pilih kemasan
INILAH BISNIS MAKANAN RINGAN YANG RENYAH DARI MENGKREASIKAN UMBI-UMBIAN DAN BUAH!

Siapa yang tidak suka ngemil untuk menemani berkegiatan sehari-hari. Melakukan kegiatan produktif sambil menyantap makanan yang kamu suka tentu akan menambah semangat. Mulai dari rasa manis, asin, pedas, asam, hingga rasa yang unik membuat varian makanan ringan jadi sangat beragam untuk dibeli. Para penggiat bisnis makanan ringan kini banyak yang mulai melirik berbagai macam potensi yang bisa ditambahkan untuk produknya. Hal ini membuat bisnis makanan ringan pun banyak memunculkan inovasi bukan hanya dari rasa tetapi juga dari jenis bahan yang digunakan.

Perkembangan ide dalam sebuah bisnis sangat diperlukan, baik untuk bisnis apapun termasuk juga bisnis makanan ringan. Makanan ringan sangat mudah dinikmati, namun juga tidak menutup kemungkinan mudah juga terasa bosan dengan jenis makanan ringan yang itu-itu saja. Selama ini umbi-umbian menjadi bahan yang banyak digunakan menjadi makanan berat. Kelebihan umbi-umbian selain mudah diolah, bahan tersebut juga mudah untuk dikonsumsi untuk siapapun. Namun, lain hal dengan buah-buahan, lebih sering dikonsumsi langsung ataupun dibuat jus. Hal tersebut membuat buah masih minim bentuk pengolahannya untuk bisa dinikmati. Untuk itu, berikut bisnis makanan ringan yang bisa kamu buat dari umbi-umbian dan buah-buahan.

1. Keripik Singkong


Makanan ringan satu ini sudah melegenda untuk dijadikan bisnis makanan ringan. Pasalnya makanan ini sudah ada sejak dulu, bahkan terdapat lagunya. Singkong merupakan bahan yang mudah didapat serta diolah. Dari varian rasa, kamu bisa pilihan rasa asin, pedas, atau rasa bumbu lainnya seperti balado atau keju. Bisnis makanan ringan ini pun sudah punya pasar di marketplace seperti Tokopedia. Jadi ide keripik singkong ini bisa menjadi bisnis yang berpotensial.

2. Stik Talas


Jajanan satu ini menjadi khas makanan ringan daerah Pontianak yang berbahan dasar dari umbi talas. Pengolahan umbi talas adalah dengan digoreng dan diberi bumbu asin sehingga gurih. Makanan ini banyak diminati karena bentuknya yang berupa stik panjang dan mudah dinikmati dalam waktu singkat. Rasanya gurih serta renyah ini banyak disukai oleh pecinta makanan asin dan jadi bisnis makanan ringan yang menjanjikan. Stik talas ini tidak hanya bisa kamu jual untuk bisnis makanan ringan di in-house tetapi kamu bisa menarik para reseller-reseller untuk memperluas bisnis stik talas.

3. Keripik Kentang


Kentang yang diolah menjadi keripik memang sudah tidak asing. Banyak sekali jajanan produksi rumahan atau pabrik besar yang memproduksi makanan ringan ini. Namun, tidak sedikit yang lebih memilih produksi rumahan atau menengah karena lebih murah dan dengan ukuran makanan ringan yang beragam. Ketersediaan ukuran makanan ringan yang bermacam-macam atau yang bisa disesuaikan bisa menjadi keunggulan di kalangan bisnis makanan ringan. Kamu juga bisa kreasikan varian rasa dari keripik kentang mulai dari rasa ayam panggang, rumput laut, pedas, dan lainnya.

4. Keripik Ubi Ungu


Pasti bosan kan kalau cemilan yang dimakan hanya ada rasa asin saja. Makanan ringan keripik pun bisa dibuat manis, bahkan dengan bahan yang sudah membawa cita rasa manis seperti ubi ungu. Untuk berkiprah di bisnis makanan ringan memang perlu juga memproduksi makanan manis agar pilihan rasa beragam dan juga untuk konsumen yang lebih memilih rasa manis daripada asin atau pedas. Namun banyak juga yang berhati-hati pada penggunaan rasa manis buatan. Oleh karena itu, ubi ungu ini menjadi ide bisnis makanan ringan yang cocok tanpa perlu mengkhawatirkan bahan buatan yang bisa saja tidak perlu digunakan.

