pilih kemasan
PILIH KEMASAN INI, BIAR PRODUKMU TERKESAN PRAKTIS DAN HEMAT
Illustration from: Freepik

Kamu pasti udah tahu, kalo kemasan itu ada banyak jenis, ukuran, dan fungsi-fungsinya. Kalo kamu belum tahu, kamu bisa baca artikel sebelumnya di sini ya:

Sudah kenal dengan macam-macam Kemasan Makanan ini?

Nah, dari berbagai jenis kemasan yang udah pernah dijelasin di sini, ada satu jenis kemasan yang sering dipake banyak banget brand, buat bikin kemasan ‘ekonomis’. Selain itu, kemasan ini juga cenderung berukuran kecil, dan mudah dibawa kemana-mana. 

Kamu udah bisa nebak belum kemasan apa yang lagi kita bahas?

Ya, betul! Yang bakalan kita bahas kali ini adalah kemasan 3 side seal, atau yang lebih familiar disebut dengan kemasan sachet. 

Kamu pasti sering kan nemu berbagai macam produk, dari mulai minuman bubuk, bumbu makanan, makanan ringan, hingga produk kecantikan yang dikemas dalam ukuran sachet. Kemasan sachet biasanya memiliki volume produk yang lebih kecil. 

Jadi, kemasan sachet adalah kemasan yang disegel dari 3 sisi untuk menjaga kualitas produk yang dikemas. Buat kamu yang masih bingung, coba liat gambar di bawah ini

 

Illustration from: Pinterest


Jenis kemasan saos pedas seperti di atas udah pasti familiar dong?
Kemasan kaya gini pasti bisa kamu temuin di warung/ minimarket di sekitaran rumahmu. 

Kemasan sachet punya banyak kelebihan yang bisa kamu manfaatin, diantaranya:

  1. Test Market
    Kalo kamu punya rencana untuk produksi produkmu dalam jumlah yang banyak, ada baiknya kamu perlu test market terlebih dulu, supaya kamu bisa dapet masukan, saran, dan kritik dari konsumen. Jadi, kamu gak keburu ngabisin biaya yang banyak untuk produksi, dan akhirnya bikin produkmu susah laku dipasaran.
    Kemasan sachet bisa bikin kamu lebih gampang untuk melakukan test pasar. Dengan porsi yang sedikit di dalam kemasan sachet, kamu bisa menghemat budget untuk melakukan test market, dan mudah untuk membagikan produkmu kepada konsumen.


  2. Menjangkau konsumen yang lebih luas
    Di pasaran, kamu pasti sering nemu produk tertentu yang punya kemasan dengan isi yang banyak, dan juga isi yang lebih sedikit, biasanya di warung-warung. Ini adalah strategi dari brand untuk menjangkau konsumen dengan kebutuhan berbeda. Caranya adalah dengan menggunakan kemasan sachet sebagai kemasan ekonomis. Kemasan ekonomis identik dengan harga yang terjangkau, tetapi tetap memiliki kualitas yang sama sehingga konsumen bisa beli produk tersebut secara berkala, sesuai dengan kebutuhan konsumen pada saat itu.
    Kamu bisa coba menyediakan dua jenis ukuran kemasan menggunakan kemasan sachet sebagai kemasan ekonomis dengan berat hanya 100gr/ kemasan dan ukuran yang lebih besar. 


  3. Memunculkan kesan praktis dan hemat
    Kemasan sachet yang cenderung kecil dan mudah dibawa, bisa ngasih kesan ke konsumen kalo produkmu itu praktis untuk dibawa kemana-mana, dan juga punya harga yang ‘murah’. Dengan harga yang lebih murah, konsumen bisa lebih berhemat karena konsumen tidak perlu membeli dalam jumlah yang besar.

Nah itu tadi penjelasan singkat soal kemasan 3 side seal, atau yang biasa dikenal dengan kemasan sachet. 

Jadi, udah tahu kan fungsi dan kegunaan kemasan sachet? Ayo coba di bisnis kamu! Kalau kamu butuh konsultasi tentang kemasan 3 side seal, bisa hubungi kami di sini


Whatsapp