pilih kemasan
PERAN PENTING LOGO KEMASAN MAKANAN UNTUK BISNISMU

Logo kemasan makanan merupakan representasi dari bisnis yang kamu kelola. Penggunaan logo bisa memberikan kekuatan untuk brand dan bisa dimanfaatkan sebagai simbol untuk menggambarkan brand kamu pada seluruh materi pemasaran. Logo dianggap memiliki kekuatan karena satu gambar ini bisa mewakili brand kamu secara keseluruhan. Pembuatan logo kemasan yang efektif bisa memainkan peran penting dalam menarik konsumen dan membuat mereka menginginkan produkmu.

Penggunaan logo kemasan makanan yang ideal tidak hanya sebatas mewakili brand kamu, tapi value yang dimiliki juga. Apabila kamu memiliki identitas brand yang kuat dan dikombinasikan dengan kemasan yang baik, tentunya kamu bisa menarik konsumen dengan cepat. Kamu juga bisa menggunakan kemasan makanan untuk menyampaikan value bisnis atau komitmen kamu untuk para konsumen sehingga mereka pun akan lebih tertarik dengan produk yang kamu jual. 

Namun ternyata, masih ada pelaku UMKM yang belum menyadari seberapa penting penggunaan logo kemasan makanan untuk keberlangsungan bisnis. Padahal disadari atau tidak, logo memiliki peran yang penting untuk branding kamu yang bisa mempertahankan bisnis di tengah tingginya persaingan pasar seperti saat ini. Berikut telah kami rangkum peran apa saja yang dimiliki oleh logo kemasan untuk perjalanan bisnis kamu. Yuk simak paparan berikut ini!

Menciptakan Kesan Pertama yang Baik

Manusia dikenal sebagai makhluk yang “sangat visual”, sebab mereka akan lebih tertarik dan mengingat sebuah visual dibandingkan dengan teks. Selain itu, sebagian besar perilaku pembelian dan konsumsi didasari pada kesan pertama. Oleh karenanya, kamu perlu menciptakan first impression yang baik melalui visual. Penggunaan logo kemasan makanan pun bisa menjadi tanda kredibilitas dan profesionalisme bisnismu. Hal ini juga dapat mengkomunikasikan karakter brand kamu seperti apa yang nantinya bisa membantu konsumen untuk membeli produkmu atau tidak.

Meningkatkan Daya Ingat Konsumen 

Berdasarkan riset, sebanyak 40% konsumen mengingat hal-hal yang mereka lihat lebih dari hal-hal yang mereka dengar atau baca. Ini membuat brand kamu akan lebih mudah diingat apabila kamu memiliki logo kemasan makanan yang catchy. Sebagai salah satu elemen yang perlu dihadirkan dalam visual kemasanmu, kamu bisa membuat logo menggunakan warna sesuai dengan identitas brand, bentuk, serta tipografi yang menarik agar bisa memikat perhatian para konsumen dan membuat mereka mudah mengingat brand kamu. Namun perlu kamu ingat juga bahwa dalam pembuatan logo, kamu tidak boleh membuatnya terlalu “ramai”. Usahakan untuk membuat logo sederhana yang mudah diingat oleh para konsumen.

Media Komunikasi 

Fungsi penting dari logo kemasan makanan adalah untuk melakukan kontak dengan para konsumen. Logo bisa dijadikan sebagai sarana komunikasi dalam bentuk visual berupa gambar atau tulisan. Ketika konsumen melihat logo brand kamu, mereka harus diingatkan dengan pengalaman yang menyenangkan ketika mereka mengonsumsi produkmu sebelumnya. Jadi konsumen pun akan mengenal brand kamu dengan citra yang baik dan menyenangkan. 

Terlihat Stand Out 

Apabila kamu memiliki logo kemasan makanan yang khas, pastinya kamu akan terlihat lebih stand out dibandingkan dengan para kompetitor. Terdapat tiga elemen utama dalam pembuatan logo yaitu warna, bentuk, juga font. Ketiga hal ini perlu kamu perhatikan agar bisa menghasilkan logo yang baik. Agar bisa mengetahui warna, bentuk, serta font apa yang sebaiknya kamu gunakan, yuk coba simak uraian berikut ini!