5. Keripik Buah Naga


Bagi yang pernah mencoba konsumsi naga mungkin sudah familiar dengan rasa daging buahnya yang kecut dan memiliki banyak biji. Sehingga dalam mengonsumsi buah naga lebih memilih diolah dalam bentuk jus dengan ditambahkan gula. Selain itu, yang menarik dari buah naga ini adalah kulit luarnya yang menyerupai sisik dan berwarna pink. Pernah terpikirkan untuk buat keripik dari kulit buah naga? Kini produk keripik kulit naga menjadi makanan ringan yang baru. Selain itu, makanan ringan ini jadi alternatif lain bagi kamu yang ingin menjual makanan ringan manis. Rasanya kecut manis dari vitamin C yang ada dalam buah naga ini bisa menjadi ide unik untuk bisnis makanan ringan kamu.

6. Keripik Buah Apel


Apel sebagai komoditas khas Kota Malang memang menjadi produk oleh-oleh yang wajib dibawa. Namun, kamu tidak perlu bosan dengar apel segar kalau kamu bisa membuat makanan ringan dari bahan tersebut dengan ide yang lain dari biasanya, yaitu keripik apel. Keripik apel ini bisa jadi unggulan lain untuk bisnis makanan ringan. Dengan perpaduan rasanya yang gurih dan manis ini jadi paket lengkap untuk bisnis yang bisa kamu buat. Selain itu, teksturnya yang krispi membuat makanan ringan ini tidak ribet untuk dibawa kemana saja.

7. Keripik Buah Salak


Buah salak mungkin menjadi buah yang tidak sering dikonsumsi setiap hari mengingat rasanya yang mungkin terlalu kecut sehingga sedikit yang menyukainya. Ada olahan lain agar kamu bisa memberikan pilihan cemilan untuk penikmat buah salak yaitu dengan membuat keripik buah salak. Setelah diolah menjadi keripik, buah salak ini menjadi peluang bisnis makanan ringan rasa manis yang bisa menarik konsumen-konsumen baru yang sebelumnya asing dengan buah salak

8. Keripik Buah Nangka


Jangan salah sangka dengan olahan makanan ringan satu ini, Keripik Buah Nangka ternyata produk yang banyak digemari dan menjadi bisnis makanan ringan yang laris. Buah nangka yang lebih sering digunakan sebagai elemen komposisi untuk minuman atau makanan penutup, kini bisa dinikmati dengan simpel. Sebagai penggiat bisnis, keripik nangka bisa jadi makanan ringan yang best seller untuk bisnis makanan ringan dan oleh-oleh. Rasanya yang manis dan warna kuning cerah pada keripiknya bisa jadi unggulan dalam sebuah bisnis.

Dari semua jenis makanan yang bisa kamu pilih untuk dijadikan sebagai bisnis makanan ringan, pada akhirnya memang keripik menjadi makanan yang mudah untuk dinikmati dimana dan kapan saja. Bukan hanya dari bentuknya yang tipis dan kering, tetapi keripik sangat mudah untuk dikemas sehingga pemilihan kemasan pun mendukung keunggulan tersebut. Kemasan untuk keripik pun bisa kamu pilih untuk berbagai ukuran. Konsumen nantinya akan memiliki banyak pilihan untuk menikmati makanan-makanan ringan yang tersedia. Kemasan yang kamu pilih menjadi detail penting dalam menjalankan bisnis, baik untuk menarik perhatian konsumen maupun menonjolkan ciri khas brand bisnis makanan ringan.

Selain itu, packaging yang baik dalam sebuah bisnis makanan ringan bisa mencirikan kredibilitas bisnis yang memperhatikan kualitas produk mulai dari kemasan luar, apalagi makanannya. Dari berbagai packaging yang bisa kamu pilih dari Digipack by Supernova, kamu bisa sesuaikan desain dan kebutuhan kamu dengan mencari spesifikasinya disini! Pastikan untuk selalu percayakan packaging pada Digipack by Supernova.