pilih kemasan
MAU MULAI BISNIS MAKANAN? INTIP 4 TIPS BERIKUT, YA!
https://images.app.goo.gl/tWcD62RtAUD8VyJv5

Sudah 1,5 tahun pandemi melanda Indonesia. Ada banyak sekali sektor yang merasakan dampaknya. Mulai dari sektor pendidikan, perdagangan, agama, dan lain sebagainya. Hal ini mengakibatkan banyak masyarakat yang membutuhkan penghasilan tambahan agar bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Salah satu usaha yang dilakukan adalah mengelola bisnis makanan.

Bisnis makanan memang tidak ada habisnya. Terdapat berbagai macam produk makanan yang bisa kamu jual dari satu bahan makanan saja. Misalnya untuk bahan singkong, kamu bisa mengolahnya menjadi keripik singkong, singkong kukus, ataupun bolu singkong kukus.

Meskipun terdengar mudah, menjalankan bisnis makanan memerlukan banyak pertimbangan. Dilansir dari niagahoster, sebanyak 60% bisnis kuliner tidak dapat bertahan di tahun pertama, serta 80% lainnya tidak bisa bertahan di tahun kelima. Oleh karena itu, apabila kamu memang tertarik untuk terjun di dunia bisnis makanan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar bisnismu berjalan lancar. Berikut telah kami rangkum 4 tips yang perlu kamu persiapkan untuk memulai bisnis makanan.

1. Ketahui keunikan produk yang kamu tawarkan

Dalam memulai bisnis makanan, kamu tidak hanya perlu mencari ide mengenai produk apa yang ingin kamu tawarkan pada konsumen. Kamu pun harus bisa memahami keunikan apa yang dimiliki oleh produk. Apabila kamu sudah mengetahuinya, kamu akan lebih mudah untuk memasarkan produk dan konsumen pun bisa lebih tertarik. Pasalnya, keunikan suatu produk adalah salah satu hal yang mendorong konsumen untuk mau membeli dan mencoba produkmu.

Kamu bisa memulai dengan menulis kelebihan apa saja yang dimiliki oleh produkmu. Misalnya apakah produkmu memiliki rasa yang enak, porsi yang cukup mengenyangkan, bentuk kemasan yang mudah dibawa oleh konsumen, dan sebagainya. Kamu juga perlu memposisikan diri sebagai konsumen dengan menjawab pertanyaan “Kenapa saya ingin membeli produk ini? Mengapa produk ini bisa menjadi solusi untuk saya?”. Dari pertanyaan tersebut kamu bisa menemukan jawaban atas keunikan dan kelebihan yang dimiliki oleh produkmu.

2. Pahami target konsumen utama

Target konsumen sangat menentukan perjalanan bisnis kamu. Dengan mengetahui target konsumen utama, kamu bisa melakukan berbagai hal secara tepat mulai dari pemilihan variasi produk, pemilihan desain kemasan, juga bagaimana cara kamu melakukan promosi.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat perkiraan konsumen seperti apa yang membutuhkan produk kamu. Kalau kamu menjual produk makanan frozen food, kira-kira siapa konsumen yang paling membutuhkannya? Apakah ibu rumah tangga? Remaja perempuan? Atau bapak-bapak yang kesehariannya sibuk bekerja?

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan riset kompetitor secara langsung. Kamu bisa mencoba membeli produk yang dijual oleh kompetitor serupa, dan buat perkiraan siapa konsumen utama mereka. Dari sini, kamu bisa melakukan inovasi untuk mengembangkan produk yang hendak kamu buat agar konsumen lebih memilih produkmu dibandingkan kompetitor.

Selain membuat perkiraan secara langsung ataupun dari kompetitor, kamu bisa melakukan wawancara dengan target konsumen utama yang potensial. Ini merupakan cara paling efektif untuk mengetahui dengan pasti target konsumenmu. Kamu bisa menanyakan beberapa hal terkait produk yang ingin kamu tawarkan misalnya jenis makanan apa yang mereka sukai, kisaran harga yang cocok untuk mereka, varian produk yang ingin mereka coba, dan sebagainya.

