pilih kemasan
SEDANG BIKIN DESAIN KEMASAN PRODUK MAKANAN? SIMAK 5 INSPIRASINYA!
Source: https://images.app.goo.gl/SYy6JknY1Vxzg4vB7

Saat ini, ada banyak sekali bisnis makanan di luar sana. Mulai dari makanan ringan, makanan siap saji, hingga makanan beku. Sebagai pebisnis di bidang makanan pun kamu harus bisa berkompetisi dengan mereka untuk memenangkan hati konsumen. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat desain kemasan produk makanan yang menarik untuk membangun brand awareness dan juga kepuasan konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan.

Dalam bisnis makanan, efektivitas dan visual kemasan memegang peran yang sangat penting. Apabila kamu menyediakan kemasan yang efektif namun tidak dilengkapi dengan visual menarik, konsumen pasti tidak akan begitu tertarik. Sementara kalau kamu mempunyai kemasan yang eye-catching namun ternyata sulit untuk dibuka, konsumen pun pasti akan merasa tidak nyaman. Jadi kedua hal ini harus selalu ada dalam desain kemasan produk makanan yang kamu buat ya!

Pemakaian desain kemasan custom pada produk makanan bisa meningkatkan nilai produk kamu. Sebab kemasan bisa membuat konsumen lebih mudah mengingat brand kamu, membantu konsumen memahami bahwa produk yang kamu tawarkan memang tepat untuk mereka, serta bisa mengkomunikasikan pesan kepada para konsumen secara sederhana melalui elemen warna, bentuk, dan elemen desain lainnya.

Tips Membuat Desain Kemasan Produk Makanan

Sebelum terjun langsung dalam pembuatan desain kemasan produk makanan, kamu harus mengetahui beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Hal ini bertujuan agar desain yang kamu buat bisa membantu penjualan kamu dan meningkatkan omset bisnis. Mau tahu apa saja? Yuk simak penjelasannya!

1. Penggunaan tipografi

Pemakaian tipografi yang tepat bisa membuat kemasan kamu tampak lebih menarik. Adapun yang dimaksud dengan tipografi adalah suatu teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan pada space yang tersedia, bertujuan untuk memberikan kenyamanan membaca pada para konsumen. Namun dalam memilih style tipografi, kamu harus memastikan kalau konsumen akan lebih mudah membacanya. Jangan sampai kamu menyajikan informasi dalam ukuran huruf terlalu kecil sehingga sulit untuk dibaca. Selain sulit dibaca, penggunaan huruf terlalu kecil akan terlihat kurang menarik di mata konsumen.

2. Pemilihan warna

Warna merupakan salah satu aspek elemen visual yang sangat mempengaruhi kesan kemasanmu. Kamu bisa memilih untuk menggunakan warna sesuai dengan identitas brand untuk membangun loyalitas konsumen, serta membuat brand kamu lebih mudah dikenali. Kamu juga bisa memanfaatkan warna gelap atau terang pada desain kemasan. Apabila kamu ingin memberikan kesan elegan, serius, dan profesional, kamu bisa menggunakan warna gelap. Sementara untuk kesan sederhana dan clean bisa memakai warna terang.

Selain pemilihan warna terang ataupun gelap, kamu juga bisa menggunakan jenis warna pastel untuk memberikan mood berbeda. Berbeda dengan warna terang yang bisa memberikan kesan menyenangkan, pemakaian warna pastel bisa menampilkan kesan calming atau menenangkan bagi para konsumen.

3. Pencantuman informasi pada kemasan

Konsumen akan selalu membaca informasi yang tertera pada kemasan kamu. Entah itu untuk membaca informasi mengenai nama produk, komposisi produk, ataupun kandungan nutrisi yang ada pada produk. Apabila konsumen tidak bisa menemukan informasi ini pada kemasan, maka mereka akan berpaling dan memilih untuk membeli produk milik kompetitor.

