pilih kemasan
MAU BIAYA KEMASANMU LEBIH MURAH? PAKAI AJA KEMASAN INI!

Di artikel sebelumnya, kamu pasti udah tahu kalo ada banyak jenis kemasan, yang bisa bantu branding produkmu jadi lebih maksimal lagi. Buat yang belum baca, bisa coba klik beberapa judul di bawah ini ya!

(Tingkatkan Upaya Branding Produk Lewat Window Packaging)

Di artikel sebelumnya, banyak bahasan tentang berbagai macam kemasan seperti pouch, gusset, dan kemasan lainnya, beserta fungsi dan kelebihannya. Semua kemasan yang kamu baca di artikel sebelumnya itu adalah kemasan-kemasan dengan jenis bag, yaitu kemasan fleksibel yang memiliki dibentuk, sehingga kemasannya dapat langsung diisi oleh produk kamu dan disegel.

Tapi, tahu ga kalau ada jenis kemasan fleksibel lain yang lebih ekonomis dibandingkan kemasan jenis bag, yaitu kemasan roll. Udah pernah denger belum tentang kemasan roll?

Kalo kamu pernah ke warung di sekitar rumahmu, kamu pasti bakal banyak nemu produk makanan dan minuman yang pake kemasan sachet kan? Atau kemasan snack makanan ringan sejenis chiki dan teman-temannya? Nah, kemasan-kemasan ini biasa dipesan dalam bentuk roll.

Berbeda dengan kemasan bag, seperti kemasan pouch yang sudah siap untuk dimasukan produk, kemasan roll datang dalam bentuk berupa gulungan aja. Contohnya kaya gini nih

Selain warna polos (bening), kemasan roll juga bisa dicetak sesuai dengan desain yang kamu mau, sama seperti kemasan bag. Kemasan roll juga bisa dibentuk menjadi berbagai jenis bentuk kemasan, sama seperti kemasan bag yang bisa kamu pesan dalam berbagai bentuk yang kamu mau. 

Perbedaan lainnya adalah kemasan roll membutuhkan sebuah mesin yang dinamakan filling machine, untuk bisa secara otomatis memasukan produkmu ke dalam kemasan, sekaligus membentuk kemasan tersebut hingga tertutup rapat. Kemasan roll juga lebih disarankan untuk produk yang memiliki ukuran kecil, sehingga lebih mudah saat dimasukan ke dalam mesin untuk proses pengemasan.  

Meskipun begitu, secara cost, kemasan roll tentu saja lebih murah dibandingkan dengan kemasan bag. Ini karena kemasan bag yang kamu pesan, memerlukan proses produksi yang lebih panjang, dibandingkan dengan kemasan roll. Walaupun kamu memerlukan investasi untuk membeli mesin di awal, tapi ongkos produksi kamu jadi lebih murah secara keseluruhan dengan menggunakan kemasan roll

Untuk kamu yang punya UMKM dan mau melakukan eskalasi bisnis untuk bikin skala produksi yang lebih besar, kemasan roll bisa jadi pilihan buat kamu, karena bisa menghemat biaya kemasan secara jangka panjang. Selain itu, proses pengemasan juga bisa lebih cepet, dibandingkan dengan pengemasan manual dengan kemasan bag.

Tapi, untuk kamu yang punya skala bisnis belum terlalu besar, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kemasan bag, yang tidak membutuhkan mesin untuk bisa mengemas produkmu. 

Jadi, udah tau kan mana jenis kemasan yang cocok untuk bisnismu?

Kalo masih bingung, kamu bisa banget buat ngobrol sama para profesional di Digipack Supernova loh! Klik di bawah buat bisa langsung konsultasi disini ya!


Whatsapp