pilih kemasan
KENALI 5 MANFAAT KEMASAN UNTUK PENGELOLAAN BISNIS UMKM

Apabila kamu datang ke warung, minimarket atau supermarket, apakah kamu mengetahui ada berapa jenis produk yang dipajang di etalase? Tentu terlalu banyak untuk dihitung bukan? Lalu, bagaimana kamu dapat membedakan produk-produk sejenis? Tentu dari kemasannya bukan? Kemasan produk apapun itu, apakah itu kemasan makanan, kemasan kosmetik, kemasan barang elektronik ataupun kemasan pakaian, pastilah memiliki manfaat mengapa kemasan tersebut digunakan. Dan salah satu manfaat kemasan adalah menjadi ciri khas dari suatu produk, disamping tugas utamanya sebagai pelindung produk terhadap faktor eksternal yang dapat merusak produk. Itulah mengapa kemasan sangat bermanfaat pada bisnis UMKM. Karena untuk mengenalkan produk yang belum terlalu dikenal, dibutuhkan sesuatu yang dapat menarik minat konsumen. Salah satunya adalah dengan menggunakan kemasan unik dan menarik.

Penggunaan kemasan pun sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi pelaku UMKM saja. Namun, juga dari sisi konsumen. Bagi pelaku UMKM, manfaat kemasan yang didapatkan tentu saja sebagai media pemasaran untuk menarik pelanggan dan juga menjadi media komunikasi dengan memberikan informasi sejelas mungkin pada kemasan tersebut. Sedangkan bagi konsumen, kemasan adalah sesuatu yang dapat menjadi bahan pertimbangan ketika hendak membeli sesuatu.

Nah, berikut ini merupakan penjelasan lebih rinci mengenai manfaat kemasan bagi pengelolaan bisnis UMKM:

1. Memberikan perlindungan kepada produk

Manfaat kemasan yang utama adalah untuk melindungi produk dari segala kerusakan yang dapat terjadi selama pendistribusian, pengelolaan produk dan juga penyimpanan produk yang diakibatkan oleh faktor eksternal. Kemasan melindungi produk dari kelembaban, cahaya, panas dan faktor eksternal lainnya. Kemasan membantu produk terjaga selama proses perpindahan produk berlangsung, mulai dari tangan produsen hingga sampai ke tangan konsumen. Memberikan perlindungan kepada produk adalah tujuan terpenting dari sebuah kemasan. Karena itu, tidak jarang dengan kemasan dibuat dengan sedemikian rupa, berlapis-lapis atau bahkan lebih banyak daripada produk sebenarnya untuk tujuan melindungi produk.  

2. Menyajikan informasi penting

Selain memberikan perlindungan dari faktor eksternal, manfaat kemasan yang tak kalah memiliki peran penting adalah menyajikan informasi-informasi penting mengenai produk yang membuat konsumen lebih aman dan nyaman ketika hendak membeli produk tersebut. Kemasan harus berisi informasi penting tentang produk dan keamanannya. Misalnya, untuk produk makanan tanggal pengemasan, tanggal expired dan daftar bahan yang digunakan harus terlihat jelas pada kemasannya. Semua informasi ini menambah keamanan produk bagi konsumen. Terlalu banyak informasi selalu lebih baik daripada tidak ada informasi sama sekali bukan?

3. Menjadi daya tarik

Kemasan menjadi bagian penting dari merek produk dan pemasaran. Kemasan yang unik dapat meningkatkan daya tarik produk sehingga mempengaruhi keinginan calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Manfaat kemasan sama pentingnya dengan produk itu sendiri. Tujuan dari kemasan ini adalah menonjolkan produk dari produk lainnya yang ada di etalase atau pada toko online dan meningkatkan penjualan produk dengan menarik minat konsumen. Banyak riset yang telah dilakukan mengatakan bahwa kemasan berpengaruh pada keputusan pembelian mereka. Kemasan juga dapat menceritakan keseluruhan cerita tentang bisnis di balik produk dan dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi produk. Ini adalah alat untuk mengkomunikasikan nilai-nilai perusahaan dan manfaat besar yang diberikan produk kepada konsumen.

4. Menjaga produk tetap segar lebih lama

Banyak produk makanan, mulai dari makanan segar, kue kering hingga makanan beku, tetap segar saat disegel dalam kemasan. Hal ini membuat produk makanan tersebut dapat terjaga kualitasnya selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Itu lah salah satu dari manfaat kemasan yaitu menjaga produk agar dapat bertahan lebih lama. Beberapa cara terbaik untuk menjaga produk tahan lebih lama adalah dengan proses pemberian nitrogen ke dalam kemasan dan dikembungkan seperti pada kemasan makanan ringan serta proses vacuum yang kerap dilakukan pada produk makanan frozen. 

