pilih kemasan
STIKER LABEL KEMASAN ATAU PRINTING KEMASAN, MANA YANG LEBIH BAIK?

Dalam mengelola bisnis UMKM, kemasan memegang peranan yang penting. Tidak hanya untuk bisnis yang menjual produk makanan saja, apabila kamu bergerak di bidang usaha kesehatan atau kecantikan pun pasti membutuhkan kemasan. Namun tidak sedikit pengelola UMKM yang merasa kesulitan untuk menentukan jenis kemasan apa yang sebaiknya digunakan, apakah menggunakan stiker label kemasan atau printing.

Kemasan bisa dikatakan sebagai ujung tombak penjualan kamu. Sebab hal pertama yang ditemui oleh konsumen adalah kemasan, bukan isi kemasan produk. Oleh karenanya, kamu harus bisa memikat perhatian konsumen dengan kemasan yang kamu buat. Baik itu stiker label kemasan ataupun printing. Adapun 3 kunci utama yang bisa membantu kemasanmu terlihat lebih menarik atau tidak yaitu warna kemasan, pemilihan font, juga pesan yang hendak kamu sampaikan.

1. Warna Kemasan

Warna yang kamu gunakan pada kemasan baik itu stiker label kemasan ataupun printing bisa mempengaruhi persepsi konsumen terhadap brand kamu. Apabila kamu menggunakan warna yang cerah, kamu bisa memberikan kesan yang hangat dan fun. Sementara untuk warna gelap seperti biru navy, bisa memberikan kesan yang elegan dan profesional. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk menentukan warna yang sesuai dengan brand, produk, juga target konsumen utama agar penjualan bisa dilakukan secara maksimal.

2. Pemilihan Font

Selain menentukan warna, penentuan font yang kamu gunakan dalam kemasan juga memegang peran yang penting. Setiap font yang kamu gunakan akan memberikan kesan tersendiri untuk para konsumen. Jadi ketika kamu ingin membuat desain untuk stiker label kemasan ataupun kemasan printing, jangan lupa untuk memperhatikan jenis font yang kamu gunakan, ya! Usahakan untuk menggunakan maksimal dua font saja agar konsumen tidak kebingungan ketika membaca informasi pada kemasanmu. 

3. Brand Message

Tentukan message seperti apa yang ingin kamu sampaikan pada para konsumen. Hal ini bisa kamu cantumkan pada stiker label kemasan ataupun kemasan printing yang kamu buat. Usahakan brand message kamu sesuai dengan visi dan misi yang dianut oleh brand kamu sehingga konsumen bisa lebih mengenal brand kamu.

Ketiga elemen desain tersebut perlu kamu pertimbangkan secara matang agar bisa menghasilkan kemasan yang bagus. Namun kira-kira, jenis kemasan mana yang bisa dengan mudah diaplikasikan dengan ketiga elemen di atas? Apakah stiker label kemasan, atau kemasan printing? Yuk mari simak jawabannya melalui ulasan berikut!

Tampilan Visual 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kemasan memegang peran yang sangat penting dalam penjualan kamu. Dengan kemasan yang baik, penjualan kamu pun akan meningkat. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat tampilan visual kemasan yang menarik. Apabila kamu menggunakan stiker label kemasan, kamu bisa membuat desain yang memikat perhatian konsumen. Namun, areanya terbatas. Karena stiker tersebut tidak bisa menyelimuti seluruh area kemasan.

Lain halnya apabila kamu menggunakan kemasan printing. Vendor kemasan bisa mencetak seluruh lapisan kemasan menggunakan desain yang kamu buat sehingga tampilannya akan semakin menarik dan catchy. Penampilan visual ini perlu kamu jadikan bahan pertimbangan yang penting ketika kamu memilih menggunakan kemasan printing atau stiker label kemasan. Jangan membuat kemasan yang hanya terpatok pada harga yang murah saja, namun pikirkan untuk jangka panjangnya juga. Sebab kemasan merupakan aset investasi untuk bisnismu.