1. Warna Logo

Pemilihan warna untuk membuat logo kemasan makanan memerlukan pertimbangan yang matang. Kamu bisa coba memakai warna hangat seperti merah, jingga, dan kuning sebab menurut psikologi warna, ketiga opsi tersebut memiliki karakter paling baik untuk branding makanan. Oleh karenanya, pasti kamu sering melihat brand makanan yang menggunakan ketiga warna ini, kan? Selain warna tersebut, warna hijau juga populer digunakan untuk brand makanan yang mengedepankan nilai alami dan organik. Usahakan untuk menghindari warna biru ketika membuat logo kemasan makanan. Hal ini dikarenakan warna biru memiliki pengaruh paling kecil terhadap nakan konsumen.

2. Bentuk Logo

Selain mempertimbangkan warna yang digunakan, kamu juga harus bisa menentukan bentuk logo kemasan makanan yang kamu buat. Karena dalam branding, aspek bentuk memiliki pengaruh dalam bagaimana konsumen akan memandang brand kamu. Apabila kamu menggunakan bentuk melingkar, kamu bisa memberikan kesan yang lebih mengundang dan kasual. Sementara untuk bentuk persegi panjang akan terlihat seperti brand yang andal juga efektif. Oleh karenanya, penentuan bentuk pada logo ini harus disesuaikan dengan identitas brand yang kamu kelola. 

Umumnya, brand yang menggunakan bentuk lingkaran atau kurva pada logo kemasan makanan terlihat lebih mudah didekati karena terkesan memiliki kepribadian yang ramah. Sementara untuk logo berbentuk persegi panjang, segitiga, dan bentuk yang bersudut tajam, memberikan kesan lebih formal.

3. Font Logo

Elemen terakhir yang perlu kamu perhatikan ketika hendak membuat logo kemasan makanan adalah font. Setiap font memiliki keunikannya sendiri. Tidak ada satu pun “font terbaik” dalam industri makanan. Semuanya bergantung pada jenis brand yang kamu kelola. Sama halnya dengan bentuk, font yang bersudut tajam atau memiliki garis lurus akan memberikan kesan profesional, sementara kurva terkesan lebih ramah. 

Logo kemasan makanan memang merupakan salah satu identitas brand yang sangat penting. Penggunaan logo harus selalu disertakan dalam berbagai media promosi, termasuk kemasan. Kamu pun harus konsisten dalam menempatkan logo agar konsumen terbiasa melihatnya dan bisa semakin mengenal brand kamu. Agar bisa mencetak logo pada kemasan dengan maksimal, pastinya kamu harus bisa memilih supplier cetak kemasan berkualitas baik, kan?

Supplier Cetak Kemasan untuk UMKM 

Supernova Digipack hadir sebagai jasa cetak kemasan untuk membantu kamu menyediakan kemasan berkualitas baik setara kelas industri! Mulai dari jenis kemasan standing pouch, gusset, three block seal, central seal, hingga vacuum pack bisa kamu temukan di sini! Kami menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000 yang bisa mencetak logo kemasan makanan pada lapisan muka dengan sempurna. Kami juga menggunakan tinta jenis solventless untuk memproduksi kemasanmu. Kelebihan dari tinta ini adalah ramah lingkungan karena bisa meminimalisir jejak karbon, serta sudah tersertifikasi food safety. Jadi untuk kamu yang menjual produk makanan, tidak perlu khawatir karena kemasan kami terjamin aman.

Tidak hanya itu saja, Supernova Digipack juga telah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management yang menunjukkan bahwa seluruh proses produksi kemasan sudah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Sehingga untuk kamu para pelaku UMKM yang memiliki usaha makanan dan ingin mencetak logo kemasan makanan dengan sempurna, jangan ragu untuk mempercayakan kemasan kamu pada kami! 

Kamu tidak perlu khawatir mengenai kuantitas minimal order, karena di Supernova Digipack MOQ yang diperlukan sebanyak 500 pcs* saja lho! Yuk segera kunjungi website Supernova Digipack untuk mengetahui info lebih lengkap dan pemesanan! 

*S&K berlaku


Whatsapp