Inspirasi Desain Kemasan Produk Makanan

Bagaimana? Sudah paham mengenai tips pembuatan desain kemasan produk makanan yang baik itu seperti apa? Kalau sudah, kamu bisa langsung coba untuk membuat desain produkmu sendiri! Berikut beberapa inspirasi desain kemasan yang bisa kamu coba untuk memenangkan hati konsumen, dan membuat mereka menjadi loyal terhadap brand kamu.

1. Desain kemasan simple

Desain kemasan yang sederhana bisa dibuat dengan memadukan warna, gambar produk, juga font yang sesuai dengan identitas brand kamu. Konsumen pun biasanya menyukai jenis kemasan ini karena mudah untuk dibaca.

2. Desain kemasan dengan ilustrasi

Kamu bisa coba menggunakan ilustrasi untuk membuat desain produk makanan kamu terlihat lebih menarik. Jangan lupa untuk menyesuaikan ilustrasi yang digunakan dengan identitas brand dan target konsumen utama, ya!

3. Desain kemasan dengan window

Biarkan konsumen bisa melihat isi kemasan kamu melalui fitur window. Fitur ini bisa menambah nilai produk dan juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan. Kamu juga bisa mengkombinasikan fitur window dengan gambar atau ilustrasi produk untuk membuat tampilannya lebih menarik.

4. Desain kemasan dengan pattern

Kalau kamu tidak ingin desain kemasan produk makanan yang kamu buat nampak “sepi”, kamu bisa menambahkan pattern untuk mempercantik visualnya. Usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan pattern agar kemasan tidak terlihat terlalu ramai dan membingungkan konsumen.

5. Desain dengan warna solid

Inspirasi kemasan yang terakhir adalah pemanfaatan warna solid pada kemasan kamu. Gaya ini cocok digunakan untuk kamu yang mempunyai identitas brand profesional. Kamu juga bisa menggunakan tampilan matte agar warna kemasan terlihat lebih mewah dan premium.

Itu dia beberapa inspirasi yang bisa kamu terapkan untuk membuat desain kemasan produk makanan. Kalau kamu sudah ada bayangan ingin membuat kemasan seperti apa, yuk langsung aja hubungi Supernova Digipack! Kami merupakan jasa cetak kemasan yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang pembuatan kemasan fleksibel.

Jasa Cetak Kemasan untuk Bisnis UMKM

Di Supernova Digipack, kamu bisa menemukan berbagai macam jenis kemasan sesuai kebutuhan. Mulai dari kemasan standing pouch untuk mengemas berbagai produk makanan, central seal yang cocok untuk produk makanan ringan seperti keripik, three block seal untuk produk biskuit atau makanan dalam kuantitas kecil, vacuum pack untuk mengemas produk makanan beku, serta gusset yang bisa kamu pakai sebagai kemasan biskuit, teh, dan kopi. Seluruh kemasan dibuat dari material food grade yang aman digunakan untuk mengemas produk makanan kamu.

Kami sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga semua proses pembuatan kemasan dari tahap printing hingga bag making sudah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu meragukan lagi kehigienisan dari kemasan yang dibuat oleh kami!

Agar bisa membuat desain kemasan produk makanan yang efektif dan menarik, kamu bisa menambahkan fitur pelengkap pada beberapa jenis kemasan, mulai dari fitur zipper lock, fitur window, juga finishing kemasan matte atau glossy. Dengan memanfaatkan mesin printing berteknologi tinggi yaitu HP Indigo 20000, kami bisa menghasilkan kemasan berwarna sangat kontras, tajam, serta tidak mudah pudar. Jadi desain dan informasi pada kemasan kamu bisa dilihat dengan baik oleh konsumen.

Tunggu apa lagi? Ayo segera percayakan kemasan kamu hanya di Supernova Digipack! Minimal order yang kami tawarkan sangat rendah yaitu 500 pcs* saja dengan harga yang sangat bersahabat. Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan, kamu bisa langsung kunjungi website Supernova Digipack di sini, ya!

*S&K berlaku


Whatsapp