pilih kemasan
JANGAN SAMPAI SALAH! 3 CARA MEMBUAT DESAIN KEMASAN PRODUK  STANDING POUCH YANG MEMIKAT
: https://images.app.goo.gl/vVW6FdtkZBGAGLUA8

Standing pouch merupakan sebuah kantong atau pouch yang memiliki kemampuan untuk berdiri karena mempunyai dudukan di bagian bawahnya. Kemasan ini sudah ada sejak tahun 1968 dan terus mengalami evolusi dengan inovasi desain dan fitur yang terus berkembang. Kemasan ini bisa dipakai untuk berbagai macam produk mulai dari makanan, kesehatan, kecantikan, hingga makanan untuk hewan.

Saat ini, standing pouch sangat populer digunakan oleh berbagai bisnis. Jenis kemasan produk ini dapat dilengkapi dengan berbagai fitur seperti zipper lock, v-cut, serta window untuk membuatnya tampak lebih menarik dan nyaman digunakan. Selain itu, lapisan kemasan standing pouch juga bisa dikreasikan menggunakan desain buatan kamu sendiri untuk membuatnya tampak lebih memikat.

Kemasan standing pouch termasuk ke dalam salah satu jenis kemasan fleksibel, yaitu kemasan yang terdiri dari beberapa lapisan, yaitu:

1. Lapisan Muka

Merupakan lapisan paling depan pada kemasan. Ini adalah lapisan yang nantinya akan dicetak dengan desain buatanmu untuk membuat kemasan terlihat lebih menarik. Umumnya lapisan ini terbuat dari bahan plastik lentur seperti OPP, PET, atau nylon.

2. Lapisan Barrier

Selanjutnya di lapisan kedua ada lapisan barrier yang memiliki fungsi untuk menjaga kualitas produk. Biasanya lapisan ini dibuat dari bahan alumunium foil dan plastik metalized film. Lapisan ini memiliki ketahanan yang baik terhadap pengaruh oksigen, kelembaban, dan cahaya matahari sehingga bisa menjaga kualitas produk tetap baik hingga sampai ke tangan konsumen nanti.

3. Lapisan Seal

Lapisan ini memiliki peran sebagai segel kemasan. Ketika dipanaskan, kemasan akan menempel satu sama lain sehingga dapat tertutup dengan baik dan kedap udara. Penting diingat dalam proses pengemasan, segel memiliki peran yang sangat penting. Apabila kemasan kamu tidak tertutup dengan rapat, maka besar kemungkinan produk kamu akan berinteraksi dengan oksigen, kelembaban, atau cahaya matahari yang bisa menurunkan kualitasnya. Hal ini bisa merubah tekstur, rasa, bentuk, ataupun aroma dari produk yang kamu jual.

Ada banyak sekali bisnis yang menggunakan standing pouch untuk mengemas produk yang dijual. Hal ini tentunya membuat kamu harus memiliki sesuatu yang berbeda, agar produk kamu tampak lebih menonjol dibandingkan para kompetitor. Lalu bagaimana cara kamu melakukannya? Tentu saja dengan membuat desain kemasan produk yang memikat perhatian konsumen!

Desain Kemasan Standing Pouch yang Memikat

Pada dasarnya manusia memang merupakan makhluk visual, yang lebih tertarik dengan suatu penampilan dibandingkan dengan tulisan berupa teks. Selain itu, riset pun membuktikan bahwa sebanyak 81% konsumen melakukan pembelian produk karena tampilan kemasannya yang menarik. Oleh sebab itu, usahakan untuk membuat kemasan yang memiliki desain menarik.

Apabila kamu masih belum bisa menentukan desain seperti apa yang sebaiknya kamu terapkan pada kemasan, yuk simak 3 cara membuat desain kemasan produk yang bisa memikat perhatian konsumen berikut ini!

1. Buat desain sederhana namun memikat

Hal yang sederhana terkadang bisa jadi hal yang menarik perhatian. Salah satu cara membuat desain kemasan produk adalah dengan menggunakan desain sederhana. Ini berarti kamu bisa menggunakan satu sampai dua warna sesuai dengan identitas brand kamu. Selain itu, jangan gunakan elemen desain yang terlalu rumit agar kemasan kamu tetap terlihat aesthetic.

