pilih kemasan
MAU JUALAN KAMU LEBIH LAKU? COBA PAKAI DESAIN KEMASAN SIMPLE AJA!

Ketika kamu berbelanja ke pusat perbelanjaan dan ingin membeli produk kopi, ada berapa banyak kemasan produk dari berbagai macam brand yang berdiri di hadapan kamu? Pasti ada banyak sekali kan? Hal itu pula yang dirasakan oleh konsumen ketika mereka berbelanja. Baik produk yang kamu jual adalah produk makanan, kesehatan, ataupun kecantikan, kemasan kamu harus bisa memberikan penampilan visual yang menarik. Ada berbagai macam ide pembuatan kemasan yang menarik itu seperti apa, salah satunya adalah desain kemasan simple.

Ada banyak jenis desain kemasan yang bisa kamu terapkan untuk produk yang kamu jual, mulai dari desain kemasan simple, vintage, hingga color pop. namun saat ini, konsumen cenderung lebih menyukai desain kemasan simple karena informasi produk bisa terbaca dengan lebih jelas. Selain itu desain kemasan seperti ini pun bisa menampilkan kesan minimalis dan tidak terkesan murah. Namun dalam pembuatan desainnya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Mau tahu apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Penggunaan Warna Kemasan

Dalam membuat desain kemasan simple, kamu harus bisa menggunakan warna yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Penggunaan warna yang tepat bisa memberikan dampak pada aktivitas pembelian konsumen. Sebab warna adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh konsumen. Sehingga ketika kamu memakai warna yang sesuai dengan preferensi mereka, para konsumen akan termotivasi untuk membeli produk kamu. 

Kamu bisa memilih untuk menggunakan warna sesuai dengan brand yang kamu punya agar bisa membangun loyalitas konsumen, serta membuat brand kamu mudah dikenali oleh konsumen. Selain itu kamu juga bisa memainkan warna gelap ataupun terang pada desain kemasan simple yang kamu buat. Penggunaan warna gelap bisa memberikan kesan elegan dan serius, sementara warna terang cenderung memberikan kesan kesederhanaan dan clean.

Selain pemilihan warna terang maupun gelap, pada desain kemasan simple juga kamu bisa memainkan warna terang dan pastel. Perbedaan saturasi warna yang ditampilkan bisa memberikan mood yang berbeda untuk para konsumen. Warna terang yang memiliki vibrasi bisa memberikan kesan menyenangkan, sementara warna pastel bisa menampilkan kesan calming atau menenangkan.

Pemilihan Font

Dalam membuat desain kemasan simple, kamu perlu mempertimbangkan jenis font yang akan kamu gunakan. Sebab setiap jenis font dapat memberikan kesan yang berbeda. Namun jangan sampai kamu menggunakan terlalu banyak jenis font karena hal tersebut akan membingungkan konsumen. Usahakan untuk memakai 2 jenis font saja pada kemasan kamu. Berikut beberapa jenis font yang bisa kamu gunakan:

1. Sans Serif

Tipe font sans serif bisa kamu gunakan pada desain kemasan simple yang hendak kamu buat. Contoh font seperti Helvetica dan Arial bisa kamu pakai untuk menampilkan kesan minimalis dan clean.

2. Serif

Selain Sans Serif, kamu juga bisa memakai tipe font Serif untuk desain kemasan simple. Misalnya seperti Times New Roman atau Georgia yang bisa menampilkan kesan profesional, serius, dan tradisional.

3. Script

Apabila kamu ingin menampilkan kesan yang mewah pada desain kemasan simple yang ingin kamu buat, tipe font Script merupakan pilihan yang baik. Kamu bisa coba menggunakan font Lobster ataupun Lucinda pada kemasan untuk memberikan kesan elegan.

Penggunaan Copywriting

Dalam membuat desain kemasan simple, kamu harus menggunakan copywriting yang menarik dan catchy. Adapun yang dimaksud dengan copywriting adalah teknik dan seni penulisan yang bertujuan untuk mendapatkan respon dari pembacanya. Penggunaan copywriting yang menarik pada kemasan bisa memikat perhatian konsumen kamu sehingga mereka akan lebih tertarik dengan produk yang kamu jual. 

Kamu bisa menentukan gaya copywriting yang hendak kamu tulis dengan identitas brand serta target konsumen utama. Kamu bisa menggunakan copy yang jenaka untuk menghibur para konsumen pada desain kemasan simple yang kamu buat. Dengan hal ini, mungkin mereka akan terdorong untuk membagikan kemasan produk kamu dalam platform media sosial dan melakukan unboxing moments.

Namun apabila kamu ingin membangun trust konsumen juga rasa percaya diri, kamu bisa menggunakan copy yang lebih serius dan profesional pada desain kemasan simple. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan copy yang menginspirasi sehingga bisa menyentuh emosional konsumen. Kamu bisa membagikan cerita dan juga value yang melekat pada brand kamu. Sehingga konsumen pun bisa semakin loyal dengan brand yang kamu bangun.

Penggunaan Pattern dan Icon

Dalam membuat desain kemasan simple, kamu bisa menggunakan gambar dan juga ilustrasi untuk membuat produk kamu tampak semakin menarik. Kamu bisa memakai pattern yang sesuai dengan identitas brand kamu sehingga konsumen akan semakin aware dan lebih mudah mengingat brand yang kamu miliki. 

Selain penggunaan pattern, kamu juga bisa memakai icon yang mudah dilihat dan dikenali oleh konsumen. Icon-icon ini bisa kamu buat sebagai bentuk ilustrasi dari informasi yang ingin kamu sampaikan. Sehingga kamu tidak memerlukan banyak teks pada desain kemasan simple yang dibuat.

Itu dia beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membuat desain kemasan simple. Apabila kamu sudah memiliki desain untuk kemasan produk, tapi belum menemukan tempat untuk membeli kemasan, langsung aja hubungi Supernova Digipack! Kami bisa bantu kamu untuk menyediakan kemasan berkualitas setara kelas industri! Mulai dari kemasan jenis standing pouch, gusset, three block seal, central seal, juga vacuum pack. Kamu pun bisa menambahkan fitur zipper lock untuk menambah nilai ergonomis sehingga konsumen lebih nyaman ketika menggunakan produk kamu.

Merupakan bagian dari PT Supernova Flexible Packaging, tim kami sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang pembuatan kemasan fleksibel. Oleh karenanya kamu tidak perlu ragu lagi untuk mempercayakan cetakan desain kemasan simple kamu pada kami. Kami pun sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses produksi telah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Jadi selain kemasannya berkualitas tinggi, material yang digunakan pun sudah terjamin keamanan dan kehigienisannya.

Agar bisa menghasilkan cetakan desain kemasan simple yang kamu buat dengan sempurna, Supernova Digipack memakai mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000 yang memakai tinta solventless. Penggunaan tinta ini memiliki kelebihan dibandingkan tinta lainnya yaitu bisa menghasilkan warna yang sangat tajam (HD), kontras, serta tidak mudah luntur. Tinta ini pun lebih ramah lingkungan karena bisa meminimalisir jejak karbon yang ditinggalkan. Selain itu, penggunaan tinta solventless sudah tersertifikasi food safety sehingga aman untuk diaplikasikan pada produk makanan.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera cetak desain kemasan simple kamu hanya di Supernova Digipack! Dengan harga yang sangat bersahabat, Minimum Order Quantity (MOQ) hanya 500 pcs saja lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website Supernova Digipack ya!


Whatsapp