pilih kemasan
MANFAAT PEMAKAIAN KEMASAN SEKUNDER ADALAH 3 HAL BERIKUT

Kemasan merupakan aspek yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan bisnis. Entah itu bisnis makanan, kesehatan, pakaian, dan sebagainya. Namun tahukah kamu? Ternyata kemasan itu memiliki tiga kategori yang berbeda, lho! Apabila dilihat dari fungsi dan kegunaannya, kemasan terbagi menjadi kemasan primer, kemasan sekunder, dan kemasan tersier.

Ketiga jenis kemasan tersebut memiliki tujuan tertentu agar produk sampai ke tangan konsumen dengan aman dan efisien. Secara garis besar, kemasan primer merupakan kemasan yang langsung membungkus produk. Lalu kemasan sekunder adalah kemasan luar dari kemasan primer yang mengelompokkan kemasan. Serta kemasan tersier biasanya digunakan untuk penanganan massal, penyimpanan, dan mempermudah proses distribusi.

Di artikel kali ini kami hanya akan memfokuskan pembahasan pada kemasan sekunder, bukan kemasan primer ataupun kemasan tersier. Hal ini meliputi manfaat kemasan sekunder adalah apa saja, serta contoh penggunaannya untuk bisnis yang kamu jalani.

Pengertian Kemasan Sekunder

Lalu sebenarnya, seperti apa sih bentuk dari kemasan sekunder itu? Umumnya, bahan untuk membuat kemasan sekunder adalah plastik, shrink film, ataupun karton corrugated. Hal ini membuat kemasan sekunder memiliki dua tipe yaitu kemasan yang fleksibel (dibuat dari plastik atau shrink film), serta kemasan kaku (terbuat dari bahan karton).

Meskipun plastik bisa dijadikan bahan kemasan sekunder, namun tidak semua jenis plastik bisa kamu gunakan lho. Bahan plastik yang biasanya digunakan untuk memproduksi kemasan sekunder adalah Low-Density Polyethylene (LDPE) shrink film. Jenis bahan ini termasuk ke dalam kategori food grade sehingga aman untuk mengemas produk makanan.

Manfaat Kemasan Sekunder 

Sebagai aspek yang tidak boleh dilupakan dalam bisnis kamu, berikut manfaat dari penggunaan kemasan sekunder adalah:

1. Manfaat Distribusi

Keuntungan pertama yang kamu dapatkan ketika menggunakan kemasan sekunder adalah proses distribusi menjadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan kemasan sekunder bisa mengelompokkan produkmu dalam satu kemasan sehingga lebih mudah untuk dibawa. Misalnya ketika kamu menjual produk keripik kemudian ada konsumen yang ingin membelinya sebanyak satu lusin. Pasti kamu akan kesulitan apabila membawanya satu per satu, kan? Sementara ketika kamu memasukan 12 bungkus keripik ke dalam kemasan sekunder, kamu hanya perlu membawa satu kemasan saja. Sangat simple, bukan?

2. Manfaat Perlindungan

Selain memudahkan ketika proses distribusi, keuntungan lain dari kemasan sekunder adalah bisa memberikan perlindungan ekstra pada produkmu. Karena kemasan sekunder pun berperan dalam melindungi kemasan primer juga isi produk yang ada di dalamnya. Jadi produkmu bisa lebih terjaga kualitasnya dan berada pada kondisi optimal ketika sampai di tangan konsumen.

Ini sangat penting untuk kamu yang bergerak di bidang bisnis kuliner, dimana produk utama kamu adalah makanan yang akan dikonsumsi langsung oleh konsumen. Karena makanan merupakan produk yang sangat rentan terhadap kerusakan, tentunya kamu harus memberikan proteksi lebih agar mutunya tetap terjamin. Oleh karenanya, salah satu syarat dari kemasan sekunder adalah memiliki ketahanan yang baik sehingga bisa menjaga kemasan primer dan produk tetap aman, tidak berdebu, tidak mengalami perubahan warna, rasa, juga tekstur. 

3. Manfaat Branding

Kemasan sekunder adalah satu kesatuan dengan kemasan primer. Memiliki nama lain supporting packaging (kemasan penunjang), bentuk kemasan ini bergantung pada jenis produk yang dijual juga bentuk kemasan primer yang ada di dalamnya. Meskipun seringkali branding memanfaatkan kemasan primer, namun ternyata tidak sedikit juga brand yang menggunakan kemasan sekunder sebagai alat promosinya. Kemasan sekunder dianggap sebagai cara yang berguna untuk memperkuat brand kamu dan bisa meningkatkan visibilitas produk di pasar yang ramai.

Apabila kamu memutuskan untuk memajang produk pada etalase toko menggunakan kemasan sekunder, kamu harus memastikan kalau kemasan tersebut memiliki tampilan yang menarik. Adapun faktor yang bisa membuat menarik konsumen terhadap kemasan sekunder adalah penggunaan warna yang catchy, tipografi menarik, ilustrasi, serta nama brand dan produk yang terlihat jelas. Dengan menggunakan penampilan kemasan yang menarik, konsumen akan termotivasi untuk membeli produkmu dan pastinya brand kamu akan lebih dikenal.

Selain menggunakan faktor yang telah disebutkan, hal lain yang harus tercantum dalam kemasan sekunder adalah informasi produk. Misalnya tentang saran penyajian, tanggal dan kode produksi, tanggal kadaluwarsa, berat bersih, komposisi, dan sebagainya. Usahakan untuk menuliskan informasi yang cukup, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak, agar konsumen memahami jenis produk apa yang kamu jual serta manfaat apa yang mereka dapatkan apabila mereka membeli produkmu.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakan kemasan sekunder. Penting diingat juga bahwa ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika kamu hendak menentukan kemasan sekunder adalah kebutuhan kemasan primer, biaya produksi, serta sistem distribusi seperti apa yang kamu terapkan. Ketiga hal ini wajib kamu perhatikan agar kemasan sekunder bisa menjalankan perannya dengan baik.

Supplier Cetak Kemasan 

Karena kemasan primer dan kemasan sekunder adalah satu kesatuan, maka usahakan untuk memesan kemasan tersebut di tempat yang sama. Apabila kamu masih bingung untuk menentukan jasa cetak kemasan untuk bisnismu, jangan khawatir! Karena Supernova Digipack bisa jadi solusinya! Kami merupakan bagian dari PT. Supernova Flexible Packaging yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang pembuatan kemasan fleksibel. Ini membuat tim kami sudah sangat profesional dan juga kredibel dalam membuat kemasan, baik itu kemasan primer maupun kemasan sekunder.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa manfaat dari kemasan sekunder adalah untuk kebutuhan branding. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan kemasan full print yang eye-catching dan pastinya membuat produkmu tampak lebih menonjol dibandingkan para kompetitor. Dengan menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, kami bisa menghasilkan kemasan berwarna kontras, sangat tajam, dan tidak mudah pudar. Jadi desain pada kemasan kamu akan tampak menarik dan membuat konsumen ingin membeli produk kamu.

Bagi kamu yang menjalani bisnis kuliner, tidak perlu merasa khawatir sebab kemasan yang kami buat terjamin aman. Supernova Digipack tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses produksi kemasan telah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Semua kemasan pun dibuat dari bahan food grade jadi sudah pasti higienis dan tidak akan menyalurkan zat berbahaya pada produk makanan kamu.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera percayakan kemasan kamu hanya di Supernova Digipack! Minimal order yang dibutuhkan hanya 500 pcs* saja lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan, silahkan kunjungi website Supernova Digipack di sini, ya!

*S&K berlaku


Whatsapp