pilih kemasan
CARA MEMBUAT KEMASAN PRODUK YANG MENJUAL
https://images.app.goo.gl/pKp1Z8LKGM9tGZnx8

Kemasan merupakan kunci pemasaran dari setiap bisnis yang menjual produk. Baik itu produk makanan, minuman, kesehatan, kebersihan, kecantikan, dan sebagainya. Adanya kemasan bisa mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sebuah produk atau tidak. Terlebih dalam penjualan secara retail, kemasan memiliki peran yang sangat penting. Sebab kemasan harus bisa menangkap perhatian konsumen dengan visualnya yang menarik, dan membuat produk terlihat stand out ketika dipajang di etalase toko bersamaan dengan produk dari kompetitor.

Fungsi Kemasan

Kemasan produk memiliki fungsi utama untuk memberikan proteksi pada produk yang ada di dalamnya. Pengaruh oksigen, kelembaban, sinar matahari, juga bakteri yang berinteraksi dengan isi produk tentunya bisa menurunkan kualitas produk. Terlebih untuk produk makanan yang nantinya akan langsung dikonsumsi oleh konsumen. Kehigienisan dan keamanannya harus terjaga dengan baik agar tidak mengganggu kesehatan mereka.

Proteksi yang diberikan setiap kemasan harus disesuaikan dengan isi produk di dalamnya. Misalnya untuk produk makanan ringan seperti keripik, untuk bisa menjaga keripik tetap renyah dan rasanya tidak berubah maka kamu memerlukan kemasan kedap udara. Lain halnya dengan jenis makanan beku atau frozen food yang harus disimpan dalam lemari pendingin. Kemasan yang digunakan harus terbuat dari bahan yang bisa menahan suhu dingin agar tidak merusak kemasan juga produk makanan tersebut.

Selain memberikan proteksi, kemasan juga berperan untuk memberikan kenyamanan untuk konsumen dan produsen. Kemasan bisa menjadi media untuk memudahkan proses pemindahan produk dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya ketika kamu menjual produk keripik, pasti tidak mungkin kamu memindahkannya satu per satu, kan? Oleh karenanya, kamu membutuhkan kemasan agar mempermudah kamu ketika proses distribusi.

Di samping memberikan proteksi dan kenyamanan, kemasan produk juga bisa jadi alat promosi produk yang efektif lho. Tidak semua konsumen pernah mencoba produk yang kamu jual. Satu-satunya hal yang bisa mendorong mereka untuk mau membeli produk kamu adalah kemasan. Maka dari itu, kamu harus bisa membuat kemasan produk yang menjual agar bisnis kamu bisa berjalan dengan baik.

Cara Membuat Kemasan Produk yang Menjual

Dalam membuat kemasan produk yang menjual, kamu tidak hanya harus memikirkan warna yang digunakan, ataupun ilustrasi seperti apa yang ingin ditampilkan, namun lebih dari itu. Ingin tahu bagaimana cara membuat kemasan produk yang menjual itu seperti apa? Yuk simak uraian berikut ini!

1. Perhatikan kompetitor

Cara membuat kemasan produk yang menjual bisa kamu lihat dari kompetitor. Langkah ini biasanya sering terlupakan ketika produsen ingin membuat kemasan produk yang menjual. Padahal melalui cara ini, kamu bisa mendapatkan inspirasi mengenai bagaimana kemasan produk yang menjual itu seperti apa. Mulailah dengan mengunjungi supermarket yang menjual produk serupa dengan kamu, atau kamu juga bisa melihat kemasan produk lain yang menurut kamu sangat bagus. Perhatikan bagaimana cara mereka membuat kemasan, mulai dari penggunaan warna, bahasa, font yang dipakai, dan sebagainya. Dari sini kamu bisa mengembangkan ide kemasan tersebut dengan lebih baik untuk diterapkan pada produk kamu.

2. Identifikasi target konsumen

Lakukan identifikasi mengenai target konsumen utama dari bisnismu. Sebab produk dan kemasan yang kamu buat ditujukan untuk mereka. Ketika kamu membuat desain kemasan, tentunya kamu harus memikirkan mereka. “Jenis kemasan seperti apa yang mereka suka?”, “Warna seperti apa yang cocok dengan kepribadian mereka?”, kamu bisa melakukan identifikasi dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu.

