pilih kemasan
CARA PROMOSI MAKANAN ONLINE DI MEDIA SOSIAL

Penggunaan teknologi saat ini telah memudahkan berbagai aktivitas masyarakat. Salah satunya adalah kegiatan transaksi jual beli. Munculnya berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok melahirkan beragam metode pemasaran yang lebih kreatif dan inovatif. Melihat hal tersebut, untuk kamu yang sedang mengelola usaha makanan perlu mengetahui cara promosi makanan online di media sosial agar usaha kamu dapat tetap berjalan dengan lancar.

Berbagai cara promosi makanan online bisa kamu lakukan melalui beberapa platform, sesuai dengan target konsumen yang telah kamu tetapkan. Untuk menentukan platform mana yang paling baik untuk digunakan, kamu harus menganalisa dulu behavior dari target konsumen kamu seperti apa agar kegiatan promosi bisa dilakukan secara maksimal.

Manfaat Promosi Secara Online di Media Sosial  

Cara promosi makanan online di media sosial memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan promosi secara offline seperti menggunakan pamflet. Karena di media online, informasi bisa tersebar dengan cepat dalam hitungan detik. Selain hal tersebut, ada keuntungan lain yang kamu dapatkan ketika kamu melakukan promosi secara online. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasan berikut!

1. Dapat menjangkau pasar yang lebih luas

Ketika kamu melakukan cara promosi makanan online di media sosial, pasar yang kamu jangkau bisa lebih luas lho. Karena pemasarannya tidak terbatas waktu dan tempat.

2. Proses pembagian informasi lebih cepat

Kelebihan cara promosi makanan online di platform media sosial adalah pembagian informasi bisa dilakukan dengan hitungan detik. Kamu tidak perlu susah susah untuk membagikan selebaran pamflet yang memakan waktu, cukup menekan tombol klik dan share lalu informasi tersebut akan tersebar dengan cepat dan luas.

3. Bisa lebih dekat dengan para konsumen

Apabila kamu melakukan cara promosi makanan online melalui media sosial, kamu bisa melakukan interaksi secara langsung dengan para konsumen pada saat sebelum, sedang, dan setelah mereka mencoba produk kamu. Pada saat “sebelum” adalah ketika konsumen bertanya-tanya mengenai produk yang kamu tawarkan, fase “sedang” adalah saat dimana konsumen tengah mencoba produk kamu. Dan “setelah” adalah saat konsumen memberikan ulasan mengenai produk yang kamu jual.

4. Bisa meningkatkan awareness dengan biaya yang minim

Dengan cara promosi makanan online, biaya promosi kamu bisa lebih murah dibandingkan dengan promosi secara offline. Kamu hanya cukup meng-upload foto produk dengan visual yang baik dan caption yang menarik, lalu produk dari usaha kamu bisa langsung dilihat oleh para konsumen, khususnya followersmu.

Jenis Platform Media Sosial Untuk Promosi Makanan 

Apabila kamu sudah yakin untuk melakukan cara promosi makanan online di media sosial, kamu harus mempertimbangkan media mana saja yang akan kamu gunakan. Karena setiap platform media memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Untuk memilihnya kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan usaha juga target konsumenmu. Berikut beberapa pilihan platform media sosial yang bisa kamu gunakan sebagai cara promosi makanan online adalah :

1. Instagram

Instagram merupakan platform yang bisa kamu gunakan sebagai cara promosi makanan online. Pengguna platform media sosial ini kebanyakan adalah anak muda dan perempuan. Oleh karenanya, kalau brand yang kamu miliki memiliki target konsumen perempuan muda, platform ini sangat cocok untuk dijadikan sarana promosi. Platform media sosial instagram memungkinkan kamu untuk mengunggah konten baik dalam bentuk foto ataupun video. Tentunya hal ini bisa jadi cara promosi makanan online yang baik karena dapat meningkatkan awareness konsumen terhadap usaha yang kamu jalani. 

Selain itu, pada platform instagram juga terdapat fitur stories yang bisa kamu manfaatkan untuk konten review dari konsumen lainnya. Di instagram juga terdapat fitur iklan yang bisa membuat cara promosi makanan online kamu jadi lebih maksimal. Karena beragam fitur-fiturnya ini, tidak heran kalau platform media sosial ini digunakan oleh beragam brand untuk keperluan promosinya.

