pilih kemasan
INGIN BERBISNIS FROZEN FOOD? BEGINI TIPSNYA AGAR CUAN!

Frozen food kini tengah menjadi primadona. Banyak usaha yang menggeluti bidang usaha ini. Selain karena jenis makanan frozen food yang banyak pilihannya, frozen food juga digemari oleh banyak orang sehingga memiliki peluang yang menjanjikan. Untuk menjalankan bisnis frozen food ini, kamu harus bisa menentukan jenis makanan frozen food yang ingin kamu jual.

Frozen food sendiri merupakan makanan yang dibekukan agar makanan tersebut lebih tahan lama. Jenis makanan frozen food yang beredar saat ini sudah sangat banyak, mulai dari chicken nugget, sosis, siomay, dimsum, pisang lumer, dan sebagainya. Kamu bisa memilih jenis makanan frozen food yang ingin kamu jual pada usaha yang kamu kelola.

Selain memilih jenis makanan frozen food yang ingin kamu jual, kamu pun harus bisa mengelola bisnis frozen food kamu dengan baik. Melihat banyaknya pengusaha yang menjalani bisnis ini, kamu harus bisa menonjolkan sesuatu dari usaha kamu agar tidak kalah saing dengan kompetitor lainnya.

Agar kamu bisa mengelola bisnis ini dengan baik, Supernova Digipack sudah merangkum beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar penjualan kamu meningkat, dan jenis makanan frozen food yang kamu jual digemari oleh banyak konsumen. Yuk simak tipsnya berikut ini!

Tips Menjalani Bisnis Frozen Food 

1. Tentukan jenis makanan frozen food yang ingin kamu jual

Hal pertama yang kamu perlu lakukan adalah menentukan jenis makanan frozen food yang akan kamu jual. Makanan ini bisa kamu sesuaikan dengan selera target konsumen.

Apabila target konsumen kamu adalah ibu-ibu, maka kamu bisa menjual jenis makanan frozen food seperti chicken nugget dan sosis, karena pastinya ibu-ibu akan memasak untuk keluarganya.

Sementara kalau target kamu adalah anak muda, kamu bisa memilih jenis makanan frozen food yang ringan seperti kebab, dimsum, dan kudapan ringan lainnya yang kekinian.

2. Perhitungkan modal dengan cermat

Setelah menentukan jenis makanan frozen food yang akan kamu jual, kamu harus memperhitungkan modal dengan cermat. Hal ini perlu dilakukan agar usaha kamu bisa mendapat keuntungan yang besar. Kalau kamu salah hitung, bisa-bisa kamu malah merugi. Pasti kamu nggak mau hal ini sampai terjadi kan?

Selain modal bahan untuk membuat jenis makanan frozen food, kamu juga harus memikirkan modal peralatannya. Karena dalam menjalankan usaha frozen food kamu membutuhkan freezer juga kemasan kedap udara agar produk kamu bisa terjaga kualitasnya dengan maksimal.

Kamu bisa melakukan perhitungan ini dengan mencatat setiap kebutuhan yang kamu perlukan untuk membuat jenis makanan frozen food. Jangan lupa untuk merinci setiap listnya agar perhitungan bisa dilakukan dengan cermat ya!

3. Lakukan metode pemasaran yang efektif

Di masa pandemi ini, pemasaran secara online dirasa lebih efektif dibandingkan dengan pemasaran offline, terlebih dengan adanya platform marketplace. Konsumen jadi lebih menyukai berbelanja melalui marketplace daripada harus datang ke toko langsung.

Melihat hal tersebut, kamu bisa menjual berbagai jenis makanan frozen food kamu melalui marketplace. Selain itu juga, penjualan di marketplace ini bisa didukung oleh kehadiran bisnis kamu di kanal media sosial.

4. Dapatkan lisensi legalitas produk

Ketika produk jenis makanan frozen food kamu sudah memiliki izin legalitas dari BPOM ataupun izin P-IRT, maka konsumen akan semakin percaya dengan bisnis kamu. Dengan adanya hal ini, konsumen pun akan lebih memilih produk kamu dibandingkan produk dari kompetitor lainnya.

5. Pelajari kompetitor

Sebelum kamu menjual jenis makanan frozen food yang telah kamu pilih, ada baiknya kalau kamu mempelajari beberapa hal dari kompetitor usaha. Kompetitor ini bisa kamu tentukan dari usaha lain yang menjalani bisnis serupa. Sebagai masukan untuk usaha.

