pilih kemasan
SUDAH KENAL DENGAN KEMASAN MAKANAN FOOD GRADE?

Adanya sistem take away dan delivery di bidang usaha makanan membuat kemasan memiliki peran yang sangat tinggi. Volume penggunaan kemasan semakin meningkat karena banyaknya konsumen yang lebih memilih untuk membawa pulang makanan tersebut dibandingkan harus dine in karena adanya pandemi. Oleh karenanya, kamu harus memastikan bahwa kemasan yang kamu gunakan untuk usaha kamu adalah kemasan makanan food grade.

Konsumen saat ini cenderung lebih memperhatikan aspek kebersihan, keamanan, juga kehigienisan dari makanan yang dikonsumsi. Tidak hanya jenis makanannya saja, tetapi kemasan yang membungkus makanan tersebut pula. Hal ini tentunya menjadikan penggunaan kemasan makanan food grade saat ini menjadi hal yang wajib dilakukan oleh seluruh pengusaha.

Namun sayangnya, tidak sedikit pengusaha di bidang makanan yang masih belum menyadari betapa pentingnya menggunakan kemasan makanan food grade. Selain untuk melindungi kesehatan konsumen, penggunaan kemasan food grade juga bisa meningkatkan reputasi brand yang kamu miliki. Karena bisa dipastikan kalau para konsumen akan memilih untuk membeli makanan yang dikemas dengan kemasan food grade dibandingkan dengan yang tidak, meskipun harganya lebih tinggi.

Kemasan konsumen sudah menjadi tanggung jawab bagi para pengusaha makanan, oleh karenanya kamu harus menggunakan kemasan makanan food grade, serta tidak boleh sembarangan dalam memilih jenis material karena tidak semua material termasuk ke dalam kategori food grade.

Pengertian Kemasan Makanan Food Grade 

Adapun yang dimaksud dengan kemasan makanan food grade itu sendiri adalah kemasan yang tidak akan memindahkan zat berbahaya ketika bersentuhan langsung dengan makanan. Karena kemasan tersebut memiliki kontak langsung dengan makanan yang dikemasnya, maka kamu harus memastikan kalau kemasan yang digunakan memiliki kehigienisan dan keamanan yang terjamin.

Kalau kamu belum bisa menentukan kemasan makanan food grade itu seperti apa, berikut beberapa karakteristik yang menunjukan apakah kemasan tersebut termasuk kategori food grade atau tidak. Yuk simak penjelasan berikut!

1. Tidak memiliki bau ataupun rasa 

Kemasan makanan food grade yang baik tidak memiliki bau atau rasa. Karena apabila kemasan tersebut memiliki bau atau rasa hal tersebut bisa mempengaruhi kualitas makanan.

2. Tahan terhadap pengaruh asam, minyak dan air 

Selain tidak memiliki bau atau rasa, kemasan makanan food grade pun tidak akan terpengaruh oleh zat asam, minyak, air, dan sebagainya. Karena kemasan tersebut harus mampu menahan zat-zat tersebut agar tetap dapat mempertahankan kualitas makanan.

3. Terbuat dari bahan yang aman 

Hal yang paling penting adalah kamu harus bisa memastikan kalau kemasan makanan food grade yang kamu gunakan terbuat dari material yang aman, serta tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya yang bisa merusak produk makanan di dalamnya.

Bahan Kemasan Makanan Food Grade 

Plastik saat ini telah menjadi material yang banyak digunakan untuk berbagai kemasan, termasuk sebagai kemasan makanan food grade. Plastik memiliki bobot yang ringan dan kuat sehingga cocok dijadikan kemasan makanan. Selain itu, beberapa alasan lain mengapa plastik digemari sebagai pengemas makanan adalah:

1. Dapat melindungi produk dari kerusakan 

Kemasan memiliki fungsi utama untuk memberikan proteksi pada produk dari kerusakan. Dengan menggunakan kemasan makanan food grade berbahan plastik, produk makanan kamu bisa terjaga dengan baik hingga sampai ke tangan konsumen nantinya.

2. Memberikan keamanan bagi produk makanan

Agar produk makanan tidak terkontaminasi oleh pengaruh dari luar yang bisa menurunkan kualitasnya, kamu membutuhkan kemasan makanan food grade. Dengan material yang terbukti food grade, produk makanan kamu pun pastinya akan terjamin kehigienisannya. Selain itu, bahan plastik pun dipercaya bisa melindungi produk ketika dikemas, disimpan, dan dikirim ke tangan konsumen.

