pilih kemasan
BISNIS KAMU GITU-GITU AJA? MUNGKIN KAMU BELUM NGELAKUIN INI!
Illustration from: Pinterest.

Semua pemilik bisnis pasti pengen bisnisnya sukses dan produknya bisa diterima banyak orang. Untuk bisa sampai ke situ, udah pasti kamu sebagai pemilik bisnis perlu nyiapin strategi marketing, strategi produk, dan serangkaian strategi lainnya biar bisnis kamu sukses. Dari mulai milih bahan baku untuk produk (kalo bisnismu non-jasa), milih SDM yang sesuai, channel komunikasi yang dirasa efektif, dan lain sebagainya. Kamu berharap, dengan semua usaha yang udah kamu lakuin, bisnismu akan mudah berkembang dan akhirnya bisa menjadi brand besar.

Tapi, ternyata kenyataan gak seindah itu…

Banyak pebisnis yang merasa stuck, karena perkembangan bisnisnya yang cenderung stagnan. Padahal, dia merasa udah melakukan semua hal. 

Apa kamu juga salah satunya?

Nah, dari sekian banyak usaha yang udah dicoba, mungkin ada satu cara lagi yang belum kamu dan banyak pebisnis lakukan. Bisa jadi, kamu belum coba untuk gabung di asosiasi bisnis. 

Meskipun terdengar sederhana, ternyata bergabung ke komunitas/ asosiasi pebisnis yang punya bidang usaha sama kaya kamu, bakal bikin kamu banyak inspirasi untuk ide produk dan pengembangannya. Selain itu, ketika kamu bergabung sama komunitas/ asosiasi bisnis yang tepat, kamu bakal banyak dapat masukan dari orang-orang yang udah lebih lama berbisnis di bidang yang kamu geluti.

Di Indonesia sendiri, asosiasi bisnis bukan lagi hal yang baru. Sejak lama, para pebisnis sukses di Indonesia seringkali membuat asosiasi bisnis untuk membantu para pemula yang baru memulai bisnis di bidang yang sudah mereka pahami dan kuasai. Emang gak bikin jadi tambah saingan ya? Bukannya semakin banyak orang yang sukses berbisnis di bidang yang sama, bikin saingannya tambah banyak?

Kalo kamu masih berpikir kaya gitu, berarti kamu salah!

Bagi pemilik bisnis yang besar, berjejaring dan membagikan ilmu kepada pebisnis di bidang sejenis, memudahkan dia untuk mengembangkan pasar dari bisnisnya. Contohnya, untuk para pebisnis kopi di kota besar, menjalin networking dengan sesama pebisnis kopi di kota-kota kecil, membuat dia tahu bagaimana kondisi pasar di daerah tersebut. Sehingga, dengan kekuatan brand yang sudah ia bangun, ia akan lebih mudah untuk masuk ke kota kecil karena sudah tau kondisi pasar di sana.

Di sisi yang lain, para pebisnis kecil/ pemula juga mendapatkan banyak keuntungan saat masuk asosiasi. Mereka bisa bertukar informasi terkait supplier, teknik pengolahan produk, kemasan, ide pengembangan produk, dan masih banyak lagi. Mereka bisa mendapatkan ini dari sesama pemula yang baru memulai bisnisnya di daerah lain, atau dari ‘senior’ yang sudah berkecimpung di bisnis sejenis selama belasan bahkan puluhan tahun. 

Untuk kamu yang tertarik bergabung, kamu bisa kunjungi situs resmi dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dengan link di bawah ini:

KADIN

Di sana, kamu bisa menemukan ratusan asosiasi bisnis resmi di Indonesia, beserta kontaknya. Jadi kamu bisa cari asosiasi bisnis yang sesuai dengan produk yang kamu jual, kemudian hubungi kontaknya untuk bisa langsung tanya-tanya terkait detail dari asosiasi yang kamu minati.

Gampang kan? Ayo gabung ke asosiasi bisnis sekarang!


Whatsapp