pilih kemasan
PLASTIK KEMASAN FROZEN FOOD: SOLUSI UNTUK BISNIS MAKANAN BEKU

Apakah kamu tertarik memulai bisnis frozen food? Bisnis makanan ini memang sedang populer dan banyak digeluti oleh pengusaha-pengusaha makanan ringan. Bagaimana tidak, berbisnis frozen food tampak lebih menguntungkan dari segi biaya produksi, produk yang lebih awet, dan kemudahan distribusi. Apalagi di masa pandemi ini, ketika orang-orang menghabiskan banyak waktu di rumah dan sulit mengunjungi restoran, frozen food menjadi salah satu pilihan paling praktis yang tidak kalah lezat. Tapi, walaupun sangat menjanjikan, ada beberapa hal khusus yang harus kamu perhatikan di bisnis ini, di antaranya plastik kemasan frozen food.

Mengapa plastik kemasan frozen food menjadi sesuatu yang penting? Sebagaimana kamu ketahui, rata-rata frozen food akan disimpan dalam waktu yang lama di suhu dingin, dikirimkan dengan berbagai media transportasi, dan kemudian akan disimpan untuk waktu yang lama lagi oleh konsumen. Kemasan frozen food yang berkualitas harus mempertahankan kualitas makanan selama seluruh proses itu. Lalu, selain menjaga kualitas makanannya, kemasan frozen food juga harus tetap memenuhi fungsi lain kemasan, yaitu fungsi promosi. Jadi, selain mampu mempertahankan kualitas makanan, kemasan frozen food juga harus terbuat dari bahan berkualitas dan memiliki cetakan yang menarik.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir kesulitan mencari kemasan frozen food yang baik. Sebagaimana kemasan makanan lainnya, pilihan bahan terbaik adalah plastik. Mengapa bahan plastik menjadi pilihan terbaik untuk mengemas frozen food? Plastik memiliki banyak keunggulan, di antaranya karakternya yang kuat tapi tetap ringan sehingga tidak mudah rusak. Karakter ini sangat diperlukan untuk mengemas frozen food karena makanan ini memerlukan kemasan kuat untuk menjaganya selama proses distribusi maupun penyimpanan yang panjang. Selain itu, plastik kemasan frozen food juga relatif mudah diproduksi. Bahan plastik memiliki sifat termoplastis, alias bisa direkatkan menggunakan panas. Terakhir, plastik juga merupakan material yang mudah dikreasikan. Kamu bisa mendesain bentuk kemasan plastik sedemikian rupa untuk kebutuhan produk kamu, dan kamu juga bisa mencetaknya dengan berbagai desain untuk kebutuhan branding tanpa takut bahannya rusak. Menguntungkan, kan?

Nah, saat ini, ada banyak sekali pilihan plastik kemasan frozen food yang bisa menjadi solusi untuk kebutuhan bisnis kamu.Tapi, untuk mengemas frozen food, kamu tidak bisa asal memilih plastik kemasan frozen food untuk menjamin kualitasnya. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan saat memilih plastik kemasan frozen food? Yuk, simak dulu uraian 5 kualitas yang harus kamu perhatikan saat memilih plastik kemasan frozen food berikut ini!

1. Tertutup rapat dan kedap udara

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, frozen food akan disimpan dalam waktu yang lama di lemari pendingin dan melalui proses distribusi yang tidak jarang cukup jauh. Untuk itu, plastik kemasan frozen food harus bisa tertutup dengan sangat rapat dan kedap udara untuk menjamin perlindungan makanan dari partikel asing sehingga meningkatkan daya tahannya. Kalau disimpan dalam waktu yang lama sekalipun, frozen food yang dikemas dengan baik tidak akan rusak dan berkurang kelezatannya. 

2. Pembuatannya Wajib Higienis

Syarat lain plastik kemasan frozen food yang berkualitas adalah proses pembuatan yang higienis. Meskipun syarat ini sebenarnya harus ada di semua jenis kemasan makanan, frozen food memerlukan perhatian yang lebih tinggi mengenai kebersihan. Karakter frozen food yang cenderung basah akan lebih rawan rusak atau basi jika terkena bakteri atau kotoran lainnya. Jadi, kamu harus selalu menggunakan material yang higienis untuk membuat plastik kemasan frozen food yang berkualitas. Selain itu, dalam proses produksi kemasan tersebut, kamu juga harus memastikan bahwa setiap tahapnya, mulai dari pemilihan bahan hingga percetakan kemasan, tetap memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Jadi, pastikan kamu memiliki SOP yang jelas dalam menjaga kebersihan proses pengemasan frozen food, ya! 