Kamu bisa menambahkan sedikit ilustrasi yang menggambarkan produk kamu agar konsumen bisa langsung mengetahui produk apa yang kamu jual. Misalnya kamu menjual teh, kamu bisa memakai gambar daun teh pada lapisan kemasan. Apabila kamu memiliki beberapa varian rasa, kamu bisa membedakannya dengan menggunakan warna yang berbeda namun masih satu tone dengan warna primer kemasan.

2. Biarkan konsumen melihat produkmu

Salah satu fitur menarik yang bisa kamu tambahkan pada standing pouch adalah window. Ini bisa menjadi salah satu cara membuat desain kemasan produk yang memikat. Fitur ini memungkinkan konsumen untuk melihat secara langsung isi produk tanpa perlu membuka kemasan terlebih dahulu.

Untuk membuatnya semakin menarik, kamu juga bisa mengkombinasikan peletakkan window dengan ilustrasi yang kamu buat. Misalnya untuk produk teh, kamu bisa memakai gambar cangkir, kemudian di atas cangkir tersebut kamu letakkan window. Sehingga konsumen akan melihat gambar daun teh di atas sebuah cangkir pada kemasan kamu. Menarik, bukan?

3. Gunakan elemen desain sesuai dengan identitas brand

Kemasan adalah representasi dari produk dan juga brand kamu. Oleh sebab itu, kemasan harus bisa mencerminkan isi produk juga karakteristik dari brand kamu seperti apa. Hal ini bisa kamu tunjukan dengan cara membuat desain kemasan produk yang ketiga yakni menggunakan elemen desain sesuai dengan identitas brand. Misalnya brand kamu memiliki karakter yang menonjolkan profesionalisme, maka kamu bisa menggunakan warna cenderung gelap seperti biru tua, ditambah dengan font serif. Cara membuat kemasan produk seperti ini bisa membuat kemasan kamu terlihat lebih menarik, dan membuat konsumen lebih mengenal brand kamu.

Selain memperhatikan identitas brand, pemilihan elemen ini pun tentunya harus disesuaikan dengan target konsumen kamu. Sebab untuk setiap target konsumen desain yang perlu kamu berbuat pastinya akan berbeda. Kalau target konsumen utama dari bisnis kamu adalah anak-anak, maka kamu bisa menggunakan warna yang cerah dan ceria seperti merah atau kuning, disertai dengan ilustrasi kartun yang menarik untuk mereka.

Supplier Cetak Kemasan untuk UMKM

Bagaimana? Sudah mulai terbayang mengenai cara membuat desain kemasan produk yang menarik itu seperti apa? Kalau sudah, ayo segera kirimkan desain kamu untuk dicetak pada lapisan kemasan di Supernova Digipack! Kami merupakan jasa cetak kemasan yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang pembuatan kemasan fleksibel.

Tidak hanya menyediakan kemasan jenis standing pouch, kami pun bisa mencetak kemasan fleksibel dalam bentuk central seal, three block seal, gusset, ataupun vacuum pack. Seluruh kemasan ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan harga yang ditawarkan tentunya sangat bersahabat.

Kami sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses produksi yang dimulai dari tahap printing, tahap laminasi, tahap slitting, hingga tahap bag making sudah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Jadi semua kemasan yang kami buat terjamin keamanan dan kehigienisannya.

Kami percaya bahwa desain kemasan merupakan salah satu aspek penting dalam perjalanan bisnismu. Agar bisa membuat desain kemasan yang menarik, kami menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, yang bisa menghasilkan kemasan berwarna sangat tajam, kontras, serta tidak mudah pudar. Hasil kemasan dijamin berkualitas tinggi setara dengan kelas industri. Jadi kamu tidak perlu takut lagi untuk bersaing dengan para kompetitor di luar sana.

Yuk segera percayakan kemasan kamu hanya di Supernova Digipack! Minimum Order Quantity (MOQ) yang kami tawarkan hanya 500 pcs* saja lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website Supernova Digipack di sini, ya!

*S&K berlaku


Whatsapp