pilih kemasan
SUDAH KENAL DENGAN MACAM-MACAM KEMASAN MAKANAN INI?

Kemasan merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah produk, khususnya produk makanan. Sebab, kemasan dapat memberikan proteksi kepada produk makanan yang dibeli konsumen. Sehingga, produk makanan tersebut dapat terjaga kehigienisan, rasa dan juga bentuknya. Untuk mendapatkan proteksi yang optimal dari sebuah kemasan, maka kamu perlu memilih kemasan yang tepat untuk produk makanan kamu! Hal ini dikarenakan ada macam-macam kemasan makanan yang memiliki karakteristik, bentuk, dan bahan yang berbeda untuk kemasan makanan yang berbeda-beda pula.

Saat ini, terdapat macam-macam kemasan makanan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan produk makanan kamu. Kamu dapat memilih kemasan makanan berdasarkan bentuknya, agar konsumen kamu lebih mudah untuk mengonsumsi produk makanan kamu. Kamu juga bisa memilih kemasan makanan berdasarkan karakteristiknya, seperti kemasan makanan yang tahan minyak apabila produk makanan kamu berminyak. Kamu pun dapat memilih kemasan berdasarkan bahan kemasan yang dapat kamu sesuaikan dengan produk makanan kamu dan juga budget yang kamu miliki. Yuk, kenali macam-macam kemasan makanan yang dapat kamu pilih untuk kebutuhan produk kamu!

1. Central Seal


Jika kamu memiliki produk makanan ringan, dari banyaknya macam-macam kemasan makanan, kamu dapat memilih kemasan central seal untuk produk makanan kamu. Kemasan central seal merupakan kemasan yang memiliki segel di bagian atas dan juga bagian bawah sehingga kemasan membentuk seperti pillow atau bantal. Kemasan central seal pun dapat dikembungan dengan mengisikan nitrogen ke dalam kemasan dengan tujuan untuk melindungi produk makanan di dalamnya agar tidak hancur atau berubah bentuk. Maka dari itu, kemasan central seal banyak digunakan untuk produk makanan yang mudah hancur seperti keripik, kerupuk, dan lain-lain.  

2. Standing Pouch


Dari sekian banyak macam-macam kemasan makanan, standing pouch dapat kamu pilih sebagai kemasan untuk produk makanan kamu. Standing pouch ialah kemasan plastik berbentuk kantong atau bag. Seperti namanya, standing pouch, kemasan makanan ini dapat berdiri karena memiliki dudukan dibagian bawahnya. Standing pouch pun termasuk kedalam macam kemasan makanan yang populer digunakan saat ini, karena sifatnya yang fleksibel dan higienis karena dilengkapi dengan zipper lock. Kemasan standing pouch banyak digunakan oleh produk makanan yang dapat disimpan kembali setelah dikonsumsi, seperti keripik, bubuk kopi, bumbu-bumbu, dan lain-lain.

3. Vacuum Pack


Jenis kemasan ini merupakan kemasan yang paling cocok digunakan untuk produk beku atau frozen food dibandingkan dengan macam-macam kemasan makanan lainnya. Berbanding terbalik dengan kemasan central seal, kemasan vakum diproses dengan menghilangkan oksigen di seluruh kemasan. Tujuan menghilangkan kadar oksigen tersebut agar mikroorganisme tidak cepat berkembang sehingga dapat menjaga keawetan dan kualitas produk yang membutuhkan penyimpanan yang lama. Vacuum pack banyak digunakan oleh produk makanan yang perlu dibekukan, yaitu daging ayam, daging sapi, olahan daging (sosis, bakso, rolade, dan lain-lain), keju dan makanan beku lainnya. 

4. Gusset


Gusset merupakan salah satu dari banyaknya macam-macam kemasan makanan yang telah digunakan sejak dahulu. Kemasan Gusset menggunakan aluminium foil sebagai bahan utama sehingga dapat digunakan sebagai kemasan makanan yang membutuhkan jangka simpan yang cukup lama. Hal ini karena kemasan gusset memiliki kelebihan yaitu sifat penghalang terhadap oksigen, udara, air, kelembaban, dan sinar matahari langsung yang dapat merusak produk makanan. Kemasan Gusset sering kali digunakan sebagai kemasan untuk produk biji kopi, teh, dan lain-lain.

