pilih kemasan
FUNGSI DAN TUJUAN KEMASAN MAKANAN UNTUK BISNIS UMKM

Dalam menjalani bisnis makanan, kemasan memegang peran yang penting. Seluruh produk makanan yang dijual di pasaran pasti dibungkus dengan kemasan, kan? Hal ini berkaitan dengan tujuan kemasan yaitu untuk melindungi produk yang dikemasnya, dan menjaga kualitas isi produk tetap baik.

Namun ternyata masih banyak pengelola UMKM yang belum memahami manfaat dan tujuan kemasan untuk produk mereka. Padahal kemasan memegang peran yang besar dalam perjalanan bisnismu. Sebab selain melindungi produk, tujuan kemasan pun untuk alat promosi yang nantinya bisa meningkatkan penjualan. Sebagai first impression bagi para konsumen, kemasan kamu harus bisa memberikan kesan menarik agar mereka menginginkannya.

Keputusan konsumen untuk membeli produk kamu atau tidak pun dipengaruhi oleh kemasan. Kemasan yang menarik bisa memberikan kesan meyakinkan untuk para konsumen. Karena tujuan kemasan pun adalah untuk menyajikan informasi yang cukup mengenai brand juga isi produk yang dikemasnya. Bahkan menurut riset, sebanyak 94% konsumen memilih untuk membeli produk dari brand yang transparan akan produk yang dijualnya.

Tujuan Kemasan Untuk Produk  

Berdasarkan pendapat para ahli, ada 7 tujuan kemasan yang berfungsi untuk produk makanan yang kamu jual. Mau tahu apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini!

  1. Perlindungan Fisik
    Tujuan kemasan yang pertama adalah untuk melindungi produk yang ada di dalamnya dari pengaruh suhu, getaran, guncangan, tekanan, dan hal lain yang bisa merusak produk. 
  2. Barrier Protection
    Tujuan kemasan yang kedua adalah untuk memberikan proteksi pada produk dari pengaruh oksigen, uap air, debu, dan faktor lainnya yang dapat menurunkan kualitas produk.
  3. Containment
    Tujuan kemasan yang ketiga adalah upaya untuk mengelompokan benda-benda, termasuk dalam hal ini produk makanan ke dalam satu kemasan untuk efisiensi transportasi.
  4. Information Transmission
    Tujuan kemasan yang keempat adalah menyajikan informasi terkait produk yang dikemasnya.
  5. Mencegah Pemalsuan
    Tujuan kemasan yang kelima adalah untuk mencegah terjadinya pemalsuan. Hal ini bisa dilihat dari tampilan fisik pada kemasan.
  6. Convenience
    Tujuan kemasan yang ketujuh adalah untuk menambah kenyamanan dalam segi distribusi, penanganan, penjualan, penampilan, serta penggunaan produk. 
  7. Marketing
    Lalu tujuan kemasan yang terakhir adalah sebagai sarana untuk memasarkan produk yang telah kamu buat. 

Fungsi Kemasan 

Selain mengetahui 7 tujuan kemasan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penting juga untuk kamu mengetahui fungsi kemasan bagi produk makanan yang kamu jual. Tidak hanya sebagai pembungkus makanan saja, tapi kemasan ternyata memiliki fungsi lebih daripada itu lho! Berikut beberapa fungsi kemasan untuk produk makananmu. 

Melindungi Produk Makanan 

Serupa dengan tujuan kemasan, fungsi kemasan yang paling utama adalah untuk melindungi isi produk yang dikemasnya. Makanan merupakan produk yang langsung dikonsumsi oleh konsumen sehingga memerlukan proteksi yang baik. Kemasan yang kamu gunakan harus bisa melindunginya dari pengaruh luar seperti oksigen, kelembaban, sinar cahaya matahari langsung, juga temperatur. Sebab faktor-faktor tersebut bisa menurunkan kualitas makanan baik dari segi rasa, tekstur, aroma, ataupun bentuk. Penggunaan kemasan kedap udara sangat direkomendasikan untuk mempertahankan kualitas makanan. Sehingga makanan kamu akan tetap segar ketika tiba di tangan konsumen.

