pilih kemasan
KENALI KEUNGGULAN KEMASAN FROZEN FOOD UNIK, BISA BIKIN KONSUMEN TERTARIK!
https://images.app.goo.gl/PLC8Judm1MfrYV7x6

Saat ini, ada banyak sekali pengusaha yang bergerak di bidang frozen food. Makanan cepat saji ini tengah populer di kalangan masyarakat, khususnya untuk konsumen yang memiliki aktivitas padat. Ada banyak sekali jenis makanan beku yang bisa kamu coba mulai dari sosis, nugget, donat, bakpau, dimsum, pizza, pisang coklat, lumpia udang, kebab, dan sebagainya.

Adapun yang dimaksud dengan frozen food itu sendiri adalah jenis makanan yang telah melalui proses pengolahan setengah matang kemudian dikemas dan dibekukan. Jenis makanan ini tidak mudah basi apabila disimpan dalam suhu dingin atau keadaan beku. Nantinya makanan beku ini akan diolah kembali oleh konsumen dengan cara dipanaskan, digoreng, dibakar, ataupun dikukus sesuai dengan saran penyajian yang dianjurkan.

Bisnis frozen food menjadi salah satu peluang usaha yang bisa kamu coba. Kamu bisa meraup banyak keuntungan dengan menjual makanan beku kepada para konsumen. Terlebih di masa pandemi seperti ini dimana konsumen lebih memilih untuk membeli makanan siap saji sebagai stok agar bisa disimpan dalam jangka waktu lama dan mudah untuk mengolahnya.

Dalam menjalani usaha frozen food, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan termasuk pemilihan kemasan. Kamu bisa menggunakan jenis kemasan vacuum pack untuk memberikan proteksi maksimal pada isi produk. Kemasan frozen food ini biasanya dibuat dari bahan plastik food grade yang memiliki ketahanan baik dan kuat. Kamu memang memerlukan bahan yang kuat agar tidak mudah rusak ketika disegel menggunakan alat bernama Vacuum Sealer.

Pemilihan kemasan jenis ini bukan tanpa alasan. Penggunaan setiap kemasan harus disesuaikan dengan jenis isi produk yang dikemasnya. Untuk frozen food sendiri, kemasan yang paling cocok dan bisa memberikan perlindungan terbaik adalah vacuum pack. Ada keunggulan yang dimiliki oleh kemasan vacuum pack dibandingkan jenis kemasan lainnya, seperti:

1. Memperpanjang umur simpan produk

Oksigen merupakan salah satu faktor yang harus dihindari oleh makanan beku. Hal ini dikarenakan oksigen dapat menyebabkan makanan rentan ditumbuhi bakteri dan juga rentan terhadap oksidasi. Kemasan frozen food unik berbentuk vacuum pack memiliki peran untuk mencegah terjadinya hal tersebut. Dengan melalui proses vakum, yaitu penyedotan udara di dalam kemasan sampai habis, produk kamu tidak akan terpengaruh oleh oksigen dan menjadi lebih awet.

2. Menjaga kehigienisan produk

Kemasan frozen food unik yang kamu gunakan akan disegel menggunakan Vacuum Sealer yang akan merekatkan lapisan-lapisan kemasan. Dengan proses ini, kemasan kamu akan tertutup rapat sehingga bisa mencegah masuknya udara ke dalam kemasan, ataupun mikroorganisme lain yang nantinya bisa membuat produk terkontaminasi. Jadi produk kamu bisa segar dan tetap higienis ketika sampai di tangan konsumen.

3. Tahan terhadap suhu dingin

Frozen food merupakan jenis makanan yang harus disimpan dalam suhu dingin dan dalam keadaan beku. Oleh karenanya, produk ini memerlukan jenis kemasan yang memiliki ketahanan terhadap suhu dingin. Kemasan frozen food unik dibuat dari bahan plastik yang kuat dan tentunya tahan terhadap suhu dingin. Apabila kamu menggunakan jenis kemasan lain yang tidak tahan ketika disimpan dalam suhu dingin, maka kemasan tersebut rentan mengalami kerusakan dan bisa berpengaruh pada kualitas frozen food. Pasti kamu tidak mau hal ini terjadi, kan?