3. Aman dari freezer burn

Pernahkah kamu mendengar istilah freezer burn? Freezer burn adalah perubahan kualitas makanan akibat berkurangnya cairan yang disebabkan oleh suhu yang terlalu dingin. Contoh perubahan ini adalah munculnya kristal es, tekstur yang lebih mudah hancur, atau justru menjadi sangat keras. Meskipun masih aman dimakan, makanan yang terkena freezer burn akan mengalami pengurangan gizi dan menjadikan tampilannya kurang menggugah selera. Untuk itu, plastik kemasan frozen food yang kamu gunakan harus tetap bisa melindungi makanan di suhu paling dingin sekalipun, sehingga udara dingin tidak merusak kualitas makanan di dalamnya. 

4. Praktis dan mudah dibuka

Kualitas ini juga merupakan hal yang wajib ada di setiap kemasan makanan, termasuk untuk frozen food. Kemasan yang simpel, praktis, dan mudah dibuka pastinya lebih menarik bagi konsumen. Jika ketika konsumen membeli produk kamu, mereka menganggap kemasannya terlalu rumit dan tidak praktis, mereka cenderung tidak tertarik untuk membeli produk kamu lagi. Jadi, demi mempertahankan konsumen yang sudah ada dan menarik konsumen lain, kamu harus menggunakan plastik kemasan frozen food yang praktis dan mudah dibuka. 

5. Penampilan tetap menarik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain untuk menjaga kualitas makanan, plastik kemasan frozen food juga memiliki fungsi promosi, yaitu untuk menarik mata konsumen sehingga ingin membeli produk. Popularitas frozen food saat ini menyebabkan meningkatnya jumlah dan jenis produk frozen food yang beredar di pasaran. Nah, bayangkan saja, produk kamu akan dijajakan di supermarket sambil bersandingan dengan puluhan pilihan frozen food lainnya. Pastinya kemasan kamu harus unik dan menarik untuk menarik perhatian konsumen, kan? Jadi, jangan abaikan pentingnya desain kemasan dalam pemilihan plastik kemasan frozen food, ya! 

Itu dia 5 kualitas yang harus kamu perhatikan sebelum memilih plastik kemasan frozen food. Jika plastik kemasan frozen food yang kamu pilih bisa tertutup rapat dan kedap udara, diproduksi secara higienis, bisa melindungi makanan dari freezer burn, praktis dibuka, dan memiliki tampilan desain yang menarik, produk frozen food kamu akan aman, terjaga kualitasnya, dan pastinya menarik bagi konsumen. Plastik kemasan frozen food yang berkualitas adalah solusi terbaik untuk bisnis makanan beku kamu! 

Dalam memilih plastik kemasan frozen food yang tepat, jenis kemasan plastik yang terbaik adalah kemasan Vacuum Pack. Vacuum Pack adalah kemasan yang didesain agar dapat divakum. Tujuan vakum ini adalah untuk memperpanjang masa simpan produk makanan di dalamnya. Selain itu, kemasan ini juga memiliki bentuk yang fleksibel yang akan mengurangi ukuran suatu kemasan produk. Nah, kamu bisa mendapatkan Vacuum Pack berkualitas terbaik di Supernova DIgipack!

Vacuum Pack dari Supernova Digipack adalah plastik kemasan frozen food yang bisa menjaga kualitas makanan karena tertutup rapat dan kedap udara, diproduksi secara higienis, dan bisa melindungi makanan dari freezer burn. Bersama Supernova Digipack, kamu juga bisa menentukan sendiri desain kemasan yang kamu inginkan untuk kami cetak dengan teknologi terdepan yang mampu menghasilkan warna akurat, konsisten, dan pastinya awet. Vacuum Pack dari Supernova Digipack adalah solusi lengkap untuk bisnis makanan beku kamu! Tertarik untuk menggunakan Vacuum Pack dari kami? Yuk kunjungi websiteSupernova Digipack sekarang!


Whatsapp