2. Facebook

Cara promosi makanan online pun bisa kamu lakukan melalui platform media sosial facebook. Kamu bisa mengunggah konten dalam beragam format mulai dari foto, video berdurasi panjang, ataupun link. Selain itu, kamu juga bisa membuat laman sendiri untuk bisnis yang kamu jalani pada tab fanpage.

Platform facebook pun menyediakan fitur facebook ads, sehingga kamu bisa menjalankan iklan untuk meningkatkan awareness juga konversi konsumen terhadap usaha kamu. Tentunya hal ini merupakan cara promosi makanan online yang baik kan?

3. Tiktok

Platform media sosial ini sedang hype digunakan oleh masyarakat. Untuk itu kamu bisa menjadikan platform ini sebagai media untuk cara promosi makanan online yang baik. Kamu bisa membuat konten seperti review produk makanan yang kamu jual. 

Tips Melakukan Cara Promosi Makanan Online di Media Sosial 

Dalam menjalankan cara promosi makanan online di media sosial, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kegiatan promosi kamu bisa sukses. Berikut tipsnya:

1. Buat konten yang variatif dan up to date

Penggunaan konten yang variatif dan up to date bisa jadi cara promosi makanan online yang kamu lakukan. Kamu bisa membuat konten yang fresh juga up to date sesuai dengan tren agar relate dengan target konsumen. Penggunaan konten yang variatif juga membuat konsumen tidak akan bosan dengan akun usahamu.

2. Maksimalkan media gambar

Selain membuat konten yang variatif dan up to date, kamu juga bisa melakukan cara promosi makanan online dengan memaksimalkan media gambar pada akunmu. Karena kebanyakan konsumen lebih tertarik dengan visual dibandingkan teks. Selain itu, penggunaan visual yang menarik pun bisa menarik emosi konsumen dan bisa mendorong mereka untuk membeli produkmu. 

3. Berikan pelayanan yang aktif dan responsif

Ketika kamu sudah memulai cara promosi makanan online di media sosial, jangan sampai lupa untuk memberikan pelayanan yang aktif dan responsif. Apabila kamu memiliki hal ini, konsumen akan lebih senang dan merasa dihargai. Selain itu, dengan pengalaman menyenangkan yang didapat oleh konsumen, mereka pun akan merekomendasikan brandmu kepada kenalannya sehingga brand kamu bisa lebih dikenal. 

4. Gunakan hashtag

Yang terakhir, dalam menjalankan cara promosi makanan online kamu harus menggunakan hashtag pada setiap konten yang kamu miliki. Hashtag berfungsi untuk mencari konten ataupun produk yang serupa di media sosial tersebut. Dengan adanya hashtag, konsumen bisa lebih mudah menemukan produk yang mereka butuhkan. 

Selain tips-tips tersebut, kamu juga bisa melakukan cara promosi makanan online dengan menggunakan kemasan yang menarik. Melihat banyaknya persaingan usaha di media sosial, kamu harus bisa memancing perhatian konsumen dengan tampilan kemasan yang eye-catching.

Supernova Digipack bisa mendukung cara promosi makanan online kamu lho! Kami menyediakan berbagai macam kemasan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari kemasan vacuum pack, kemasan central seal, kemasan three block seal, kemasan gusset, serta kemasan standing pouch. Pastinya kemasan-kemasan ini juga akan kami cetak dengan kualitas terbaik karena kami menggunakan HP Indigo 20000, yang bisa menghasilkan kemasan dengan warna tajam dan pastinya sangat kontras. Dengan pengalaman di bidang pengemasan lebih dari 30 tahun, tim Supernova Digipack pun akan memastikan seluruh proses pembuatan kemasan kamu sudah sesuai dengan prosedur dan tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management dan tidak mengandung zat-zat berbahaya.

Yuk maksimalkan cara promosi makanan online kamu dengan kemasan yang amazing! Untuk pemesanan kunjungi website Supernova Digipack di sini. Waktu pembuatan kemasan nggak butuh waktu yang lama, hanya 15 hari* saja lho!

*Untuk minimum 3000 pcs order.


Whatsapp