pilih kemasan
KEMASAN POUCH & GUSSET: MANA YANG COCOK UNTUK KEMASAN KOPI?

Dalam 10 tahun terakhir ini, kopi udah jadi komoditi yang ketenarannya melesat, terutama di kalangan anak muda. Hampir semua aspek dari kopi, terbukti bisa menguntungkan si pemilik bisnisnya, mulai dari penjualan tanaman kopi, biji kopi mentah, biji kopi roasted, kopi bubuk, hingga minuman kopi beraneka macam rasa yang bisa kamu temuin di kedai kopi yang ada di hampir semua sudut kota.


Kalo ngomongin soal bisnis kopi, yang sekarang menjamur bukan cuma bisnis coffee shop nya, tapi juga bisnis kopi bubuk kemasan buat disupplai ke coffee shop. Gimana enggak, dengan banyaknya peminat kopi yang katanya anak senja, coffee shop otomatis butuh supplai bubuk kopi yang cukup banyak. Jadilah banyak orang yang akhirnya memilih untuk bisnis bubuk kopi, dibandingkan dengan bikin coffee shop. 


Buat kamu yang pernah tahu produk kopi bubuk, ada 2 jenis packaging kopi bubuk yang biasanya umum dipakai yaitu kemasan gusset dan ada kemasan pouch

Jadi, kemasan pouch dan kemasan gusset punya kelebihannya masing masing. Meskipun sekilas kelihatan sama, dan dua duanya bisa dipasang degassing valve (cek artikel ini kalo mau tau soal degassing valve ya!) yang bisa bikin aroma kopinya tetep terjaga, tapi dua jenis packaging kopi bubuk ini punya kelebihan dan kekurangannya masing masing loh ternyata. 


Untuk kemasan pouch, kelebihannya adalah kemasan ini baik dari sisi penampilan kalo kamu mau pajang produkmu. Ini karena kemasan pouch bisa disusun berdiri tegak, jadi konsumen bener-bener bisa liat kemasan produkmu secara lebih jelas. Apalagi, kalo ternyata kamu punya variasi warna dan desain berbeda buat tiap varian kemasan kopi. Itu bakalan bikin konsumen tertarik banget pas pertama kali liat varian kemasan produkmu yang beraneka warna dan desain untuk setiap varian produknya.


Bedanya dengan kemasan gusset, kemasan ini bisa kamu susun berdiri namun tidak semudah kemasan pouch. Sehingga, secara tampilan, kemasan jenis pouch lebih menarik dibandingkan kemasan gusset ketika disusun berdiri. Tapi, kelebihan dari kemasan gusset adalah kemasan ini bisa memaksimalkan ruang untuk produkmu, apalagi kalo produkmu adalah kopi bubuk yang bisa menyesuaikan dengan bentuk kemasan. Untuk gramasi (berat) produk yang sama, gusset bakalan punya ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kemasan pouch. Hal ini karena gusset bisa memaksimalkan ruang di dalam bagian kemasannya, sehingga produk bubuk kopi bisa mengisi penuh kemasan.


Buat kamu yang masih bingung mau pilih kemasan pouch atau gusset, dan mau cari perbandingan lain dari segi biaya, desain, hingga ukuran yang pas buat kemasannya nanti, kamu bisa langsung aja hubungin tim Supernova Digipack ya!

Kamu bakalan langsung bisa konsultasi sama para professional di Supernova Digipack, yang udah punya pengalaman selama 30 tahun di industri packaging. Buat harganya, kamu gak perlu khawatir karena Supernova Digipack ngerti banget soal kebutuhan kamu sebagai para pemilik UMKM.

Hubungi tim Superova Digipack disini!


Whatsapp