Dalam cara membuat kemasan produk yang menjual, kamu harus membuat desain yang relate dengan produk dan target konsumen. Karena untuk setiap target konsumen, pastinya jenis kemasan dan desain yang kamu buat akan berbeda. Misalnya ketika kamu membuat produk yang memang diperuntukan sebagai hadiah, pasti kemasan dan desain yang kamu buat akan berbeda dengan jenis produk yang nantinya akan dijual di supermarket, kan? Oleh sebab itu, coba lakukan identifikasi agar kamu bisa membuat kemasan yang benar-benar sesuai dengan preferensi konsumen, ya!

3. Representasi kualitas produk

Cara membuat kemasan produk selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan kualitas produk yang kamu jual. Kemasan yang kamu buat harus bisa merepresentasikan kualitas produk. Baik itu dari segi bahan baku produk itu sendiri, ataupun dari harga yang kamu tawarkan. Apabila kamu memasang harga di atas pasaran, maka kamu harus membuat tampilan kemasan yang berbeda. Sehingga konsumen akan melihat produk kamu sebagai suatu hal yang spesial dan eksklusif. Hal ini bisa berdampak pada tingkat penjualan usaha yang kamu jalani.

4. Jangan lupakan informasi kemasan

Informasi pada kemasan merupakan salah satu cara terbaik untuk mempromosikan produk kamu. Salah satu hal yang wajib ada dalam informasi kemasan adalah nama produk. Nama yang kamu tentukan harus mencirikan produk yang kamu jual. Misalnya untuk produk oleh-oleh, pasti kamu harus mencantumkan lokasi untuk menginformasikan bahwa produk tersebut adalah oleh-oleh, contohnya “Pie Susu Bali”, “Bolu Kukus Bandung”, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan cerita sedikit mengenai brand. Seperti cerita dibalik pembuatan produk serta siapa yang membuatnya. Hal ini bisa menarik perhatian konsumen karena saat ini mereka tertarik dengan hal-hal dibalik proses pembuatan produk. Jangan lupa juga untuk menyertakan informasi mengenai cara menggunakan produk agar konsumen tidak merasa kebingungan.

Supplier Cetak Kemasan untuk UMKM

Itu dia 4 cara membuat kemasan produk yang menjual. Kamu bisa menerapkannya untuk membuat kemasan usaha kamu agar penjualan kamu meningkat. Apabila kamu membutuhkan kemasan berkualitas setara kelas industri, langsung aja hubungi Supernova Digipack! Kami merupakan jasa cetak kemasan yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang pembuatan kemasan fleksibel.

Supernova Digipack menyediakan berbagai jenis kemasan fleksibel yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari jenis kemasan standing pouch untuk mengemas produk cemilan, kopi, teh, dan sebagainya. Lalu ada kemasan central seal yang bisa kamu pakai untuk mengemas keripik, gusset untuk produk kopi, teh, susu bubuk, three block seal mengemas produk seperti biskuit dan sabun, serta vacuum pack yang cocok untuk mengemas makanan beku, buah kering, atau kacang-kacangan. Seluruh kemasan terjamin kehigienisannya karena kami sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management, sehingga seluruh proses produksi kemasan telah sesuai dengan standar keamanan prosedur pangan.

Agar bisa membuat kemasan produk kamu terlihat menjual, kami mencetak desain kemasan menggunakan mesin digital printing terkini yakni HP Indigo 20000. Mesin ini bisa menghasilkan cetakan kemasan berwarna sangat tajam, kontras, serta tidak mudah pudar. Desain yang dicetak pun tidak akan menurun resolusinya, sama seperti kualitas desain digital yang kamu berikan.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera pesan kemasan sesuai kebutuhan kamu hanya di Supernova Digipack! Minimum Order Quantity (MOQ) yang diberikan hanya 500 pcs* saja lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website Supernova Digipack, ya!

*S&K berlaku


Whatsapp