3. Jalani strategi promosi yang sesuai

Tentukan bagaimana strategi promosi yang ingin kamu lakukan, apakah secara offline atau online. Namun untuk bisnis makanan, strategi promosi yang menjanjikan adalah secara online melalui channel media sosial ataupun marketplace. Keuntungan dari promosi secara online adalah kamu bisa memperluas jangkauan pasar, tidak terbatas pada satu lokasi saja. Hal ini tentunya bisa membantu bisnismu menjadi lebih dikenal dan untung.

Apabila kamu memang ingin melakukan promosi secara online, kamu perlu menentukan jenis-jenis konten seperti apa yang menarik konsumen. Kamu tidak cukup hanya menyajikan konten mengenai produkmu saja, namun harus lebih dari itu. Kamu juga bisa menceritakan latar belakang brand kamu agar konsumen semakin terikat. Misalnya kamu menggunakan bahan baku yang berasal dari petani langsung sehingga produkmu bisa memiliki cita rasa yang lezat.

4. Pakai kemasan berkualitas

Lalu tips yang terakhir adalah gunakan kemasan yang berkualitas. Tidak bisa dipungkiri bahwa kemasan memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan penjualan. Apabila kamu membuat produk yang enak namun konsumen tidak tertarik untuk membelinya, maka bagaimana produkmu bisa dikenal? Di sini kemasan bisa memainkan peran untuk memikat perhatian konsumen. Kamu bisa menggunakan elemen-elemen desain pendukung agar bisa membuat kemasan yang menarik. Misalnya dengan menambahkan gambar produk, tipografi, juga pattern yang unik. Hal-hal ini nantinya bisa membuat konsumen penasaran akan produk yang kamu jual dan tertarik untuk mencobanya.

Selain penggunaan desain, kamu juga harus memperhatikan keamanan kemasan. Karena makanan merupakan produk yang langsung dikonsumsi, maka kamu harus memastikan kemasanmu tidak mengandung zat berbahaya. Salah satu jenis kemasan yang bisa kamu pakai adalah plastik. Namun perlu diingat bahwa tidak semua plastik aman untuk digunakan ya. Ada beberapa jenis plastik food grade yang bisa kamu temukan di tempat jual plastik kemasan yaitu jenis plastik PET, PP, serta LLDPE. Plastik ini pun nantinya bisa dikombinasikan dengan bahan alumunium foil untuk dapat memaksimalkan proteksi pada produk yang dijual.

Selain memastikan jenis plastik yang digunakan food grade, kamu juga harus memastikan bahwa kemasan yang dipesan dari tempat jual plastik kemasan memiliki kualitas produksi dan layanan yang baik. Ini bisa kamu ketahui dari track record yang tempat tersebut miliki ataupun review-review di media sosial dan Google. Karena kemasan merupakan investasi jangka panjang bisnismu, jadi usahakan untuk tidak asal memilih supplier yang men-jual plastik kemasan, ya!

Apabila kamu masih bingung mencari supplier yang men-jual plastik kemasan, Supernova Digipack bisa menjadi solusinya! Kami menyediakan berbagai jenis kemasan fleksibel mulai dari standing pouch, gusset, central seal, three block seal, serta vacuum pack yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Seluruh kemasan dibuat dengan material food grade dan kami pun sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses produksi telah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan.

Supernova Digipack merupakan bagian dari PT. Supernova Flexible Packaging yang memiliki pengalaman dalam bidang pembuatan kemasan fleksibel dan men-jual plastik kemasan selama lebih dari 30 tahun. Kami menggunakan mesin digital printing terkini yakni HP Indigo 20000 untuk menghasilkan cetakan kemasan berkualitas tinggi, dengan warna yang sangat tajam, kontras, serta tidak mudah pudar. Desain yang tercetak pada kemasan pun hasilnya sangat presisi.

Bagaimana? Sudah siap untuk mempercayakan kemasanmu pada kami? Yuk segera kunjungi website Supernova Digipack di sini untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan pemesanan! Minimal order hanya 500 pcs* saja lho!

*S&K berlaku


Whatsapp