pilih kemasan
PENGEMASAN MAKANAN UNTUK PRODUK CEMILAN

Produk cemilan saat ini sangat digemari oleh masyarakat. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menikmati cemilan sebagai teman dalam menjalani berbagai aktivitas. Inilah peluang besar bagi kamu pengusaha cemilan untuk terus mengembangkan usaha kamu. Salah satunya adalah dengan upgrade pengemasan makanan untuk produk cemilan kamu. Sebab, kemasan merupakan salah satu elemen yang cukup penting dalam industri usaha pangan saat ini.

Pada produk makanan, kemasan tidak hanya digunakan sebagai pembungkus saja. Namun, kemasan juga digunakan sebagai media promosi dan juga informasi mengenai produk makanan tersebut. Pada akhirnya, kemasan pada makanan pun dapat mempengaruhi penjualan produk tersebut. Maka dari itu, produsen harus dapat memilih pengemasan makanan yang tepat, sehingga dapat mendukung penjualan produk.

Saat ini, terdapat berbagai jenis kemasan yang dapat digunakan sebagai pengemasan makanan. Namun, kemasan-kemasan tersebut harus disesuaikan dengan jenis produknya. Untuk kemasan cemilan, terdapat beberapa kriteria yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Menjaga produk tetap aman

Pengemasan makanan yang baik ialah kemasan yang dapat menjaga produk tetap aman dari kontaminasi faktor eksternal, seperti air, udara dan sinar matahari. Faktor eksternal tersebutlah yang kerap kali merusak produk cemilan di dalam kemasan. Maka, perlu diperhatikan apakah kemasan yang digunakan aman terhadap kontaminasi faktor eksternal atau tidak.  

2. Menjaga produk tahan lama

Agar produk cemilan dapat tahan lama, maka diperlukan pengemasan makanan yang tepat. Untuk produk cemilan, disarankan menggunakan kemasan kedap udara. Sebab, dapat membuat produk cemilan lebih awet karena tidak adanya kontaminasi dari bakteri yang berkembang. Kemasan kedap udara pun bertujuan untuk mempertahankan rasa, tekstur, dan warna dari produk cemilan tersebut. Tetapi, terdapat pula teknik membuat cemilan tetap awet dengan teknik nitrogen flushing. Berbanding terbalik dengan kemasan kedap udara, kemasan dengan teknik nitrogen flushing bekerja dengan memasukan udara nitrogen ke dalam kemasan cemilan. Hal tersebut berguna agar cemilan tetap awet dan tidak mudah hancur. 

3. Food Grade

Pengemasan makanan harus memiliki standar food grade, yaitu standar yang digunakan untuk produk yang memiliki kontak langsung dengan makanan. Standar food grade mengatur bahwa produk tersebut harus memperhatikan kandungan senyawa kimia di dalamnya, bagaimana proses penguraiannya, dan batas suhu yang diperbolehkan dalam proses pemanasan. Sehingga, kemasan untuk produk cemilan tidak boleh menggunakan bahan-bahan dasar yang mengandung zat kimia yang dapat berbahaya bagi tubuh konsumen. 

4. Higienis

Pengemasan makanan untuk produk cemilan harus dapat menjaga kehigienisan dari produk cemilan tersebut. Apalagi cemilan merupakan produk makanan yang kerap kali tidak langsung habis ketika kemasan dibuka. Sehingga, rentan terkontaminasi bakteri. Maka dari itu, diperlukan kemasan yang dapat menjaga cemilan agar tetap higienis seperti pertama kali kemasan dibuka. Contohnya adalah kemasan dengan penggunaan zipper lock sebagai penutupnya.

5. Praktis

Produk cemilan merupakan produk makanan yang kerap kali menjadi teman dalam berbagai aktivitas. Sehingga, cemilan kerap dibawa kemanapun dengan kondisi apapun. Maka, diperlukan pengemasan makanan yang praktis agar mudah untuk dibawa dan disimpan di mana pun.

