K berlaku


Whatsapp