Penulisan Informasi 

Sebelum konsumen memutuskan apakah mereka ingin membeli produkmu atau tidak, mereka pasti akan membaca informasi yang ada pada stiker label kemasan, atau kemasan printing. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah produkmu memang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Selain itu, untuk produk makanan pun konsumen perlu mengetahui bahan apa saja yang terkandung di dalamnya, sebab terdapat beberapa konsumen yang memiliki alergi terhadap bahan tertentu.

Kamu perlu menyajikan informasi yang cukup untuk para konsumen. Sehingga mereka bisa mengenali produkmu, juga brand yang kamu kelola. Apabila kamu menggunakan stiker label kemasan, cakupan informasi yang bisa kamu tulis bergantung pada ukuran stiker yang kamu gunakan. Hal ini membuat kamu tidak bisa memuat banyak informasi yang perlu diketahui oleh konsumen. Sedangkan pada kemasan printing kamu bisa menyajikan informasi lebih banyak karena space yang tersedia lebih besar.

Kualitas Kemasan 

Setiap bisnis baik itu UMKM ataupun level industri pasti menginginkan kemasan yang berkualitas. Ketika kamu menggunakan kemasan printing, kualitas desain yang tercetak pada lapisan kemasan akan sangat baik tergantung dari mesin yang digunakan. Selain itu, warnanya pun akan lebih tajam serta tidak akan mudah luntur. Sementara ketika kamu menggunakan stiker label kemasan, stiker tersebut beresiko akan mudah terkelupas dari kemasan. Hal ini pastinya membuat kemasan kamu tampak kurang menarik.

Brand Value 

Konsumen menyukai hal-hal yang personal, begitupun dengan kemasan. Mereka akan merasa lebih tertarik dengan brand yang menyajikan kemasan dengan tampilan sesuai dengan preferensi mereka. Hal ini bisa membangun hubungan emosional antara brand kamu dengan psikologi para konsumen. Apabila kamu menggunakan stiker label kemasan, dikhawatirkan kesan personal yang ingin kamu berikan kurang bisa tersampaikan dengan baik karena keterbatasan media.

Lain halnya dengan penggunaan kemasan printing. Dimana kamu bisa bebas menggunakan custom design sesuai dengan yang kamu inginkan. Penggunaan kemasan printing dibandingkan stiker label kemasan ini juga memiliki kelebihan yaitu bisa memberikan kesan lebih meyakinkan untuk para konsumen kamu. Apa lagi kalau kamu menambahkan fitur matte pada lapisan kemasan yang bisa membuat kemasan tampak lebih eksklusif.

Bagaimana? Sudah bisa memilih mana yang lebih baik antara stiker label kemasan atau kemasan printing? Kalau kamu lebih memilih kemasan printing, kamu bisa langsung hubungi Supernova Digipack! Merupakan bagian dari PT. Supernova Flexible Packaging, kami telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang pembuatan kemasan fleksibel. Sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk mempercayakan kemasan produk kamu pada kami. Tersedia dalam beberapa jenis yaitu standing pouch, gusset, three block seal atau sachet, central seal, juga vacuum pack, seluruh kemasan yang ada di Supernova Digipack terbuat dari material food grade. Tidak hanya itu saja, Supernova Digipack pun sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh proses pembuatan kemasan telah sesuai dengan standar prosedur keamanan pangan.

Untuk bisa menghasilkan kemasan printing yang berkualitas, kami menggunakan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000, yang bisa mencetak desain kamu dengan sempurna. Warnanya sangat kontras, tajam, serta tidak mudah luntur. Pastinya kemasan kamu akan terlihat lebih outstanding dibandingkan dengan stiker label kemasan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera gunakan kemasan full printing untuk produk kamu! Dengan harga yang bersahabat dan minimum order yang rendah, yaitu 500 pcs* saja, Supernova Digipack bisa bantu sediakan kemasan berkualitas setara kelas industri untuk kamu lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website Supernova Digipack.

*S&K berlaku


Whatsapp