Dalam menentukan kemasan frozen food unik, tidak cukup hanya melihat dari kualitas bahannya saja. Kemasan merupakan salah satu alat branding yang bisa membuat konsumen ingin membeli produk kamu. Maka dari itu kamu perlu menggunakan kemasan frozen food yang dicetak full print agar tampak lebih menarik. Apabila kamu membuat custom kemasan frozen food unik, kamu bisa memperkenalkan brand kamu dengan cara menuliskan informasi mengenai brand. Kamu juga bisa menggunakan warna dan font yang mencerminkan brand kamu sehingga konsumen akan lebih aware dan mengenal kamu lebih baik.

Selain kemasan, ada juga beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bisnis frozen food kamu berjalan dengan lancar. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk coba simak paparan berikut ini!

1. Tentukan jenis frozen food

Ada banyak sekali jenis frozen food yang beredar di pasaran saat ini. Kamu harus bisa menentukan jenis frozen food apa yang hendak kamu jual. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengetahui target konsumen utama kamu itu siapa. Sebab beda konsumen, beda juga produk yang dijual. Apabila target kamu adalah ibu-ibu, maka kamu bisa menjual produk frozen food yang nantinya bisa digunakan sebagai "teman makan" seperti nugget, sosis, dan sebagainya. Sementara apabila target konsumen utama kamu adalah remaja, kamu bisa menjual produk frozen food yang bisa mereka konsumsi untuk cemilan seperti kebab, dimsum, dan makanan ringan lainnya.

2. Lakukan perhitungan modal dengan rinci

Hitung modal yang kamu butuhkan untuk menjalani bisnis frozen food dengan cermat. Hal ini perlu dilakukan agar bisnismu mendapat keuntungan besar. Modal yang perlu kamu hitung mencakup bahan pembuatan frozen food, peralatan yang digunakan, serta kemasan yang kamu pakai. Usahakan untuk menuliskan setiap kebutuhan secara rinci agar kamu bisa menghitung segala kebutuhan dengan detail.

3. Rencanakan strategi pemasaran

Kamu perlu mempertimbangkan strategi pemasaran seperti apa yang akan kamu terapkan, apakah online ataupun offline. Kedua jenis strategi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan yang nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu. Apabila kamu berencana untuk melakukan pemasaran secara offline, maka kamu harus memiliki toko terlebih dahulu dan juga membeli berbagai perlengkapan seperti kulkas. Namun kalau kamu ingin melakukan pemasaran secara online, kamu harus mempersiapkan marketplace sebagai media penjualan, juga menjalankan iklan secara online agar konsumen mengetahui kehadiran bisnismu.

4. Urus perizinan legalitas ke BPOM

Ketika bisnis kamu sudah mempunyai izin legalitas, konsumen pastinya akan lebih percaya dengan brand kamu. Dengan memiliki izin edar BPOM, produkmu bisa dijual dalam pasar yang lebih luas dan dapat bersaing dengan produk industri lainnya.

Supernova Digipack bisa menjadi solusi untuk mencetak kemasan frozen food unik kamu. Kami merupakan jasa cetak kemasan yang sudah berkecimpung dalam bidang pembuatan kemasan fleksibel selama lebih dari 30 tahun. Dengan pengalaman ini, kami sudah memiliki kredibilitas untuk membuat kemasan vacuum berkualitas tinggi setara dengan kelas industri.

Kami pun menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000 untuk mencetak kemasan frozen food unik kamu, sehingga design yang telah kamu buat bisa tercetak dengan sempurna tanpa berkurang kualitasnya. Warna yang dihasilkan sangat tajam, kontras, serta pastinya tidak mudah luntur. Kemasan frozen food unik kamu dijamin bisa tampak lebih amazing dan membuat konsumen menginginkan produk kamu!

Bagaimana? Sudah siap untuk mempercayakan kemasan frozen food unik kamu pada kami? Yuk langsung kunjungi website Supernova Digipack untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan! Minimal order hanya 500 pcs* saja lho!

*S&K berlaku


Whatsapp