pilih kemasan
MAU USAHA KERIPIK? YUK KETAHUI CONTOH KEMASAN KERIPIK YANG  MENARIK TERLEBIH DAHULU!

Kamu punya usaha keripik? Apakah penjualan kamu sudah laris manis? Kalau belum, coba pikirkan kembali faktor apa yang bisa jadi penghambat penjualan kamu. Apakah bahan baku yang digunakan kurang berkualitas? Strategi pemasaran kurang sesuai? Atau mungkin masalahnya ada di kemasan yang kamu pakai? Penggunaan kemasan yang menarik bisa menjadikan produk keripik kamu lebih laku di pasaran. Karena hal yang pertama kali dilihat dan dikenal oleh konsumen adalah kemasan, bukan produk keripik yang kamu produksi. Di artikel kali ini, kami akan membahas perihal pentingnya peran kemasan untuk bisnis kamu, juga seperti apa contoh kemasan keripik yang bisa menarik perhatian konsumen. Yuk simak terus penjelasannya! 

Usaha keripik memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari usaha rumahan, UMKM, hingga usaha pabrik yang sudah memiliki nama pun banyak yang bergerak di bidang penjualan keripik. Melihat besarnya persaingan di industri ini, sebagai penjual kamu tentunya harus memikirkan strategi agar penjualan kamu bisa dilakukan secara maksimal. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat kemasan yang menarik. Lalu seperti apa sih contoh kemasan keripik yang menarik itu? Yuk lihat penjelasan berikut!

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, kemasan adalah hal pertama yang dilihat dan dikenal oleh konsumen. Kalau kamu memposisikan diri sebagai konsumen dan sedang pergi berbelanja, pasti kamu akan lebih menaruh perhatian pada contoh kemasan keripik yang memiliki warna cerah juga desain yang menarik kan? Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya manusia memang lebih tertarik terhadap visual dibandingkan dengan tulisan. Jadi kamu harus bisa memancing perhatian konsumen terlebih dahulu dengan desain menarik agar mereka mau menghampiri produk keripikmu dan membaca informasi yang tercantum pada label kemasan.

Kalau kamu melihat berbagai contoh kemasan keripik yang menarik, kamu pasti melihat kalau brand tersebut mencantumkan informasi-informasi penting seputar produk yang mereka buat. Seperti komposisi produk, tanggal kadaluwarsa, tanggal produksi, berat bersih, informasi nilai gizi produk, serta izin legalitas dari PIRT ataupun BPOM. Dengan mencantumkan informasi ini, konsumen pun akan semakin percaya dengan produk kamu dan mengetahui kandungan apa saja yang kamu gunakan dalam produk. Karena bisa saja beberapa konsumen memiliki alergi sehingga mereka harus menghindari bahan-bahan tertentu, hal ini jangan sampai luput dari perhatianmu sebagai produsen makanan.

Selain itu, ceritakan juga tentang brand kamu pada label kemasan. Misalnya kamu membuat keripik dengan bahan-bahan alami, tentunya hal ini bisa menjadi nilai tambah dan diferensiasi brand yang kamu miliki dengan kompetitor. Kamu bisa menonjolkan keuntungan seperti khasiat untuk kesehatan konsumen ketika mengonsumsi keripik yang kamu jual. Apabila kamu melihat contoh kemasan keripik yang mengedepankan segi kesehatan, biasanya akan dipenuhi dengan warna hijau sebab warna tersebut identik dengan hal-hal yang alami dan menyehatkan.

Untuk bisa membuat kemasan keripik yang menarik, kamu harus mengetahui bagaimana contoh kemasan keripik yang bisa memikat perhatian konsumen. Selain penggunaan warna cerah dan sesuai dengan identitas brand, juga mencantumkan informasi produk pada label kemasan, kamu juga harus memikirkan beberapa hal berikut:

1. Ketahui siapa konsumen kamu

Apabila kamu sudah memiliki referensi mengenai contoh kemasan keripik yang menarik, kamu tidak bisa langsung menerapkan contoh kemasan tersebut pada brand kamu. Karena pastinya brand kamu memiliki target konsumen yang berbeda dan ada karakteristik tersendiri. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk melakukan analisa target konsumen. 

