pilih kemasan
KEMASAN DOFF (MATTE) VS KEMASAN GLOSSY: PILIH YANG MANA UNTUK KEMASAN PRODUK?

Ketika memutuskan buat milih kemasan yang cocok untuk produkmu, kamu udah pasti tau bahwa kamu harus mempertimbangkan jenis kemasan, ukuran, juga desain dan warna kemasan. Buat kamu yang belum tahu, kamu bisa baca dulu beberapa artikel di bawah ini ya: 

Setelah kamu mempertimbangkan poin-poin di atas untuk kemasanmu, ada satu pertimbangan lagi yang bisa bikin kemasan produkmu tambah keren, dan bisa bantu branding produkmu, yaitu jenis finishing. Jenis finishing bisa menentukan looks dari kemasan produkmu secara keseluruhan, yang nantinya bisa banget ngasih kesan berbeda di kemasanmu, meskipun diprint dengan warna dan desain yang sama. Nah, secara umum ada dua jenis finishing kemasan yang umum kamu temui di banyak produk, yaitu doff dan glossy. Keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan, jadi kamu bisa pilih mana yang lebih cocok untuk produkmu nantinya.


  1. Kemasan Doff
  2. Kalo dilihat sekilas, kemasan doff atau biasa disebut kemasan matte bisa dibedain dengan gampang banget, karena warnanya yang cenderung pekat dan gak memantulkan cahaya. Kemasan doff membuat warna terkesan lebih padat, dan punya efek yang seakan-akan menyerap cahaya yang masuk. Selain itu, ketika kemasan ini disentuh, terasa tidak licin

    Kelebihan dari kemasan doff adalah untuk memberikan kesan eksklusif kepada produknya. Jadi, kalo produkmu memang ditargetkan bagi konsumen dengan tingkat ekonomi menengah ke atas, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tampilan doff di kemasanmu. 

    Di sisi yang lain, kekurangan dari kemasan doff adalah, kamu gak bisa berkreasi dengan warna dan design yang kompleks. Ini dikarenakan warna yang keluar di kemasan doff tidak bisa terlalu secerah seperti kemasan glossy


  3. Kemasan Glossy
  4. Berbeda dengan kemasan doff, kemasan glossy punya efek mengkilat yang bisa memberikan efek berbeda di kemasan kamu. Kalo diliat sekilas di tempat yang terang, kemasan glossy akan terlihat bisa memantulkan cahaya dengan baik. 

    Kelebihan dari kemasan yang menggunakan glossy adalah warna yang lebih ‘hidup’ di kemasan. Kalo kamu berpikir untuk menggunakan desain yang cukup kompleks dengan detail warna yang bisa merepresentasikan produkmu, kemasan jenis glossy ini adalah pilihan yang tepat buat kamu. Warna yang dihasilkan bisa sangat akurat, sesuai dengan apa yang sudah kamu siapkan saat proses mendesain.

    Kekurangan dari kemasan ini adalah, kurangnya rasa premium yang dirasakan oleh konsumenmu ketika melihat tampilan glossy pada kemasan. Hal ini karena kemasan glossy umumnya digunakan oleh kemasan produk-produk dengan harga lebih rendah di pasaran 


Buat kamu yang masih bingung finishing kemasan apa yang cocok buat produkmu, kamu bisa banget konsultasi dulu secara gratis ke Supernova Digipack loh! Bukan cuma di proses laminasi, bahkan kamu bisa konsultasi dari mulai jenis kemasan, bentuk kemasan, sampai bahan dan ukuran kemasan untuk produkmu nantinya.


Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di dunia kemasan, dan teknologi digital printing terbaru yang digunakan di sini, Digipack Supernova bisa jadi solusi buat bikin kemasan produk berskala kecil (UMKM), sampai perusahaan perusahaan besar!

Mulai rancang kemasan ideal versimu di sini!


Whatsapp