pilih kemasan
CARA JITU MEMIILIH KEMASAN PRODUK: KEMASAN MODERN ATAU KEMASAN TRADISIONAL?

Bagi para pemilik bisnis online yang menjual produk, kemasan produk jadi bagian utama dari produk itu sendiri. Kenapa? Karena hal yang pertama dilihat oleh konsumen adalah kemasannya dulu. Jadi, istilah “don’t judge a book by its cover”, gak berlaku ya di bisnis!


Kemasan produk bisa jadi representasi dari produk tersebut. Menarik atau tidaknya kemasan, bisa jadi penentu utama orang untuk mau beli sebuah produk, lho!, terutama bagi mereka yang belum pernah sama sekali mencoba produk tersebut. Contoh nyatanya, banyak produk makanan/ minuman enak yang kurang dilirik, karena kemasan produk yang dianggap kurang menarik.Padahal, ternyata produknya enak banget.Sayang banget kan?


Makanya, untuk para pemilik bisnis produk di dalam kemasan, pemilihan kemasan produk sama pentingnya dengan produk itu sendiri.


Terus gimana sih cara milih kemasan produk yang cocok?

Gimana sih kemasan yang dianggap menarik?

Apa harus selalu ‘kekinian’?

Ternyata enggak juga lho!

 

Kemasan makanan harus disesuaikan sama produk yang kamu jual. Karena kemasan adalah representasi produk yang kamu jual, kemasan harus bisa jadi ‘kepribadian’ atau ‘karakter’ dari produk kamu.


Coba kita ambil contoh ya!

Anggaplah kamu pemilik bisnis kue kering, yang jenis makanannya sudah cukup lumrah di masyarakat, seperti misalnya kastengel. Tetapi, kelebihan produkmu adalah resepnya turun temurun dari nenek/ kakek buyutmu, sejak tahun 1935. Untuk bisa standout dari banyaknya produk kastengel di pasaran, mungkin kamu harus mencoba kemasan tradisional agar produkmu memiliki ‘karakter’, yang memang sejalan dengan kelebihannya.

 

Kamu bisa saja memilih kemasan berbahan plastik untuk produkmu agar tetap fresh dan lebih fleksibel untuk digunakan. Namun, kamu juga bisa membalutnya dengan penggunaan bahan-bahan yang memiliki kesan tradisional, seperti bambu, rotan, kayu, bahkan bahan dedaunan yang bisa dianyam. Dengan begitu, kamu bisa memberikan kesan bahwa produkmu memiliki nilai tradisional, hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang dianggap tradisional di kemasan produkmu.

 

Sementara itu, untuk bisnis-bisnis dengan target konsumen anak-anak muda (millenial & Gen Z), kemasan modern lebih banyak dipilih untuk merepresentasikan produk mereka. Selain jenis bahan yang kebanyakan berasal dari berbagai jenis plastik agar memberikan kesan fleksibel, plastik juga lebih mudah dan murah untuk bisa diterapkan design sesuai keinginan. Bahkan, saat ini lebih dari 90% kemasan produk makanan dan minuman yang ada di pasaran menggunakan bahan plastik.

 

Selain bahan, ukuran kemasan juga menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan untuk ditentukan sejak awal. Kenapa? Karena ini akan berpengaruh terhadap efisiensi biaya yang kamu keluarkan apabila perlu melakukan distribusi (pengiriman) dengan jarak yang jauh. Jadi, semakin besar kemasan yang kamu pilih, semakin banyak juga biaya yang harus kamu keluarkan untuk melakukan distribusi produkmu.

 

Tapi, kamu juga perlu tahu ukuran kemasan yang besar bisa memberikan kesan berbeda terhadap produkmu. Ambil contoh kemasan makanan ringan yang ada di minimarket terdekat dari tempat tinggalmu. Kalau kamu perhatikan, makanan ringan cenderung menggunakan kemasan yang jauh lebih besar dibanding volume/ isi dari produk di dalamnya.

Kenapa begitu?

Karena, produsen produk makanan ringan ingin memberikan kesan bahwa isi dari produk pada setiap kemasannya itu banyak, sesuai dengan bungkusnya. Disamping itu, makanan ringan biasanya tetap mampu bertahan agar tetap renyah, karena diberi udara yang cukup di dalam kemasan, sebelum akhirnya kemasan tersebut diseal atau ditutup dengan rapat.

 

Jadi, udah siap buat bikin kemasan untuk produkmu?

Yuk, mulai bikin kemasan produk unik buat bisnis kamu!

 

Bingung mau buat kemasan buat produk kamu? SupernovaDigipack hadir buat kamu, temukan berbagai jenis kemasan sesuai kebutuhan kamu! Kualitas kemasan ga usah diragukan lagi, karena proses produksi Supernova Digipack sudah tersertifikasi ISO sehingga kemasannya kualitas kelas industri. Yuk langsung pesan kemasanmu di SupernovaDigipack!


Whatsapp