pilih kemasan
REKOMENDASI PLASTIK BUNGKUS MAKANAN YANG AMAN UNTUK KONSUMEN

Bahan dasar plastik memang banyak digunakan sebagai bahan dasar pembungkus makanan. Namun, banyak yang belum mengetahui bahwa tidak semua plastik dapat menjadi plastik bungkus makanan. Hal ini karena beberapa plastik memiliki kandungan zat kimia yang berbahaya dan akan menjadi racun bagi tubuh apabila dikonsumsi. Sebagai contoh, terdapat bahan kimia Bisphenol A atau BPA yang merupakan bahan kimia untuk mengeraskan bahan plastik. BPA berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan infertilitas atau penurunan kesuburan. Selain itu, terdapat bahan Polystyrene (PS) merupakan cairan hidrokarbon yang berasal dari minyak bumi. PS dapat memicu timbulnya kanker dalam tubuh manusia apabila dikonsumsi.

Maka dari itu, plastik bungkus makanan wajib memiliki standar food grade agar terhindari dari zat-zat kimia berbahaya tersebut. Sebenarnya apa sih kemasan food grade itu? Food grade merupakan sebuah standar suatu produk yang apabila produk tersebut memiliki kontak dengan makanan, tidak berbahaya bagi tubuh manusia. Standar food grade pun telah ditetapkan oleh berbagai macam regulasi. Salah satunya, di Eropa terdapat regulasi EC yang telah mengatur jenis senyawa kimia yang tidak diperbolehkan dan diperbolehkan terdapat pada kemasan makanan, tingkat kandungan, identifikasi asal dari senyawa serta ambang batas pencemaran pun diatur dalam regulasi tersebut. Sedangkan di Amerika Serikat, terdapat regulasi Food and Drug Administration atau FDA yaitu aturan bahwa kemasan makanan harus mencantumkan seluruh bahan utama dari kemasan tersebut. Inti dari setiap regulasi tersebut ialah setiap kemasan harus memperhatikan kandungan senyawa kimia di dalamnya, bagaimana proses penguraiannya dan juga batasan penggunaannya.

Tahukah kamu jika plastik yang dapat menjadi plastik bungkus makanan memiliki tanda khusus pada kemasannya? Plastik dengan standar food grade dapat mudah dikenali dengan tanda khusus tersebut, yaitu tanda segitiga panah dengan angka di dalamnya. Terdapat pula plastik bungkus makanan yang memiliki logo garpu dan gelas yang merupakan logo Tara Pangan. Logo tersebut merupakan logo wajib bagi produk kemasan makanan yang telah diatur oleh Peraturan BPOM.

Agar kamu tidak salah memilih bahan plastik bungkus makanan, kami berikan beberapa rekomendasi plastik bungkus makanan food grade yang tentunya aman untuk dikonsumsi. Berikut merupakan plastik bungkus makanan yang dapat kamu pilih untuk produk makanan kamu:

1. Kode 1: Polyethylene Terephthalate (PET)

Polyethylene Terephthalate atau PET merupakan jenis bahan plastik yang biasa digunakan untuk plastik bungkus makanan. Bahan PET merupakan bahan yang aman digunakan untuk produk makanan karena tidak mengandung zat kimia berbahaya yang dapat menjadi racun dalam tubuh. Namun, plastik PET tidak dapat digunakan untuk menjadi plastik bungkus makanan dengan suhu tinggi, karena dengan suhu tinggi PET akan mengeluarkan kandungan antimon dan metaloid yang berbahaya bagi tubuh. Bahan plastik PET memiliki sifat transparan, kuat dan kedap air. Biasanya digunakan untuk kemasan minuman, botol kecap dan juga sambal.

2. Kode 2: High Density Polyethylene (HDPE)

High Density Polyethylene atau HDPE merupakan bahan plastik yang memiliki ketahanan yang baik terhadap zat kimia. Maka dari itu, HDPE kerap digunakan sebagai plastik bungkus makanan. Plastik HDPE dapat digunakan sebagai pembungkus makanan yang memiliki suhu tinggi, sehingga kemasan dengan bahan HDPE dapat digunakan sebagai pembungkus makanan take away atau delivery. Sifat dari plastik HDPE ialah keras dan semi fleksibel. Plastik HDPE juga memiliki kesamaan dengan plastik PET, yaitu merupakan bahan kemasan plastik sekali pakai. Biasanya kemasan dengan bahan plastik HDPE digunakan untuk kemasan susu cair, jus dan juga obat. 

