pilih kemasan
KETAHUI MACAM MACAM PLASTIK KEMASAN UNTUK PRODUK USAHA UMKM
Source: https://images.app.goo.gl/jNV55f9opXT2EjN2A

Di tengah pandemi Covid-19, salah satu sektor yang sangat terdampak adalah sektor usaha mikro dan kecil menengah atau UMKM. Banyak para pelaku UMKM yang harus merelakan turun omset atau bahkan sampai gulung tikar karena kondisi tersebut. Hal yang dapat dilakukan para pelaku UMKM untuk dapat terus bertahan pada industri bisnis di tengah situasi seperti saat ini adalah dengan melakukan inovasi. Para pelaku UMKM dapat melakukan inovasi pada sisi manapun dalam usahanya, salah satunya adalah pada sisi kemasan produk. Kemasan merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah produk. Kemasan dapat menjadi poin utama yang menjadi alasan konsumen membeli sebuah produk. Maka dari itu, kemasan yang digunakan tidak boleh sembarangan. Para pelaku usaha UMKM harus dapat memilih kemasan yang tepat dari berbagai macam-macam plastik kemasan yang ada.

Mengapa kemasan berbahan plastik? Secara umum, plastik bersifat fleksibel sehingga dapat menghasilkan macam-macam plastik kemasan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku usaha UMKM. Kemasan plastik pun dikenal dengan kehigienisannya. Terdapat banyak jenis bahan material plastik yang aman digunakan untuk berbagai produk, bahkan produk makanan sekalipun. Kemasan plastik pun memiliki fungsi sebagai pelindung produk yang ada di dalamnya. Dengan menggunakan plastik kemasan, pelaku usaha UMKM bisa memberikan proteksi maksimal pada produknya, karena bahan plastik memiliki ketahanan terhadap udara juga sinar cahaya matahari langsung. Selain bersifat kuat dan lentur, plastik kemasan pun memiliki bobot yang ringan apabila dibandingkan dengan jenis kemasan lain seperti kaleng ataupun botol kaca. Tentunya hal ini bisa membantu pelaku usaha UMKM karena biaya pengiriman akan lebih murah, sehingga pelaku usaha UMKM bisa menghemat budget produksi dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Ada banyak macam-macam plastik kemasan yang dapat para pelaku usaha UMKM pilih guna produknya. Sebelum mengetahui berbagai macam-macam plastik kemasan tersebut, yang pertama perlu diketahui adalah bahan-bahan plastik yang dapat dan baik digunakan sebagai bahan dasar kemasan produk UMKM yang telah kami rangkum, yaitu:

1. High Density Polyethylene (HDPE)

HDPE adalah jenis plastik yang paling banyak digunakan sebagai bahan dasar macam-macam plastik kemasan. HDPE banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis kemasan botol dan wadah. Kemasan dengan bahan HDPE memiliki ketahanan kimia yang baik, ia digunakan untuk mengemas banyak bahan kimia rumah tangga dan industri seperti deterjen dan pemutih. Selain itu, bahan plastik HDPE pun lebih tough dibandingkan dengan bahan lainnya serta memiliki impact strength (kekuatan dampak hentakan) yang baik. Kemasan dengan plastik HDPE biasa digunakan sebagai kemasan botol susu, air, jus, kosmetik, sampo, sabun cuci piring dan baju, tas belanja dan juga liner kotak sereal.

2. Low Density Polyethylene (LDPE)

LDPE memiliki sifat yang kuat dan ringan, bahan ini tidak akan mudah rusak sehingga macam-macam plastik kemasan dengan bahan dasar LDPE bisa memberikan proteksi yang baik untuk berbagai produk UMKM. Plastik kemasan dengan LDPE memiliki fleksibilitas yang baik, dan cukup tahan terhadap panas. Kemasan dengan LDPE biasanya digunakan sebagai tas untuk dry cleaning, pembungkus roti, kemasan makanan beku, kemasan produk segar, pelapis untuk karton susu, serta tutup wadah.

3. Polyethylene Terephthalate (PET)

Salah satu bahan plastik yang kerap dijadikan bahan dasar macam-macam plastik kemasan adalah lastik polyethylene terephthalate (PET). Bahan ini memiliki keunggulan dibanding bahan lainnya, seperti sifatnya yang kuat dan ringan sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan bahan dasar kemasan berbagai produk. Di samping itu, bahan plastik PET pun memiliki ketahanan yang baik terhadap kandungan gas oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2). Plastik PET bisa dikombinasikan dengan bahan plastik lain untuk memperluas aplikasinya seperti meningkatkan proteksi terhadap oksigen dan kelembapan. PET biasa digunakan sebagai lapisan cetak pada kemasan fleksibel dan banyak digunakan dalam berbagai aplikasi produk.

