pilih kemasan
MAU PILIH JASA PRINT PLASTIK KEMASAN? YUK SIMAK TIPS BERIKUT INI  DULU!

Plastik kemasan memang banyak digunakan dalam dunia bisnis kuliner. Hal ini dikarenakan plastik memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis bahan lainnya seperti styrofoam, metal, atau kertas. Namun masih banyak yang belum mengetahui bahwa tidak semua jenis plastik bisa dipakai sebagai kemasan makanan. Sebab beberapa plastik memiliki kandungan zat berbahaya yang bisa menjadi racun pada tubuh apabila dikonsumsi.

Sebagai pelaku usaha di bidang makanan, tentunya kamu harus menggunakan plastik kemasan yang aman untuk digunakan. Ini berkaitan dengan pemilihan jasa print plastik kemasan yang kamu pilih. Namun sebelum membahas mengenai hal tersebut, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu keunggulan plastik kemasan dibandingkan dengan kemasan lainnya. Penasaran apa saja? Yuk simak uraian berikut ini!

1. Memiliki sifat fleksibel

Penggunaan bahan plastik untuk membuat kemasan akan lebih memudahkan supplier cetak kemasan. Sebab plastik memiliki sifat fleksibel yang mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Hal ini membuat jasa print plastik kemasan bisa menyediakan beberapa jenis kemasan dalam berbagai ukuran yang bisa kamu pilih sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

2. Tingkat ketahanan yang baik

Plastik dikenal memiliki ketahanan yang baik untuk melindungi produk makanan kamu dari oksigen, air, kelembaban, serta cahaya matahari. Apabila makanan kamu berinteraksi dengan hal-hal tersebut, maka kualitas yang terkandung dari makanan kamu bisa menurun dan membuat produk mengalami perubahan rasa, aroma, serta tekstur.

3. Mampu bertahan pada suhu tertentu

Beberapa jenis plastik memiliki kemampuan untuk bertahan pada suhu tertentu. Ini tentunya bisa sangat bermanfaat untuk kamu pengusaha makanan yang perlu dipanaskan. Tidak hanya panas saja, plastik pun bisa bertahan pada suhu dingin. Namun kamu perlu memastikan kembali kalau plastik kemasan yang digunakan memiliki ketahanan terhadap suhu dingin sehingga tidak akan merusak kualitas makanan ketika berada di dalam freezer.

4. Bobot Ringan

Plastik kemasan memiliki bobot yang ringan apabila dibandingkan dengan bahan kemasan lain seperti jar, kardus, atau botol kaca. Hal ini membuat plastik kemasan tidak memakan banyak tempat dan bisa meminimalisir biaya pengiriman. Dengan menggunakan plastik kemasan tentunya kamu bisa lebih menghemat biaya pengeluaran. Sangat menguntungkan, bukan?

Tips Memilih Jasa Print Plastik Kemasan

Bagaimana? Setelah mengetahui apa saja keunggulan plastik kemasan apakah kamu tertarik untuk menggunakannya? Apabila kamu tertarik, penting bagi kamu untuk memilih jasa print plastik kemasan yang berkualitas agar kemasan yang kamu dapat pun bisa sesuai dengan harapan. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika hendak memilih jasa print kemasan:

1. Bahan yang digunakan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak semua plastik termasuk ke dalam kategori food grade. Oleh karenanya, saat kamu memilih jasa print kemasan plastik, kamu harus memastikan kalau supplier kamu memakai plastik food grade. Kemasan food grade merupakan jenis kemasan yang aman untuk diaplikasikan pada produk pangan karena tidak akan menyalurkan senyawa ataupun zat berbahaya pada makanan. Adapun bahan yang termasuk ke dalam kategori food grade adalah plastik Polyethylene Terephthalate (PET), plastik Linear Low Density Polyethylene (LLDPE), serta plastik Polypropylene (PP).