Terdapat berbagai macam kemasan makanan yang telah memenuhi kelima kriteria tersebut. Namun, tidak semua kemasan makanan cocok sebagai pengemasan makanan bagi produk cemilan. Maka dari itu, kami akan memberikan 3 rekomendasi jenis pengemasan makanan untuk produk cemilan khusus untuk kamu. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi pengemasan makanan untuk produk cemilan yang dapat kamu pilih:

1. Central Seal

Rekomendasi pengemasan makanan untuk produk cemilan yang pertama ialah kemasan central seal. Kemasan central seal merupakan kemasan yang lazim digunakan untuk cemilan karena menggunakan teknik nitrogen flushing yang dapat membuat cemilan tahan lama dan juga tidak mudah hancur. Bentuk dari kemasan central seal adalah seperti pillow atau bantal karena memiliki segel di bagian atas dan juga bagian bawah kemasan.

2. Standing Pouch

Selanjutnya, terdapat pengemasan makanan yang dapat diberdirikan dan mudah dipajang. Kemasan makanan tersebut ialah kemasan standing pouch. Seperti namanya, kemasan standing pouch dapat berdiri karena memiliki dudukan di bagian bawahnya. Kemasan ini pun cukup populer sebagai pengemasan makanan untuk produk cemilan karena memiliki sifat yang praktis dan juga dapat menjaga kehigienisan cemilan dengan menggunakan zipper lock sebagai penutup.

3. Three Block Seal

Rekomendasi pengemasan makanan untuk produk cemilan yang terakhir ialah kemasan three block seal. Seperti namanya, kemasan three block seal memiliki tiga sisi yang telah di-seal dan bagian atas dapat di-seal ketika produk telah dimasukan. Sehingga, kemasan ini cukup praktis dalam pengemasan maupun saat dikonsumsi oleh konsumen. Kemasan three block seal memiliki keunggulan mudah untuk dibawa kemana-mana karena ukurannya yang cukup compact. 

Hal lain yang perlu diperhatikan pula dalam pengemasan makanan untuk produk cemilan ialah bahan yang digunakan dalam pembuatan kemasan tersebut. Jangan sampai bahan yang digunakan dapat membahayakan tubuh. Berikut ini merupakan bahan-bahan yang aman apabila digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kemasan makanan:

1. Aluminium Foil

Bahan aluminium foil banyak digunakan dalam produk pengemasan makanan, khususnya cemilan. Bahan aluminium foil memiliki daya tahan terhadap air, udara dan sinar matahari yang baik. Sehingga dapat menjaga produk cemilan dengan baik. Namun, bahan aluminium foil harus dikolaborasikan dengan bahan lainnya seperti plastik supaya dapat mudah dibentuk dan dicetak. 

2. Plastik dengan Kode 1, 2, 4, dsn 5

Setiap plastik yang digunakan sebagai kemasan, tidak hanya untuk pengemasan makanan, memiliki kode-kode tersendiri berdasarkan bahan yang terkandung di dalamnya. Untuk bahan yang aman digunakan sebagai bahan pengemasan makanan ialah plastik dengan kode 1,2, 4 dan 5. Kode 1 merupakan Polyethylene Terephthalate (PET), kode 2 ialah High Density Polyethylene (HDPE), kode 4 adalah Low Density Polyethylene (LDPE), dan kode 5 merupakan Polypropylene (PP). 

Nah, itu dia hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih pengemasan makanan dan juga beberapa rekomendasi pengemasan makanan yang dapat kamu pilih untuk produk cemilan kamu. Untuk kebutuhan kemasan, kamu dapat mempercayainya kepada Supernova Digipack.

Merupakan bagian dari PT. Supernova Flexible Packaging, tim Supernova Digipack telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang pengemasan makanan fleksibel bermaterial food grade. Didukung dengan teknologi canggih, kami dapat mewujudkan segala permintaan kebutuhan kemasan makanan yang kamu mau. Kami menggunakan teknologi HP Indigo 20000 yang dapat memberikan cetakan kemasan dengan kualitas terbaik yang tidak perlu diragukan lagi. Untuk cetakan kemasan yang kami hasilkan dijamin berwarna tajam, kontras, serta tidak mudah luntur! Supernova Digipack pun didukung dengan teknologi laminasi serta bag making yang canggih sehingga dapat menunjang produksi berbagai jenis kemasan dengan kualitas setara kelas industri lho!

Segera hubungi kami dan pesan kebutuhan kemasan produk cemilan kamu dengan mengunjungi website Supernova Digipack ya!


Whatsapp