pilih kemasan
HARGA KEMASAN MAKANAN YANG BERSAHABAT UNTUK PRODUK UMKM

Menjalankan bisnis makanan, khususnya UMKM, di pasar yang sangat kompetitif dan juga di tengah pandemi seperti saat ini memang sesuatu yang sulit. Kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk berinvestasi pada usaha kamu untuk dapat menarik dan mempertahankan pelanggan. Ada banyak cara untuk melakukan hal tersebut, mulai dari membuat strategi iklan, membuat logo yang menarik, hingga berinvestasi dalam kemasan makanan. Namun, sebagai pemilik UMKM, kamu sebaiknya dapat mempertimbangkan dengan penuh hati-hati kemana investasi modal kamu paling banyak digunakan. Salah satunya adalah dengan menekan harga kemasan makanan.

Saat ini memang kemasan pada produk makanan memiliki peran yang sangat penting. Berinvestasi dalam kemasan merupakan cara penting bagi UMKM untuk dapat berdiri terpisah dari pesaing, membangun kesadaran merek, dan menarik pelanggan baru. Walaupun begitu, dengan modal UMKM yang tidak dapat dibilang banyak, kamu perlu memutar otak agar mendapatkan harga kemasan makanan yang cukup terjangkau namun juga memiliki kualitas yang baik.

Ada banyak salah kaprah bahwa harga kemasan makanan akan menentukan kualitas dari kemasan tersebut. Padahal faktanya, terdapat banyak alternatif yang dapat menekan harga kemasan makanan tersebut. Berikut kami berikan beberapa tips untuk menekan harga kemasan makanan yang bersahabat untuk produk UMKM:

1. Gunakan satu kemasan untuk berbagai ukuran

Jika kamu memiliki beberapa produk dengan ukuran yang berbeda, tetapi memiliki karakteristik produk yang hampir sama, kamu tidak perlu membeli kemasan yang berbeda untuk setiap produknya. Dengan begitu, kamu berkesempatan mendapatkan diskon karena membeli kemasan dengan ukuran yang sama dalam jumlah besar. Jadi biaya operasional untuk harga kemasan makanan bisa kamu minimalisir. 

2. Pembelian grosir

Alih-alih memesan kemasan setiap minggu atau setiap bulan, kamu dapat memesan kemasan untuk penggunaan selama 6 bulan sekaligus. Dengan memesan dalam jumlah yang banyak, tentunya akan menekan harga kemasan makanan yang lebih besar lagi. Kelemahan utama dari cara ini tentu saja adalah ruang penyimpanan, karena UMKM biasanya tidak memiliki gudang penyimpanan.

3. Potong biaya kemasan dengan memotong penggunaan perekat

Besaran biaya yang dikeluarkan pada penggunaan perekat atau tape sering kali tidak disadari oleh pemilik UMKM. Sebab, biaya tersebut kerap kali dianggap kecil tapi sebenarnya akan menjadi besar apabila terus diakumulasikan. Untuk menekan biaya tersebut, gunakan kemasan yang telah memiliki perekat sendiri atau kemasan yang direkatkan dengan proses seal. Sehingga, kamu tidak membutuhkan perekat tambahan atau tape lagi dan harga kemasan makanan yang dibutuhkan pun akan jauh lebih murah.

Selain ketiga cara tersebut, terdapat beberapa hal pula yang harus kamu perhatikan agar mendapatkan harga kemasan makanan yang terjangkau. Inilah 5 hal utama yang harus kamu perhitungkan saat memilih opsi kemasan makanan untuk produk UMKM kamu:

1. Tentukan prioritas

Sebelum melakukan hal lain, mundurlah selangkah dan pertimbangkan kembali mengenai produk dan merek usaha kamu, dan putuskan apa kemasan seperti apa yang tepat untuk produk dan merek kamu. Apakah kamu hanya ingin mendapatkan harga kemasan makanan yang murah namun tetap memiliki fungsi dengan baik, atau kamu ingin memiliki kemasan unik yang dapat langsung membangun ketertarikan konsumen kamu? Kamu pun harus tentukan bagaimana kamu ingin produk atau merek kamu di mata konsumen. Dengan ambil langkah mundur dan menentukan prioritas, akan lebih mudah bagi kamu menentukan kemasan yang kamu butuhkan.

