pilih kemasan
PENGGUNAAN WADAH KEDAP UDARA UMUMNYA DILAKUKAN UNTUK 3 HAL BERIKUT

Kemasan memiliki peran untuk menjaga dan melindungi isi produk di dalamnya. Namun untuk memberikan perlindungan yang baik, kemasan harus bisa menahan pengaruh yang berasal dari luar kemasan seperti oksigen dan kelembaban. Produk makanan merupakan salah satu jenis produk yang rentan akan kerusakan akibat adanya perubahan suhu, udara, serta paparan sinar cahaya matahari langsung. Oleh karenanya, untuk kamu yang menjual kedua produk ini wajib memikirkan jenis kemasan yang bisa memberikan proteksi maksimal pada produk kamu.

Kandungan oksigen bisa mempengaruhi makanan sehingga lebih cepat mengalami pembusukan dan menurunkan kualitas rasanya. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan wadah kedap udara agar bisa menahan udara masuk ke dalam kemasan, dan menjaga kondisi makanan tetap optimal. Makananan seperti rempah-rempah dan buah kering harus terbebas dari kelembaban agar kondisinya tetap sempurna. Apabila makanan tersebut berada di tempat penyimpanan yang lembab, maka kualitasnya akan menurun dan memunculkan aroma tidak sedap. Tentunya hal ini bisa merugikan bisnismu, kan?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan wadah kedap udara umumnya dilakukan untuk produk makanan. Wadah ini bisa berfungsi secara maksimal apabila kamu menggunakan penyegelan yang sempurna. Apabila kamu sudah memakai wadah kedap udara namun tidak menyegelnya dengan baik, maka akan menjadi hal yang percuma.

Setelah produk dimasukkan ke dalam wadah kedap udara, kamu harus memastikan kalau segel pada kemasan tertutup rapat. Penyegelan pada wadah kedap udara menjadi hal yang sangat penting, karena bisa menyegel wadah dengan sempurna yang membuat oksigen tidak dapat masuk ke dalam kemasan. Sehingga isi kemasan tidak akan bersentuhan dengan udara luar.

Penggunaan wadah kedap udara bisa mencegah kelembaban terjadi di dalam kemasan, membasmi bakteri, serta mencegah munculnya aroma tidak sedap. Semakin sedikit oksigen yang mempengaruhi kemasan, semakin baik juga kondisi produk yang ada di dalamnya.

Wadah Kedap Udara Plastik 

Wadah kedap udara umumnya dijadikan opsi untuk menyimpan produk makanan baik dalam suhu ruang, lemari es, ataupun di dalam freezer. Saat ini, material yang banyak digunakan untuk membuat wadah kedap udara adalah plastik. Hal ini dikarenakan plastik memiliki sifat yang kuat dan lentur, bobot ringan, serta bisa lebih menghemat ruang penyimpanan yang dapat meminimalisir biaya pengiriman kamu. 

Jenis wadah kedap udara fleksibel yang terbuat dari bahan plastik biasanya tersedia dalam berbagai jenis bentuk dan ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan karakteristiknya yang fleksibel, wadah kedap udara ini memungkinkan untuk dipadatkan sehingga bisa memiliki kapasitas isi yang besar. Hal ini pun tentunya menjadi salah satu keunggulan wadah kedap udara bahan plastik dibandingkan dengan wadah bermaterial kaca.

Kualitas terpenting dari wadah kedap udara yang dibuat dari bahan plastik adalah ringan sehingga memang sangat cocok untuk membawa makanan. Namun kamu juga harus berhati-hati dalam memilih jenis materialnya ya! Pastikan kalau bahan yang kamu pilih untuk wadah kedap udara merupakan kategori food grade dan terbebas dari BPA.