Kemasan Membuat Produk Lebih Menarik 

Karena tujuan kemasan adalah sebagai marketing, penggunaan kemasan yang sesuai bisa membuat produk kamu tampak lebih menarik. Apabila kamu menjual produk keripik, pasti kamu akan memiliki kompetitor yang menjual produk keripik juga, kan? Lalu bagaimana caranya agar konsumen lebih memilih keripik kamu dibandingkan dengan milik kompetitor? Kemasan adalah solusinya! Penggunaan kemasan yang menarik juga bisa meningkatkan nilai produk kamu sehingga terlihat lebih eksklusif dan premium. 

Memudahkan Konsumen Ketika Membawa Produk 

Coba bayangkan ketika kamu menjual produk makanan ringan, kemudian ada konsumen yang membelinya, bagaimana mereka akan membawanya? Ya, kemasan adalah jawabannya! Tanpa adanya kemasan, pasti konsumen akan kesulitan untuk membawa produkmu, kan? Oleh karenanya, selain untuk melindungi produk dan membuatnya lebih menarik, fungsi kemasan yang kamu gunakan adalah upaya untuk memudahkan konsumenmu. Hal ini selaras dengan tujuan kemasan yaitu convenience yang bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk para konsumen. Pastikan kalau kemasan yang kamu sediakan memiliki bentuk yang compact agar semakin mudah dibawa dan disimpan oleh konsumen. 

Alat Promosi Brand 

Selain ketiga hal yang telah disebutkan, fungsi kemasan selanjutnya adalah sebagai alat promosi brand. Masih berkaitan dengan tujuan kemasan sebagai marketing, kemasan kamu harus bisa menunjukan identitas brand melalui penggunaan warna, logo, dan juga font agar konsumen lebih aware. Penggunaan elemen desain kemasan yang tepat bisa membuat produkmu tampak lebih menonjol dan berbeda dibandingkan kompetitor

Syarat Kemasan Makanan yang Baik 

Meskipun terdengar sederhana, namun dalam memilih kemasan produk makanan membutuhkan pertimbangan besar. Sebab kemasan adalah bentuk investasi jangka panjang untuk usaha yang kamu kelola. Agar dapat mencapai tujuan kemasan yang telah disebutkan sebelumnya, kamu harus menggunakan kemasan makanan yang memenuhi syarat. Lalu apa saja syarat tersebut? Yuk simak jawabannya di bawah ini! 

  1. Kedap udara
    Karena tujuan kemasan adalah melindungi produk, maka kamu harus menggunakan kemasan kedap udara. Dengan tujuan untuk menghalangi udara yang masuk ke dalam kemasan. Sebab udara bisa membuat kualitas makanan menurun dan tidak tahan lama.
  2. Mudah dibuka
    Sesuai dengan tujuan kemasan yang telah disebutkan sebelumnya, kamu harus memastikan kalau kemasan yang kamu sediakan mudah dibuka. Alangkah lebih baik apabila kamu melengkapinya dengan zipper lock sehingga konsumen bisa langsung menutupnya kembali. 
  3. Menyajikan informasi
  4. Karena tujuan kemasan adalah memberikan informasi pada konsumen, maka kamu harus mencantumkan keterangan mengenai produkmu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menyajikan info berupa logo, nama produk, tanggal produksi, tanggal kadaluwarsa, komposisi, informasi nutrisi, berat bersih, juga izin edar produk yang didapat dari PIRT ataupun BPOM. 

Agar dapat mencapai tujuan kemasan dengan maksimal, kamu membutuhkan kemasan yang berkualitas. Supernova Digipack bisa bantu kamu untuk menyediakan kemasan makanan. Mulai dari jenis kemasan standing pouch, gusset, vacuum pack, three block seal, serta central seal bisa kami buat. Kamu pun tidak perlu khawatir mengenai kehigienisan kemasan yang kami buat. Sebab Supernova Digipack sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses produksi sudah sesuai dengan standar keamanan prosedur pangan. Kami pun menggunakan tinta solventless untuk mencetak desain pada lapisan kemasan. Tinta ini lebih ramah lingkungan karena dapat meminimalisir jejak karbon, dan sudah tersertifikasi food safety sehingga aman digunakan pada kemasan makanan.

Kami selalu berkomitmen untuk membantu para UMKM agar memiliki kemasan yang berkualitas, setara dengan kelas industri. Jadi kamu tidak akan kalah saing dengan brand lain di luar sana. Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan jasa kami? Yuk segera kunjungi website Supernova Digipack untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan pemesanan. Minimum Order Quantity (MOQ) hanya 500 pcs* saja lho!

*S&K berlaku


Whatsapp