6. Gunakan kemasan yang bisa menjaga kualitas produk

Kalau kamu sudah menentukan jenis makanan frozen food apa saja yang akan kamu jual, kamu juga harus menentukan kemasan yang bisa menjaga kualitas produk. Karena selain berfungsi untuk membungkus produk, kemasan pun berfungsi untuk menjaga kualitas produk kamu dengan baik.

Frozen food sendiri termasuk jenis produk yang harus diperlakukan secara spesial. Karena kalau kemasan kamu tidak bisa menjaga jenis makanan frozen food yang kamu jual, maka produk kamu tidak bisa bertahan lama.

Pilihan Kemasan Untuk Produk Frozen Food 

Pemilihan kemasan untuk jenis makanan frozen food yang hendak kamu jual sangatlah penting. Mengingat kemasan tersebut harus kedap udara agar bisa memperpanjang masa simpan produk. Untuk itu, kemasan vakum dirasa sangat cocok untuk jenis makanan frozen food. Kemasan vakum merupakan jenis kemasan yang dapat divakum, dalam artian dihilangkan udara dalam kemasannya, sebelum memasuki proses sealing dengan alat bernama “Vacuum Sealer”.

Proses vakum ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan udara dalam kemasan sehingga tekstur, rasa, dan kesegaran jenis makanan frozen food dapat terjaga dengan maksimal. Selain itu, penggunaan kemasan vakum ini juga bisa meningkatkan shelf life produk hingga 400%. Adapun yang dimaksud dengan shelf itu sendiri adalah estimasi waktu simpan produk, sebelum produk tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

Penggunaan kemasan vakum juga sangat cocok untuk berbagai jenis makanan frozen food karena memiliki keunggulan sebagai berikut:

1. Dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada produk

Karena telah dihilangkan udara dalam kemasannya, jenis makanan frozen food yang kamu jual pun tidak akan ditumbuhi oleh bakteri yang bisa memicu pembusukan. Oleh karenanya, kemasan vakum sangat baik untuk digunakan karena bisa menjaga kesegaran produk hingga sampai ke tangan konsumen.

2. Dapat mengunci kelembaban produk

Kemasan vakum yang telah di-seal dengan rapat bisa menjaga jenis makanan frozen food kamu tetap segar. Selain itu, kemasan vakum juga bisa meminimalisir adanya freezer burn pada produk frozen food. Freezer burn dapat menyebabkan jenis makanan frozen food kamu menjadi kering dan menimbulkan kristal es pada produk.

3. Tidak mudah rusak

Karena terbuat dari material yang tebal, kemasan vakum tidak mudah rusak sehingga bisa memberikan proteksi maksimal pada jenis makanan frozen food yang kamu jual. Selain itu, dengan bahan kemasan yang tebal proses pengiriman jenis makanan frozen food kamu pun bisa lebih aman. 

4. Kemasan memiliki kapasitas yang besar

Dengan sifatnya yang bisa dipadatkan, kemasan vakum bisa memuat isi yang banyak. Jadi kamu pengemasan jenis makanan frozen food yang kamu jual bisa lebih efisien dan tidak memakan banyak ruang. 

Supernova Digipack menyediakan berbagai jenis kemasan termasuk kemasan vacuum pack. Pembuatan kemasannya pun sudah terjamin food grade karena telah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga aman untuk digunakan sebagai pengemas jenis makanan frozen food yang kamu jual. Di samping itu, proses pencetakan kemasan di Supernova Digipack pun menggunakan tinta solventless yang sudah terjamin aman untuk diaplikasikan pada kemasan makanan.

Selain aman digunakan untuk mengemas jenis makanan frozen food kamu, Supernova Digipack pun menggunakan mesin cetak HP Indigo 20000 yang membuat seluruh kemasan tercetak dengan kualitas tinggi dan warna yang kontras. Penggunaan kemasan full print dan menarik ini bisa memikat konsumen sehingga tingkat penjualan jenis makanan frozen food kamu bisa lebih laku dibandingkan yang lainnya lho! Yuk segera pesan kemasan untuk mengemas jenis makanan frozen food yang kamu jual di Supernova Digipack!


Whatsapp