pilih kemasan
BISNIS DROPSHIPPER MAKANAN? APAKAH BERPELUANG BESAR?

Untuk kamu yang kurang cocok untuk melakukan pekerjaan kantoran atau ingin memiliki penghasilan tambahan, bisnis dropship bisa jadi salah satu solusinya lho! Di era digital ini, segala bentuk transaksi jual beli bisa dilakukan dengan sangat mudah. Oleh karenanya, peluang untuk menjalankan bisnis dropship ini sangatlah besar, terlebih dalam bidang dropshipper makanan.

Dropship sendiri merupakan pola bisnis yang tengah populer saat ini. Apabila kamu sudah siap menjalani usaha sebagai dropshipper makanan, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar lho. Cukup dengan modal kecil kamu sudah bisa menjalani usaha ini. Meskipun seringkali disamakan dengan reseller, ternyata kedua bisnis ini memiliki sistem yang berbeda.

Kalau kamu menjalani bisnis dropshipper makanan, maka kamu tidak perlu membeli stok barang dari supplier terlebih dahulu. Ketika ada order dari konsumen, kamu cukup memesan produk tersebut pada supplier, lalu seluruh proses pengiriman akan dilakukan oleh pihak supplier. Jadi kamu hanya menjadi jembatan antara konsumen dan supplier saja. Namun barang yang dikirim tetap atas nama bisnis kamu.

Sementara dalam bisnis reseller, kamu harus membeli stok barang terlebih dahulu. Selain itu, tidak sedikit supplier yang menggunakan sistem “putus beli”. Jadi kalau produk kamu tidak laku, barang tersebut tidak bisa dikembalikan pada supplier. Tentunya hal ini akan sangat merugikan untuk kamu kan?

Meskipun dapat dilakukan untuk beragam macam produk, bisnis dropshipper makanan ini bisa memberikan keuntungan yang besar untuk kamu. Karena seluruh konsumen pasti membutuhkan makanan. Adapun produk makanan yang bisa kamu tawarkan adalah makanan ringan seperti keripik dan biskuit, ataupun makanan siap instan siap saji.

Mengelola bisnis dropshipper makanan bisa memberikan keuntungan untuk kamu. Karena selain modalnya kecil, resiko kerugiannya pun sangat rendah. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan apabila kamu menjalankan bisnis dropshipper makanan.

Keuntungan bisnis dropshipper makanan 

1. Mudah untuk memulai 

Bisnis dropshipper makanan ini mudah dimulai bahkan oleh pemula sekalipun. Karena mekanismenya yang mudah dan kamu hanya perlu menjembatani pemesanan antara konsumen dengan supplier.

2. Modal awal kecil dengan risiko yang rendah 

Memulai bisnis dropshipper makanan ini hanya membutuhkan modal awal yang kecil. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli kebutuhan bahan dan juga alat karena sudah disediakan oleh supplier. Selain itu, risiko kerugiannya pun rendah karena satu-satunya biaya yang harus kamu pertimbangkan hanyalah harga produk yang akan kamu tawarkan pada konsumen.

3. Waktu pengerjaan fleksibel 

Kamu bisa mengerjakan bisnis dropshipper makanan ini kapan pun dan dimana pun. Karena kamu hanya memerlukan perangkat gadget juga koneksi internet untuk dapat melangsungkan pekerjaan ini. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan untuk kamu yang memiliki pekerjaan lain selain usaha dropshipper makanan.

4. Bisa menjual beberapa macam produk 

Dalam bisnis dropshipper makanan, kamu tidak memiliki keterbatasan untuk menjual satu macam produk saja. Kamu bisa menjual beberapa macam produk dari supplier yang berbeda. Dengan begini, bisnis dropshipper makanan kamu bisa menjangkau konsumen yang lebih banyak.

Cara memulai bisnis dropshipper makanan 

Meskipun tidak membutuhkan modal yang besar dan mudah dilakukan, pengelolaan bisnis dropshipper makanan ini membutuhkan perencanaan yang matang juga. Hal ini perlu dilakukan agar bisnis kamu bisa memberikan keuntungan yang besar. Lalu hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk simak tips berikut!