4. Polypropylene (PP)

Bahan PP banyak digunakan dalam macam-macam plastik kemasan. Tidak seperti plastik PET, plastik PP memiliki kemampuan tahan terhadap panas dan telah terbukti tidak menghadirkan zat kimia berbahaya apabila digunakan oleh produk dengan suhu tinggi. Maka dari itu, plastik PP banyak digunakan sebagai kemasan untuk makanan take away atau delivery. Plastik kemasan berbahan PP juga biasa digunakan untuk wadah untuk yogurt, margarin, botol obat, tutup botol, botol saus dan sirup.

Itu dia beberapa jenis plastik yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan macam-macam plastik kemasan. Nah, berikut ini merupakan beberapa jenis plastik kemasan yang dapat pelaku usaha UMKM pilih sebagai kemasan untuk produk UMKM mereka:

1. Kemasan Central Seal

Salah satu jenis dari macam-macam plastik kemasan ini merupakan salah satu plastik kemasan yang paling banyak digunakan untuk berbagai macam jenis produk UMKM. Kemasan central seal adalah kemasan dengan segel di bagian atas, tengah, dan bawah, sehingga membentuk suatu bantal. Segelnya yang begitu rapat dan kuat menjadikan kemasan central seal cocok digunakan untuk berbagai jenis kemasan makanan ringan, roti, hingga produk berbentuk bubuk. Selain itu, kemasan central seal sangat mudah dibuka dan bisa diaplikasikan design sesuai keinginan dan kebutuhan promosi produk-produk UMKM.

2. Kemasan Standing Pouch

Kemasan standing pouch merupakan salah satu dari macam-macam plastik kemasan yang cukup populer. Kemasan standing pouch adalah kemasan yang bisa berdiri dan berbentuk seperti kantung. Kemasan standing pouch dilengkapi dengan zipper lock yang bisa dibuka dan ditutup kembali. Kemasan ini dapat menjaga produk yang ada di dalamnya secara lebih maksimal karena memiliki bahan plastik yang kuat, anti lecet, dan tahan benturan sehingga produk aman dari kebocoran.

3. Kemasan Gusset

Kemasan gusset merupakan salah satu dari banyaknya macam-macam plastik kemasan yang telah digunakan sejak dahulu. Kemasan Gusset dapat menggunakan bahan aluminium foil yang tahan terhadap udara, kelembapan,

dan sinar matahari. Kemasan gusset adalah kemasan dengan lipatan di bagian sisinya yang akan menggembung ketika diisi produk. Kemasan ini akan membuat isi produk lebih efisien dan memperkecil ruang dalam storage. Kemasan Gusset sering kali digunakan sebagai kemasan untuk produk biji kopi, teh, dan lain-lain.

4. Kemasan Vacuum Pack

Pilihan lainnya dari macam-macam plastik kemasan adalah kemasan vacuum pack. Jenis kemasan ini merupakan kemasan yang paling cocok digunakan untuk produk beku atau frozen food. Kemasan ini mampu menjaga kualitas makanan segar agar lebih tahan lama dan tidak terpengaruh udara luar. Kemasan vakum diproses dengan menghilangkan oksigen di seluruh kemasan. Tujuan menghilangkan kadar oksigen tersebut agar mikroorganisme tidak cepat berkembang sehingga dapat menjaga keawetan dan kualitas produk yang membutuhkan penyimpanan yang lama.

5. Kemasan Three Block Seal

Kemasan three block seal merupakan kemasan yang dapat kamu pilih dari sekian banyak macam-macam plastik kemasan, apabila membutuhkan kemasan untuk porsi kecil atau sachet. Seperti namanya, kemasan three block seal telah di seal di ketiga sisinya yaitu sisi kanan, kiri dan bawah. Sehingga, produk dapat dimasukan ke dalam kemasan melalui bagian atas kemasan dan kembali di seal agar tertutup rapat. Keunggulan kemasan ini ialah ukurannya yang cukup compact sehingga mudah dibawa kemana pun. Kemasan block seal kerap digunakan sebagai kemasan saus sachet, kecap sachet, dan kemasan sachet lainnya.

Nah, itu dia berbagai macam-macam plastik kemasan yang dapat dipilih sebagai kemasan produk UMKM. Untuk memenuhi kebutuhan plastik kemasan, percayakanlah pada Supernova Digipack yang telah berpengalaman selama 30 tahun lamanya di industri kemasan. Supernova Digipack merupakan jasa cetak kemasan yang menggunakan teknologi canggih HP Indigo 20000 yang dapat memberikan cetakan kemasan dengan kualitas terbaik dan juga proses produksi yang cepat. Yuk pesan kemasan untuk produk UMKM yang dibutuhkan hanya di Supernova Digipack! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website Supernova Digipack, ya!


Whatsapp