pilih kemasan
IDE HAMPERS RAMADHAN KEKINIAN UNTUK PRODUKMU

Ramadhan dan Natal jadi momen penting untuk bisnis di seluruh Indonesia, baik dari skala yang kecil sampai ke skala besar. Banyak bisnis yang sengaja merancang khusus strategi marketingnya untuk momen lebaran dan natal. 

Kenapa bisa gitu sih?

Ini terjadi karena di Indonesia, pengikut muslim dan kristiani sangat banyak jumlahnya. Sangking banyaknya, banyak perusahaan yang menargetkan peningkatan sales di momen momen natal dan ramadhan/lebaran lewat peluncuran produk eksklusif yang cuma ada di momen tersebut, atau sesederhana mengganti kemasan agar punya tema natal/ lebaran dan natal. 

Saat ini, umat muslim di Indonesia sudah mulai menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Kalo kamu lihat di minimarket/ supermarket, sudah banyak merek yang mengganti kemasannya dengan tema ramadhan, ataupun membuat kemasan hampers khusus bulan ramadhan. Menurutmu, kenapa mereka harus repot-repot ngelakuin itu?

Jawabannya, karena mereka ingin tetap relevan dengan konsumennya. Meskipun gak 100% konsumennya beragam muslim dan sedang menjalankan puasa ramadhan, tapi populasi muslim di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Jadi, kalo dihitung persentasenya, bisa jadi 50% atau lebih konsumen mereka adalah muslim. Dengan mengubah kemasannya jadi bernuansa ramadhan, brand tersebut berharap jadi pilihan utama konsumen saat mencari produk di bulan ramadhan. 

Tapi, kamu juga sadar kan kalo hampir semua merek mengubah kemasannya jadi bertema ramadhan? Berarti kemasan ramadhan sebetulnya gak berpengaruh dong sama persaingan di pasar? 

Berpengaruh dong! Makanya, banyak brand yang berinovasi dari sisi kemasan dengan ngubah bentuknya, bukan cuma ngubah warna/ gambar kemasannya jadi bernuansa ramadhan. Ini untuk bikin kesan ‘unik’ dan ‘kekinian’ dari produknya, jadi lebih bisa menarik perhatian konsumen. 

Kalo kamu pemilik bisnis, ini adalah beberapa ide kemasan hampers ramadhan/ lebaran kekinian yang bisa kamu pakai di bisnis kamu:

  1. Nuansa warna hijau + font bertema ramadhan
    Perubahan paling simpel yang bisa kamu lakukan untuk produkmu adalah memberikan tambahan nuansa warna hijau pada kemasanmu, dengan pengubahan font bertema ramadhan. Dengan biaya yang cukup murah ditambah skill design kamu, kamu bisa membuat kemasan produk edisi ramadhan versi kamu sendiri. 

  2. Kemasan berbentuk ketupat
    Seperti yang udah pasti kamu tahu juga, ketupat itu identik banget sama ramadhan/ lebaran. Kalo kamu berjualan makanan, kamu mungkin bisa coba kemasan berbentuk jajargenjang dengan tambahan design menyerupai pola anyaman agar menyerupai ketupat.

  3. Kemasan bernuansa masjid
    Kebayang gak kalo produkmu dibuat hampers dalam kemasan menyerupai masjid? Ternyata ini bisa jadi ide hampers kekinian yang bisa kamu coba loh! Meskipun kemasanmu memiliki bentuk mainstream, kamu bisa menambahkan kemasan luar berupa bentuk masjid yang bikin produkmu jadi outstanding banget!

Dalam prosesnya, kemasan ramadhan ini biasanya tidak lagi menarik setelah lewat nuansa ramadhan/ lebaran. Oleh karena itu, untuk bisa memaksimalkan waktu produksi kemasan, teknik digital printing pada kemasan bisa jadi solusi buat kamu. Dengan menggunakan digital printing, kemasan dalam jumlah banyak bisa langsung tersedia dalam waktu yang relatif singkat. 

Kalo kamu butuh kemasan kekinian untuk produkmu, Supernova Digipack bisa banget jadi andalan kamu. Dengan menggunakan alat printing berteknologi baru, kamu gak perlu ragu sama kualitas digital printing yang dihasilkan Supernova Digipack. Kamu juga bisa konsul, untuk tahu kemasan kayak gimana yang cocok untuk produkmu! Keren kan? 

Cek disini buat lebih jelasnya!


Illustration from: Freepik, Pinterest, Tokopedia


Whatsapp