pilih kemasan
REKOMENDASI PACKING MAKANAN UNTUK PRODUK USAHA KAMU

Packing makanan saat ini memegang peran penting dalam usaha yang kamu kelola. Selain untuk membungkus produk makanan, packing makanan juga merupakan alat promosi yang baik untuk usaha kamu. Kalau kamu sudah membuat produk makanan yang berkualitas baik, maka packing makanan yang kamu gunakan harus berkualitas juga.

Setiap jenis packing makanan memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan kemasan tersebut memang ditujukan untuk menjaga kualitas produk makanan sesuai dengan sifat produk tersebut. Jadi kamu tidak bisa asal menggunakan kemasan karena bisa jadi produk makanan kamu tidak dapat terjaga dengan baik, dan kualitasnya menurun ketika sampai di tangan konsumen.

Packing Makanan Fleksibel 

Sudah kenal dengan istilah packing makanan fleksibel? Hampir seluruh produk makanan saat ini telah menggunakan kemasan fleksibel lho. Bentuknya yang efisien dan efektif memberikan banyak kemudahan baik itu untuk produsen ataupun para konsumen. Packing makanan fleksibel dapat diartikan sebagai kemasan yang menggunakan bahan lentur yang terdiri dari beberapa lapisan. Dimana lapisan pertama berupa lapisan muka yang terbuat dari bahan plastik lentur seperti OPP, PET, atau nylon.

Lalu lapisan kedua atau lapisan barrier yang berfungsi untuk menjaga kualitas produk yang ada di dalam packing makanan. Biasanya terbuat dari bahan aluminium foil dan plastik metalized film. Selanjutnya lapisan ketiga adalah lapisan seal, yang berfungsi sebagai segel kemasan. Ketika dipanaskan, kemasan akan menempel satu sama lain sehingga dapat tertutup dengan baik.

Keunggulan Packing Makanan fleksibel 

Dengan bentuknya yang efisien dan efektif, packing makanan fleksibel ini memberikan keuntungan seperti:

1. Mudah disimpan, dibawa, dan dibuka oleh konsumen

Riset membuktikan bahwa 60% konsumen memilih untuk membeli produk dengan packing makanan yang menawarkan kenyamanan meskipun harganya lebih mahal dibanding yang lainnya. Kenyamanan ini dapat berbentuk kemasan yang mudah disimpan, dibawa, dan dibuka oleh konsumen. 

2. Memperpanjang masa simpan produk

Lapisan barrier pada packing makanan memiliki peran sebagai pelindung produk dari pengaruh gas, uap air, aroma, dan cahaya yang datang dari luar kemasan. Sehingga produk bisa tetap terjaga dengan baik dan tidak menurun kualitasnya.

3. Dapat meminimalisir biaya pengiriman

Untuk para produsen, packing makanan fleksibel dapat menekan biaya pengiriman kamu. Karena kemasan ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan kemasan berupa botol, kaca, dan kaleng. Selain itu, ukuran dan bentuknya pun tidak memakan banyak ruang. 

4. Lebih hemat energi

Proses produksi dari packing makanan fleksibel menghasilkan gas rumah kaca lebih sedikit apabila dibandingkan dengan jenis kemasan lainnya. Hal ini tentunya menjadi salah satu kekuatan packing makanan fleksibel karena lebih ramah lingkungan.

Rekomendasi Packing Makanan Untuk Usaha Kamu 

Packing makanan fleksibel memiliki banyak jenis yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Namun, jenis kemasan ini tentunya harus kamu sesuaikan pula dengan karakteristik produk makanan yang kamu jual.

Kalau kamu masih belum tau jenis packing makanan seperti apa yang cocok untuk produk yang kamu jual, jangan khawatir! Karena Supernova Digipack sudah merangkum jawabannya untuk kamu. Yuk simak penjelasan berikut!

1. Kemasan vakum 


Untuk kamu yang memiliki usaha di bidang makanan beku (frozen food), kamu bisa menggunakan packing makanan jenis vakum. Karena kemasan vakum sudah didesain untuk bisa divakum atau dihilangkan udaranya, sebelum memasuki proses sealing dengan mesin sealer.