5. Identitas merek

Manfaat kemasan selanjutnya ialah memberikan identitas brand untuk membangun citra kamu di mata para konsumen. Kemasan yang baik harus memperjelas brand yang kamu miliki. Meskipun kemasan bertanggung jawab atas kesan pertama produk kamu, kemasan juga perlu secara konsisten mencerminkan identitas brand. Dengan menyuguhkan kemasan yang unik dan mudah dikenal, tentunya akan memberikan kesan tersendiri pada benak konsumen. Sehingga, brand dan produk kamu dapat diingat dan dikenali oleh mereka. Lalu, akan mendorong loyalitas konsumen terhadap brand kamu, sehingga bisa meningkatkan penjualan dalam jangka panjang. 

Itu dia beberapa manfaat kemasan yang bisa didapatkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kemasan saat ini berperan sebagai salah satu tools of marketing atau sebagai salah satu dari alat pemasaran yang cukup efektif. Kemasan dianggap sebagai kanvas kreatif pemasaran. Ini adalah permukaan yang ideal untuk menempatkan pesan pemasaran yang mendorong pembelian, informasi tentang apa yang ada di dalamnya, dan pengenalan mengenai produk UMKM yang akan dipasarkan. Maka dari itu, pelaku UMKM harus dapat memilih kemasan yang tepat untuk produk UMKM nya. Pelaku UMKM pasti memiliki pilihan yang sulit untuk memilih bahan, jenis, dan desain dari kemasannya. Namun, kami memberikan solusi terbaik untuk para pelaku UMKM yaitu dengan memesan kemasan untuk produk UMKM kamu di Supernova Digipack.

Supernova Digipack merupakan produsen packaging berpengalam yang merupakan bagian dari PT Supernova Flexible Packaging yang telah berkecimpung di ranahan produksi flexible packaging selama lebih dari 30 tahun lamanya. Supernova Digipack menggunakan teknologi tinggi berupa printer HP Indigo 20000 yang dapat mencetak packaging dengan kualitas terbaik dan juga teknologi laminasi serta bag making yang sangat mumpuni dan terbaik di kelasnya. Dengan teknologi yang digunakan, Supernova Digipack yakin dapat memberikan manfaat kemasan yang sebelumnya telah disebutkan pada produk UMKM kamu. Supernova Digipack memiliki berbagai jenis kemasan yang dapat kamu pilih sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, seperti:

1. Central Seal

Kemasan central seal dapat dikembungan dengan mengisikan nitrogen ke dalam kemasan. Sehingga, manfaat kemasan untuk melindungi produk makanan di dalamnya agar tidak hancur atau berubah bentuk dapat terpenuhi dengan kemasan central seal.

2. Standing Pouch

Seperti namanya, standing pouch, kemasan makanan ini dapat berdiri karena memiliki dudukan dibagian bawahnya. Standing pouch memiliki sifat yang fleksibel dan higienis karena dilengkapi dengan zipper lock. Kemasan ini pun memenuhi manfaat kemasan sebagai daya tarik karena memiliki bentuk yang unik

3. Vacuum Pack

Berbanding terbalik dengan kemasan central seal, kemasan vakum diproses dengan menghilangkan oksigen di seluruh kemasan. Tujuan menghilangkan kadar oksigen tersebut agar mikroorganisme tidak cepat berkembang sehingga manfaat kemasan untuk menjaga keawetan dan kualitas produk yang membutuhkan penyimpanan yang lama terpenuhi.

4. Gusset

Kemasan gusset dapat menggunakan bahan aluminium foil yang tahan terhadap udara, kelembapan, dan sinar matahari. Hal ini membuat kemasan gusset dapat digunakan sebagai kemasan makanan yang membutuhkan jangka simpan yang cukup lama. Sehinga, manfaat kemasan untuk membuat produk tahan lama dapat terpenuhi dengan kemasan jenis gusset.

5. Three Block Seal

Seperti namanya, kemasan three block seal telah di-seal di ketiga sisinya yaitu sisi kanan, kiri dan bawah. Sehingga, kamu dapat memasukan produk kamu melalui bagian atas kemasan dan kembali di seal agar tertutup rapat. Kemasan three block seal dapat menjadi pilihan kamu untuk mendapatkan manfaat kemasan yang sebelumnya telah disebutkan. 

Yuk pesan kemasan yang kamu butuhkan hanya di Supernova Digipack! Dengan harga yang bersahabat, MOQ yang dibutuhkan hanya 500 pcs saja lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website SupernovaDigipack, ya!


Whatsapp