3. Kode 3: Poly Vinyl Chloride (PVC)

Poly Vinyl Chloride atau PVC memiliki dua jenis yaitu yang bersifat kaku dan bersifat lunak. Untuk bahan PVC yang bersifat kaku, biasa digunakan sebagai bahan botol jus. Sedangkan untuk bahan PVC yang bersifat lunak digunakan sebagai plastik bungkus makanan. Namun, penggunaan bahan PVC tidak dapat digunakan untuk produk makanan yang mengandung minyak, lemak ataupun alkohol. Produk kemasan dengan bahan PVC juga tidak dapat digunakan pada suhu tinggi.

4. Kode 4: Low Density Polyethylene (LDPE)

Low Density Polyethylene atau LDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman digunakan sebagai plastik bungkus makanan. LDPE memiliki sifat yang fleksibel dan juga kedap air. Permukaannya pun berlilin, tidak jernih, namun dapat tembus cahaya. Plastik berbahan LDPE merupakan plastik yang cukup ramah lingkungan dibandingkan plastik lainnya. Sebab, plastik LDPE lebih mudah didaur ulang dibanding bahan plastik lainnya. Plastik LDPE biasa digunakan sebagai cup yoghurt, kantong roti, kantong belanja, dan lain-lain. 

5. Kode 5: Polypropylene (PP)

Polypropylene atau PP merupakan bahan plastik yang paling dianjurkan untuk menjadi plastik bungkus makanan. Sebab, bahan PP lebih tahan akan suhu tinggi, serta tahan minyak. Bahan PP memiliki keunggulan lain dibanding bahan plastik bungkus makanan lainnya, yaitu dapat dipanaskan dengan microwave. Namun, penggunaannya tetap harus mengikuti petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan. PP banyak digunakan sebagai kemasan biskuit, cereal dan juga makanan take away atau delivery. 

Selain kelima kode dan bahan plastik tersebut, terdapat pula kode 6 yaitu Polystyrene atau PS dan kode 7 yaitu Polycarbonate atau PC. Kedua bahan plastik tersebut tidak dapat digunakan sebagai plastik bungkus makanan yang baik. Sebab, kedua bahan tersebut memiliki kandungan zat yang cukup berbahaya. Seperti kode 6 yaitu bahan PS yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan styrofoam. Kemasan styrofoam memang tidak dilarang, namun zat yang terkandung dalam styrofoam tidak baik apabila masuk ke tubuh terlalu banyak. Selain itu, styrofoam pun sangat sulit untuk diurai. Sehingga, akan menimbulkan pencemaran lingkungan. Sedangkan kode 7 atau PC, memiliki sifat yang sangat keras sehingga dapat mengandung BPA yang cukup banyak sehingga berbahaya bagi tubuh. Selain itu, bahan PC pun sulit untuk diurai oleh lingkungan dan akan menimbulkan sampah. 

Bingung memilih bahan plastik yang aman untuk plastik bungkus makanan kamu? Tenang saja, ada Supernova Digipack! Supernova Digipack hanya menggunakan bahan plastik yang aman digunakan sebagai plastik bungkus makanan. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir kandungan zat kimia yang terkandung dalam kemasan plastik akan dikonsumsi oleh konsumen kamu.

Supernova Digipack telah berpengalaman dalam memproduksi plastik bungkus makanan sejak 30 tahun lalu. Sehingga, tidak perlu ragu untuk mempercayakan kebutuhan plastik pembungkus makanan kepada kami. Supernova Digipack juga telah memiliki teknologi tinggi berupa mesin HP Indigo 20000 yang dapat mencetak plastik bungkus makanan dengan kualitas bahan dan desain yang sangat baik.

Tunggu apa lagi? Segera konsultasikan plastik bungkus makanan seperti apa yang kamu mau dan plastik bungkus makanan seperti apa yang sesuai dengan produk kamu! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan langsung aja kunjungi website Supernova Digipack ya!


Whatsapp