Dengan adanya proses vakum tersebut, packing makanan kamu bisa menjaga kualitas produk frozen food dengan maksimal dan membuat produk lebih tahan lama. Selain itu, packing makanan jenis vakum pun bisa menghindari frozen food kamu dari pengaruh bunga es di dalam freezer.

2. Kemasan gusset 


Packing makanan jenis gusset sangat cocok dijadikan pilihan untuk kamu yang mengelola usaha di bidang kopi bubuk, susu bubuk, ataupun teh. Kemasan gusset ini bisa dilengkapi dengan valve yang memiliki peran penting dalam produk kopi, karena adanya valve bisa mengeluarkan gas dari dalam kemasan, namun udara dari luar tidak dapat memasuki kemasan. Hal ini tentunya bisa memberikan proteksi pada produk yang kamu jual sehingga kualitasnya tetap terjaga.

3. Kemasan standing pouch 


Pernah liat packing makanan yang bisa berdiri tegak di rak atau etalase supermarket? Jenis kemasan tersebut bernama standing pouch! Memiliki alas yang terletak pada bagian bawah, kemasan ini bisa didirikan sehingga tidak akan menghancurkan produk yang ada di dalamnya.

Kalau kamu memiliki usaha yang menjual produk makanan seperti keripik, packing makanan jenis standing pouch ini bisa dijadikan pilihan yang tepat! Jangan lupa juga untuk menambahkan fitur zipper lock pada packing makanan, agar konsumen bisa semakin nyaman ketika mengonsumsi produk yang kamu jual, serta dapat menjaga produk keripik agar tidak mudah melempem.

4. Kemasan central seal


Kamu pasti nggak asing dengan packing makanan yang satu ini kan? Memiliki seal di bagian tengah, bawah, dan atas, packing makanan central seal ini bisa kamu gunakan untuk produk seperti biskuit ataupun keripik.

Dengan bentuknya yang seperti bantal dan kapasitas yang besar, packing makanan jenis central seal ini nantinya akan diisi oleh nitrogen supaya produk yang ada di dalamnya tidak mudah hancur.

5. Kemasan three block seal 


Jenis kemasan hree block seal atau yang lebih dikenal dengan kemasan sachet ini memiliki bentuk yang praktis juga ekonomis. Packing makanan seperti ini cocok digunakan untuk produk berupa teh celup, biskuit dengan ukuran kecil, ataupun kopi sachet.

Penggunaan packing makanan fleksibel ini tentunya bisa menjaga kualitas produk makanan kamu dengan baik, juga meningkatkan nilai produk yang kamu jual. Apa lagi kalau kamu tambah dengan desain yang menarik pada kemasan. Pasti produk kamu nggak akan kalah saing dengan produk lainnya, dan bisa jadi juara di persaingan!

Supernova Digipack menyediakan beragam jenis packing makanan fleksibel yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Pembuatan kemasannya pun sudah terjamin food grade dan sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga aman untuk digunakan sebagai packing makanan.

Pada proses pencetakan, Supernova Digipack menggunakan mesin cetak digital HP Indigo 20000 dengan jenis tinta solventless yang sudah terjamin aman untuk diaplikasikan pada packing makanan. Warna yang dihasilkan pun sangat tajam dan berkualitas tinggi, dijamin packing makanan kamu bisa jadi lebih amazing!

Kamu juga bisa menambahkan fitur zipper lock pada beberapa jenis packing makanan untuk meningkatkan proteksi pada kemasan, juga memberikan kenyamanan bagi para konsumen. Selain fitur zipper lock, terdapat juga fitur matte yang bisa bikin tampilan packing makanan kamu lebih premium dan eksklusif!

Tunggu apa lagi? Yuk mulai gunakan packing makanan fleksibel untuk kebutuhan usaha kamu! Minimum kuantitas order hanya 500 pcs saja lho! Pesan sekarang di Supernova Digipack!


Whatsapp