Kamu bisa coba menuliskan beberapa pertanyaan seperti untuk siapa produk ini dibuat, apa pesan yang ingin disampaikan pada konsumen, serta cari tahu warna yang bisa digunakan untuk membuat kemasan kamu terlihat lebih menarik seperti contoh kemasan keripik yang telah kamu lihat sebelumnya.

2. Pilih material kemasan

Contoh kemasan keripik yang baik tentunya menggunakan material kemasan yang baik pula. Kamu harus pandai dalam memilih kualitas material agar konsumen lebih puas dengan produk yang kamu tawarkan. Karena produk yang dijual adalah keripik, kamu pun harus menggunakan bahan kemasan yang food grade, dalam artian bahan kemasan tersebut tidak akan mentransfer zat-zat berbahaya pada produk yang nantinya bisa membahayakan kesehatan konsumen. 

Material kemasan food grade ini bisa ditemukan pada bahan-bahan plastik seperti plastik PET, plastik PP, plastik LDPE, ataupun bahan plastik LLDPE. Perlu diingat bahwa tidak semua plastik termasuk ke dalam kategori food grade, sehingga kamu harus jeli dalam memilih material kemasan yang ingin digunakan. Kalau kamu bingung menentukan plastik apa yang sebaiknya kamu gunakan, kamu bisa melihat contoh kemasan keripik yang menarik sebagai referensi dan menggunakan material yang sesuai. Jangan lupa untuk pastikan kalau material tersebut aman untuk produk keripik kamu ya!

3. Membuat personality produk

Ketika kamu melihat berbagai contoh kemasan keripik yang menarik, kamu pasti melihat adanya keunikan dari setiap produk yang dijual kan? Hal ini perlu kamu terapkan pada brand kamu agar bisa membuat personality produk yang selaras dengan value brand, dan bisa menyampaikan pesan yang tepat untuk konsumen. Melalui personality produk, konsumen akan merasa ada ikatan emosional dengan produk juga brand yang kamu miliki.

4. Analisa kompetitor

Kamu perlu melakukan analisa dengan kompetitor yang bergerak di penjualan keripik. Analisa ini diperlukan agar kamu bisa membuat diferensiasi produk juga brand sehingga kamu bisa lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Lihat juga contoh kemasan keripik yang mereka gunakan seperti apa, dan lakukan inovasi yang lebih baik agar konsumen lebih memilih kamu dibandingkan dengan kompetitor. 

Setelah mengetahui bagaimana contoh kemasan keripik yang menarik itu seperti apa dan hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan sebelum membuat desain kemasan, kamu bisa mulai untuk membuat desain sesuai dengan yang kamu inginkan. Penting dicatat juga kalau pemilihan vendor cetak kemasan perlu kamu pikirkan secara matang agar bisa membuat kemasan yang berkualitas.

Supernova Digipack bisa membantu kamu untuk membuat kemasan keripik yang menarik! Dengan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, kami bisa mencetak kemasan dengan kualitas tinggi. Dilengkapi dengan warna yang kontras dan sangat tajam, warna kemasan kamu dijamin bakal awet dan nggak luntur! Pastinya akan terlihat lebih bagus dibanding contoh kemasan keripik menarik lainnya.

Untuk keamanan kemasan pun kamu nggak perlu khawatir lagi. Karena Supernova Digipack sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh prosedur pembuatan kemasan sudah sesuai dengan standar produksi keamanan pangan. Kamu tinggal menunjukan desain contoh kemasan keripik yang ingin kamu gunakan untuk produkmu, lalu pesan kemasannya melalui website Supernova Digipack!

Untuk pilihan kemasan, kamu bisa menggunakan beberapa jenis contoh kemasan keripik. Seperti kemasan standing pouch, central seal, ataupun three block seal untuk ukuran yang lebih kecil dan tentunya ekonomis. Untuk jenis kemasan standing pouch juga three block seal bisa kamu lengkapi dengan fitur zipper lock, agar tekstur keripik bisa tetap terjaga, dan bisa memberikan kemudahan pada konsumen ketika mereka membuka dan menutup kembali kemasan produkmu.

Tunggu apa lagi? Yuk segera pesan kemasan untuk keripik kamu sekarang hanya di Supernova Digipack! Kunjungi www.supernovadigipack.com untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan ya!


Whatsapp