3. Bisa memperpanjang masa kesegaran makanan 

Dengan kemasan makanan food grade berbahan plastik, produk dalam kemasan bisa lebih terjaga kesegarannya sehingga konsumen bisa mengonsumsi produk kamu dalam jangka waktu yang lebih lama.

Meskipun saat ini banyak sekali kemasan makanan food grade yang dibuat dari bahan plastik, tidak semua plastik bisa digunakan sebagai kemasan makanan yang baik lho ya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya mengenai jenis plastik apa saja yang termasuk kategori kemasan makanan food grade, plastik yang bisa digunakan adalah jenis plastik Polyethylene Terephthalate (PET), plastik Low Density Polyethylene (LDPE), plastik High-Density Polyethylene (HDPE), plastik Polypropylene (PP), serta bahan Polivinil Klorida (PVC).

Dalam kemasan makanan food grade berbahan plastik, kamu pasti sering melihat ada simbol berupa panah segitiga dengan angka di dalamnya kan? Angka ini dapat diartikan sebagai kode daur ulang yang berfungsi untuk memudahkan proses daur ulang plastik. Biasanya, kode angka yang tercantum dimulai dari angka 1 hingga 7.

Jenis Kemasan Makanan Food Grade 

Pemilihan kemasan makanan mungkin terlihat sangat sederhana, namun pada kenyataannya kamu harus memperhatikan dengan seksama mulai dari material kemasan makanan food grade untuk produkmu, jenis kemasan yang sesuai untuk mengemas produk yang kamu jual, serta kualitas dari kemasan itu sendiri. Tapi kamu tidak perlu pusing untuk mencari kemasan yang sesuai karena ada Supernova Digipack yang siap membantu kamu!

Di Supernova Digipack kamu bisa menemukan beragam jenis kemasan makanan food grade yang fleksibel, seperti:

1. Kemasan Vakum 


Kemasan vakum merupakan salah satu jenis kemasan makanan food grade yang cocok digunakan untuk frozen food. Kalau kamu memiliki usaha yang menjual frozen food seperti sosis, bakso, siomay, kebab, dan sebagainya kami rekomendasikan untuk memakai kemasan ini. Dengan teknologi vakum, udara yang ada di dalam kemasan akan dikeluarkan sehingga produk dalam kemasan bisa lebih tahan lama.

2. Kemasan Central Seal 


Kalau kamu menjual produk berupa makanan ringan, kamu bisa memakai kemasan makanan food grade jenis central seal. Dengan kapasitas isi yang besar, kemasan central seal akan melalui proses pengisian nitrogen terlebih dahulu sehingga bisa menjaga produk kamu tetap utuh dan tidak hancur ketika dikemas.

3. Kemasan Three Block Seal


Kalau kamu ingin menggunakan kemasan makanan food grade dengan ukuran kecil, kamu bisa memakai kemasan three block seal atau yang lebih dikenal dengan kemasan sachet. Kemasan jenis ini bisa dilengkapi dengan fitur zipper lock untuk memberikan kenyamanan pada konsumen ketika membuka dan menutup kemasan produkmu kembali.

4. Kemasan Standing Pouch 


Untuk jenis produk berupa cemilan keripik dan sebagainya, kamu bisa coba memakai kemasan makanan food grade yang berbentuk standing pouch. Bentuknya yang bisa didirikan menjadikan kemasan standing pouch lebih hemat tempat dan bisa membuat produk kamu terlihat stand out ketika dipajang di rak penjualan.

5. Kemasan Gusset 


Pilihan kemasan makanan food grade selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah gusset. Kemasan ini cocok untuk mengemas produk berupa biskuit, ataupun produk kopi, teh, dan susu bubuk.

Supernova Digipack sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management sehingga seluruh prosedur pembuatan kemasan sudah sesuai dengan standar keamanan pangan. Produk makanan kamu dijamin tidak akan terkontaminasi dan kemasan makanan food grade kamu pun aman untuk digunakan.

Karena kami sangat memprioritaskan kualitas kemasan yang dihasilkan, kami pun menggunakan mesin digital printing HP Indigo 20000 yang bisa menghasilkan cetakan kemasan dengan warna yang sangat kontras dan hasil printing yang tajam. Desain kemasan makanan food grade kamu dijamin akan nampak lebih menarik dan memikat perhatian konsumen sehingga penjualan kamu bisa meningkat!

Tunggu apa lagi? Ayo segera pesan kemasan makanan food grade untuk produk makanan kamu hanya di Supernova Digipack! Mulai dari produk makanan keripik, biskuit, hingga cemilan lainnya bisa kami buat kemasannya! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website kami di www.supernovadigipack.com


Whatsapp