1. Mencari ide bisnis dropshipper makanan 

Kamu harus bisa memikirkan ide produk yang akan kamu jual pada bisnis dropshipper makanan. Pemilihan produk ini tentunya harus dimulai dengan menentukan target konsumen kamu dahulu, sehingga produk yang kamu jual bisa sesuai dengan kebutuhan para konsumen.

2. Melakukan pemasaran di platform online 

Dengan adanya platform jual beli secara online, bisnis dropshipper makanan kamu bisa dilakukan dengan lebih mudah. Kamu tidak perlu repot untuk menyewa sebuah toko untuk berjualan, cukup membuka toko di platform marketplace saja.

Selain itu dalam beberapa marketplace pun sudah tersedia fitur dropship. Jadi untuk kamu bisa lebih mudah untuk menjalani bisnis dropshipper makanan kan?

3. Memilih supplier yang bisa bekerja sama 

Dalam bisnis dropshipper makanan, pemilihan supplier memegang peran yang sangat penting. Karena produk yang kamu jual bergantung pada supplier. Kamu harus bisa memilih supplier yang mudah diajak bekerja sama sehingga bisa sama-sama menguntungkan, dan tentunya memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik juga.

Kamu pun bisa memilih supplier untuk bisnis dropshipper makanan kamu dari toko grosiran ataupun wholesale. Karena keuntungan yang diambil oleh mereka bukan berdasarkan hitungan satu barang, tapi banyaknya jumlah barang yang dijual. Dengan ini, kamu bisa mendapatkan harga dasar yang lebih murah.

Selain itu, kamu pun harus memperhatikan apakah supplier tersebut sudah memiliki sistem yang baik atau belum. Mulai dari proses pengemasan barang hingga proses pengiriman barang. Jangan lupa juga untuk memperhatikan apakah supplier tersebut mudah dihubungi atau tidak. Pasti kamu tidak mau kan kalau tiba-tiba supplier kamu susah dihubungi sehingga produk yang dipesan tidak bisa dikirim?

4. Tentukan harga jual secara matang 

Ketika kamu mengelola bisnis dropshipper makanan, kamu harus bisa menentukan harga produk yang kamu jual. Karena produk yang kamu jual berasal dari supplier, maka kamu bisa memasang harga yang lebih tinggi dari harga dasar yang telah ditetapkan oleh supplier.

Namun harga tersebut jangan sampai terlalu jauh dari kompetitor lainnya ya. Karena kalau kamu memasang harga yang terlalu tinggi, kemungkinan konsumen akan beralih ke toko lain yang menawarkan harga lebih murah.

Kamu juga bisa melakukan riset dengan melihat kompetitor serupa memasang harga berapa untuk produk yang mereka jual. Apabila harga yang kamu tawarkan memang lebih mahal dibanding kompetitor, kamu bisa menyiasatinya dengan cara mengalihkan nilai jual tersebut. Misalnya dengan harga yang kamu tawarkan, konsumen akan mendapatkan produk freebies ataupun gratis ongkos kirim. Pastinya hal ini akan menarik di mata konsumen kamu.

Apabila kamu sudah siap untuk menjalani bisnis dropshipper makanan, pastikan kalau kemasan yang disediakan oleh supplier kamu menggunakan material food grade yang aman untuk makanan. Di Supernova Digipack, kami menyediakan beragam jenis kemasan mulai dari kemasan vakum, standing pouch, gusset, central seal, ataupun three block seal yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan produk. Untuk beberapa jenis kemasan pun bisa ditambah dengan fitur zipper lock, yang bisa menambah keamanan dan proteksi pada produk dropshipper makanan kamu.

Dengan menggunakan mesin digital terkini (HP Indigo 20000), Supernova Digipack bisa menghasilkan kemasan berkualitas cetak tinggi dan warna yang tajam (HD). Seluruh kemasan kami pun sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management yang pastinya aman digunakan untuk mengemas produk makanan dan cocok untuk bisnis dropshipper makanan.

Untuk pemesanan, kunjungi website Supernova Digipack ya!


Whatsapp