Keuntungan Wadah Kedap Udara Plastik 

Apabila kamu menjual produk makanan baik berupa cemilan, makanan beku, dan sebagainya, wadah kedap udara bisa kamu jadikan andalan. Berikut 3 keuntungan yang bisa kamu dapat apabila menggunakan wadah kedap udara yang tepat:

1. Menjaga kesegaran makanan

Penggunaan wadah kedap udara umumnya dilakukan untuk menjaga kesegaran makanan. Penempatan produk pada wadah bisa membantu kamu mempertahankan kesegarannya karena terhindar dari pengaruh oksigen. Apabila wadah kamu tidak kedap udara, maka makanan akan bersentuhan langsung dengan oksigen yang membuatnya lebih cepat basi dan tidak segar lagi ketika sampai di tangan konsumen. 

2. Mengoptimalkan penyimpanan

Selain untuk menjaga kesegaran makanan, penggunaan wadah kedap udara umumnya dilakukan untuk mengoptimalkan tempat penyimpanan kamu. Apabila kamu memakai wadah kedap udara berbahan plastik, maka kamu bisa lebih hemat tempat penyimpanan dan lebih memudahkan konsumen untuk membawa, mengambil, dan menyimpan produk tersebut.

3. Melindungi dari kontaminasi

Lalu yang terakhir penggunaan wadah kedap udara umumnya dilakukan untuk melindungi makanan dari kontaminasi. Hal ini bisa berupa serangga, bakteri, dan sebagainya yang bisa menurunkan kualitas makanan. Karena wadah kedap udara tidak memiliki jalan masuk untuk para serangga, maka wadah ini bisa melindungi produk kamu dengan baik.

Itu dia beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat apabila menggunakan wadah kedap udara yang tepat. Saat memilih wadah kedap udara, pastikan untuk memilih ukuran yang tepat, ya! Kalau kamu menggunakan kemasan yang memiliki kapasitas isi banyak namun hanya diisi dengan isi yang sedikit, maka tampilannya akan kurang enak dilihat. Jadi pastikan kalau kamu memesan kemasan sesuai dengan kebutuhan, ya!

Selain pemilihan ukuran yang tepat, kamu pun harus bisa mengkreasikan wadah kedap udara yang kamu pakai dengan menarik. Sebab wadah merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen ketika mereka sedang berbelanja. Kamu bisa coba menampilkan visual yang merepresentasikan bisnismu juga produk sehingga konsumen bisa lebih aware terhadap brand dan juga produk yang kamu jual. Jangan lupa juga untuk mencantumkan informasi penting terkait merk dan juga isi produk agar konsumen tidak merasa kebingungan.

Informasi yang bisa kamu tulis pada lapisan wadah kedap udara adalah logo brand, nama produk, kode dan tanggal produksi, tanggal kadaluwarsa, saran penyajian, cara penyimpanan, komposisi produk, berat bersih, informasi nutrisi dan nilai gizi, catatan mengenai kandungan yang bisa menyebabkan alergi, juga izin legalitas untuk edar produk yang bisa kamu dapatkan dari PIRT ataupun BPOM tergantung dari jenis dan skala usaha yang kamu jalani.

Supernova Digipack merupakan salah satu jasa cetak kemasan yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang pembuatan kemasan fleksibel. Kami pun bisa bantu kamu untuk menyediakan wadah kedap udara yang berkualitas tinggi dan terjamin keamanannya. Kami sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses produksi telah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Selain itu, kami pun melakukan quality control hasil kemasan dengan detail, sehingga bisa dipastikan kalau seluruh kemasan yang kamu dapatkan memiliki kualitas yang sangat baik.

Menggunakan teknologi mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, kami bisa membuat cetakan full print pada wadah kedap udara kamu dengan presisi. Warna yang dihasilkan sangat tajam, tidak mudah luntur, dan tentunya bisa membuat tampilan wadah kedap udara kamu lebih menarik! 

Kepuasan customer adalah prioritas bagi kami. Dengan harga kemasan yang sangat bersahabat, kami bisa bantu kamu memproduksi wadah kedap udara yang kualitasnya setara dengan kelas industri! Jadi kamu bisa lebih bersaing lagi dengan para kompetitor di luar sana. Untuk Minimum Order Quantity (MOQ) pun sangat rendah yaitu 500 pcs* saja. 

Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera order wadah kedap udara kamu hanya di Supernova Digipack! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website Supernova Digipack, ya!

*S&K berlaku


Whatsapp