2. Harga kemasan

Sebagai pelaku usaha, tentunya kamu harus mempertimbangkan harga yang ditawarkan oleh jasa print plastik kemasan. Apabila kamu memiliki beberapa opsi supplier, kamu bisa melakukan komparasi harga antara supplier yang satu dengan yang lainnya. Hal ini pun harus kamu lihat dari segi kualitas yang diberikan. Jangan tergiur dengan harga yang murah namun kualitasnya standar. Sebab kemasan merupakan investasi jangka panjang bagi usaha yang kamu jalani.

3. Kualitas kemasan yang dihasilkan

Supplier jual kemasan makanan yang kamu pilih harus bisa menghasilkan kemasan yang berkualitas. Baik dari material yang digunakan, juga hasil akhir kemasan tersebut. Kalau kamu menginginkan kemasan yang dicetak full print, pastikan juga kalau desain kemasan tercetak dengan baik dan tidak mudah luntur. Kualitas kemasan yang dihasilkan oleh supplier jual kemasan makanan ini harus konsisten dan sesuai dengan spesifikasi yang kamu inginkan.

4. Service yang diberikan

Pastikan kalau jasa print plastik kemasan yang kamu pilih memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan untuk kamu. Sebab komunikasi adalah kunci utama dalam keberlangsungan kerjasama bisnismu dan supplier. Ini diperlukan agar nantinya kamu bisa menyampaikan kemasan seperti apa yang sesuai dengan keinginan kamu dan mereka bisa memproduksinya sesuai dengan harapanmu.

5. Track record supplier

Hal yang tidak kalah penting adalah track record yang dimiliki oleh supplier. Ini meliputi delivery time yang mereka sediakan. Sebab kecepatan pengiriman adalah hal penting ketika kamu menjalani usaha. Bisa kamu bayangkan apabila supplier kamu terlambat mengirim kemasan? Pasti hal tersebut bisa menyebabkan masalah pada perjalanan bisnis dan timeline yang telah kamu susun. Maka dari itu, kamu harus memastikan kalau delivery time yang diberikan oleh supplier tepat waktu, ya!

6. Lokasi supplier

Kamu perlu mengetahui lokasi supplier jual kemasan makanan yang akan kamu pilih. Dari lokasi tersebut kamu bisa menentukan biaya distribusi yang dibutuhkan, juga bisa mengetahui proses pembuatan kemasan. Apabila kamu mengunjungi pabriknya, kamu bisa melihat langsung bagaimana kemasan kamu akan dicetak. Dengan melakukan visit ke lokasi supplier, kamu bisa mengetahui apakah proses pembuatannya higienis, tempatnya sangat bersih dan tidak terkontaminasi, dan sebagainya. Karena bagaimanapun kemasan kamu akan bersentuhan langsung dengan produk makanan sehingga perlu dijaga keamanannya.

Supplier Cetak Kemasan Plastik Berkualitas

Apabila kamu masih mencari jasa print plastik kemasan yang berkualitas, Supernova Digipack siap membantu kamu! Merupakan bagian dari PT. Supernova Flexible Packaging, tim kami sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang jasa cetak kemasan fleksibel full print. Kami bisa menyediakan berbagai jenis kemasan food grade yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari kemasan standing pouch, central seal, three block seal, vacuum pack, serta gusset.

Seluruh kemasan terjamin kehigienisannya sebab kami telah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses produksi sudah sesuai dengan standar produksi keamanan pangan. Kami pun menggunakan teknologi printing terkini yaitu HP Indigo 20000 yang bisa mencetak kemasan dengan warna kontras, tidak mudah luntur, dan sangat tajam (HD). Desain yang kamu berikan akan tercetak dengan sempurna pada lapisan kemasan tanpa mengurangi resolusinya sama sekali. Ini tentunya membuat kemasan kamu akan tampak lebih menarik dan amazing di mata konsumen.

Yuk segera percayakan kemasan kamu hanya di Supernova Digipack! Minimum Order Quantity (MOQ) yang kami berikan hanya 500 pcs* saja! Dengan harga yang sangat bersahabat, kamu sudah bisa mendapatkan kemasan berkualitas tinggi setara kelas industri lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website Supernova Digipack melalui link ini, ya!

*S&K berlaku


Whatsapp