pilih kemasan
KAMU PUNYA BISNIS? PERHATIKAN INI UNTUK MEMBUAT KONSUMENMU AMAN!
Illustration from: Pinterest

Sebagai pemilik bisnis, kamu sudah pasti ingin produkmu disukai sama konsumen kan? Udah pasti, semakin konsumen merasa suka kepada produkmu, semakin tinggi juga kemungkinan bisnismu akan berkembang secara lebih pesat. 


Buat bikin konsumen tertarik dan suka sama produkmu, kamu bukan cuma harus memperhatikan kualitas produk yang bagus dan kemasan yang menarik, tapi kamu juga harus memberikan rasa aman kepada konsumen. Caranya adalah dengan ngasih tanggal expired date atau best before di kemasan produkmu. Apa bedanya expired date dengan best before?


Kalo kamu lihat produk-produk di supermarket/ minimarket di lingkunganmu, kamu pasti sadar kalau ada tanggal yang tertulis di kemasan produknya. Untuk kemasan produk biasanya akan ada tulisan expired date atau ED di samping tanggal tersebut. Expired date atau yang biasa dikenal dengan tanggal kadaluarsa menandakan batas waktu terakhir produk tersebut aman untuk dikonsumsi. Sehingga, lewat dari tanggal tersebut, bisa jadi produk yang ada di dalam kemasan sudah tidak aman untuk dikonsumsi, bahkan bisa jadi berbahaya bagi keselamatan jiwa konsumen. 


Expired date berbeda dengan best before. Jika kamu kebetulan menemukan kemasan produk dengan tanda best before, maka menandakan kalo produk di dalam kemasan masih bisa dikonsumsi dengan aman, tapi secara kualitas dan mutu produk sudah menurun dibanding sebelumnya. Di Indonesia, best before sering juga ditulis dalam bentuk kalimat lain, seperti misalnya ‘baik digunakan sebelum…’. Kalau kamu menemukan produk dengan tulisan itu, artinya kamu gak perlu takut mengkonsumsi produknya meskipun sudah mendekati tanggal best before. Tapi, kamu harus siap-siap kalo produk yang kamu beli bakalan beda kualitasnya dengan yang belum lewat tanggal itu. 


Sebagai pemilik bisnis, kamu sebaiknya gak lupa untuk memberikan tanggal best before atau expired date di kemasan produk kamu ya! Tujuannya jelas, supaya konsumenmu ngerasa aman dan percaya dan produkmu ini dibuat dengan cara yang baik. Kalaupun kamu merasa kesulitan buat tau tanggal best before, setidaknya kamu tetep memberikan tanggal kadaluarsa atau expired date di kemasan produkmu.


Lalu, gimana cara buat tahu berapa lama produk kamu bertahan, sampai akhirnya kadaluarsa?


Cara paling sederhana untuk tahu tanggal kadaluarsa produkmu adalah dengan uji coba. Kamu bisa membuat produk, kemudian dimasukan ke dalam kemasan produk seperti biasa. Kemudian, simpan produk tersebut di tempat yang biasa kamu gunakan untuk menyimpan produk. Kamu cukup menunggu dan mengecek berkala, sampai berapa hari/minggu/bulan produk tersebut mulai memunculkan bau gak enak/ jamur/ bentuk lain yang menandakan kualitas produk sudah jelek dan tidak bisa dikonsumsi lagi. 


Untuk mengetahui kondisi produk ketika pengiriman jarak jauh, kamu juga bisa mencoba membungkus kemasan produkmu, seakan-akan kamu akan mengirim produkmu dalam jarak yang jauh. Kemudian kamu bisa cek berkala produkmu, untuk tahu berapa lama batas produkmu bisa dikirimkan ke tempat yang jauh.


Jadi, jangan lupa untuk tulis tanggal expired date atau best before di kemasan produk kamu ya!


Whatsapp