2. Temukan hal yang paling menguntungkan

Kamu kemungkinan akan mendapatkan harga kemasan makanan yang lebih rendah apabila kamu membeli dalam jumlah besar. Namun secara realistis, pada awal bisnis UMKM hanya akan memiliki sejumlah uang cadangan yang terbatas yang dapat digunakan, serta jumlah ruang penyimpanan yang terbatas untuk digunakan. Itu berarti, kamu perlu menemukan keseimbangan antara mendapatkan harga terbaik, dan memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia sebaik mungkin, sambil menghindari risiko kehabisan kemasan dan apabila gagal menjual produk.

3. Memilih kemasan yang lebih murah untuk dikirim

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah biaya kirim. Biaya pengiriman tidak hanya tergantung dari jarak produsen, namun juga dari jenis kemasan yang digunakan. Kamu dapat menekan harga kemasan makanan dengan mempertimbangkan jenis kemasan yang digunakan. Kemasan yang memiliki dimensi yang besar dan juga massa yang berat tentu akan menghasilkan biaya kirim yang besar pula. Sebaliknya, apabila kamu memilih kemasan dengan dimensi yang tidak cukup besar dan memiliki massa yang ringan akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

4. Perlindungan terhadap produk

Jangan karena ingin mendapatkan harga kemasan makanan yang semurah mungkin, kamu mengabaikan perlindungan terhadap produk kamu. Pilihlah kemasan yang tetap memiliki proteksi maksimal terhadap produk kamu, sehingga usaha kamu tidak akan mendapatkan review buruk dari pelanggan. Kemasan yang buruk pun akan menimbulkan kemungkinan kamu harus mengganti biaya penggantian produk yang rusak karena disebabkan oleh kemasan yang buruk.

5. Pilih produsen kemasan yang tepat

Pilihlah produsen kemasan yang dapat mewujudkan seluruh kemasan yang kamu inginkan. Kamu pun perlu memastikan harga kemasan makanan pada produsen tersebut sesuai dengan budget yang sebelumnya kamu tentukan. Pilihlah produsen yang memiliki produk yang bermacam-macam, sehingga semua kebutuhan kemasan kamu dapat terpenuhi. Pastikan pula produsen yang kamu pilih dapat menerima pemesanan dalam jumlah yang banyak dan memiliki waktu pengerjaan yang tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Kamu pun harus memilih produsen yang memiliki kualitas kemasan yang baik, profesional, dan telah berpengalaman dalam membuat kemasan makanan.

Salah satu produsen kemasan yang dapat kamu pilih ialah Supernova Digipack. Supernova Digipack merupakan produsen kemasan profesional yang telah berkecimpung di industri kemasan selama kurang lebih 30 tahun. Selama waktu yang panjang, kami telah banyak membantu UMKM dalam memenuhi kebutuhan kemasan mereka. Kami merupakan produsen kemasan makanan tangan pertama, sehingga harga kemasan makanan yang kami produksi jauh lebih terjangkau dibandingkan tempat lainnya.

Kami merupakan one stop packaging production dimana Supernova Digipack memiliki berbagai macam jenis kemasan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan produk kamu. Kami juga menggunakan alat berteknologi tinggi HP Indigo 20000 yang dapat mencetak kemasan dengan cetakan yang tajam dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Supernova Digipack pun memiliki teknologi laminasi dan bag making yang canggih, sehingga dapat menunjang produksi kemasan dengan kualitas terbaik. Dapatkan kemasan dengan kualitas terbaik serta harga kemasan makanan yang sangat terjangkau dan sesuai dengan budget kamu di Supernova Digipack. Hanya dengan Minimum of Quantity atau MOQ sebanyak 500 pcs, kamu dapat mewujudkan kemasan makanan setara kelas industri yang kamu inginkan untuk produk UMKM kamu!

Tunggu apalagi? Pesan kebutuhan kemasan untuk produk UMKM kamu di websiteSupernova Digipack sekarang juga dan dapatkan harga kemasan makanan yang lebih terjangkau!


Whatsapp