5. Three Block Seal


Kemasan three block seal merupakan kemasan yang dapat kamu pilih dari sekian banyak macam-macam kemasan makanan, apabila kamu membutuhkan kemasan untuk porsi kecil atau sachet. Seperti namanya, kemasan three block seal telah di seal di ketiga sisinya yaitu sisi kanan, kiri dan bawah. Sehingga, kamu dapat memasukan produk kamu melalui bagian atas kemasan dan kembali di seal agar tertutup rapat. Keunggulan kemasan ini ialah ukurannya yang cukup compact sehingga mudah dibawa kemana pun. Kemasan block seal kerap digunakan sebagai kemasan saus sachet, kecap sachet, dan kemasan sachet lainnya. 

Dalam memilih kemasan untuk produk makanan, kamu pun perlu mempertimbangkan bahan yang digunakan. Terdapat macam-macam kemasan makanan dengan bahan yang berbeda-beda dan penggunaan yang berbeda-beda. Berikut merupakan bahan dasar dari kemasan yang perlu kamu ketahui:

1. Aluminium Foil

Banyak dari macam-macam kemasan makanan yang menggunakan aluminium foil sebagai bahan dasar dari kemasan tersebut. Bahan aluminium foil dipilih karena sifatnya yang dapat kedap air, kedap udara dan terhindar dari sinar matahari langsung yang dapat merusak produk. Dalam penggunaanya, aluminium foil tetap membutuhkan bahan plastik sebagai pelapisnya. Sehingga, kemasan dengan bahan aluminium foil dapat menjadi kemasan dengan berbagai bentuk seperti gusset, standing pouch, sachet, dan kemasan lainnya. 

2. Plastik Polyethylene Terephthalate (PET)

PET merupakan salah satu jenis bahan plastik yang umum digunakan dalam kemasan makanan. Bahan PET merupakan bahan yang dapat digunakan untuk macam-macam kemasan makanan sekali pakai. Bahan ini tidak dapat digunakan oleh makanan yang memiliki suhu tinggi. Sebab, suhu tinggi dapat meracuni makanan dengan kandungan antimon dan metaloid yang terdapat pada bahan PET. Kemasan PET aman digunakan sebagai kemasan makanan karena tidak mengandung Bisphenol A atau BPA yang merupakan senyawa sintetis organik untuk mengeraskan bahan plastik dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

3. Plastik Polypropylene (PP)

Bahan PP banyak digunakan dalam macam-macam kemasan makanan. Tidak seperti plastik PET, plastik PP memiliki kemampuan tahan terhadap panas dan telah terbukti tidak menghadilkan zat kimia berbahaya apabila digunakan oleh produk dengan suhu tinggi. Maka dari itu, plastik PP banyak digunakan sebagai kemasan untuk makanan take away atau delivery.

4. Plastik Low Density Polyethylene (LDPE)

Plastik LDPE merupakan salah satu jenis plastik dengan standar food grade. Sehingga, plastik jenis ini banyak digunakan dalam macam-macam kemasan makanan. Plastik LDPE mudah didaur ulang sehingga tidak mencemari lingkungan. Selain itu, plastik LDPE tidak mengandung zat BPA sehingga aman bagi tubuh.

5. Plastik High Density Polyethylene (HDPE)

Plastik HDPE juga kerap digunakan sebagai bahan macam-macam kemasan makanan. Sebab, HDPE memiliki daya tahan yang kuat terhadap perubahan suhu. Sehingga, HDPE cocok sebagai bahan kemasan untuk produk makanan. Sifat dari plastik HDPE sama seperti plastik PET, yaitu bahan kemasan sekali pakai.

Nah, itu dia berbagai macam-macam kemasan makanan dari bentuk dan juga bahannya. Menurut kamu, kemasan mana yang sesuai dengan deskripsi produk makanan kamu? Jika kamu masih bingung, konsultasikan saja dengan Supernova Digipack!

Supernova Digipack merupakan produsen macam-macam kemasan makanan yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Di Supernova Digipack, kamu dapat mewujudkan seluruh ide mengenai kemasan produk kamu. Sebab, Supernova Digipack menggunakan teknologi canggih HP Indigo 20000 yang dapat memberikan cetakan kemasan dengan kualitas terbaik dan juga proses produksi yang cepat. Supernova Digipack pun dilengkapi dengan teknologi laminasi dan juga bag making yang dapat menunjang produksi berbagai jenis kemasan makanan yang kamu butuhkan.

Yuk pesan kemasan yang kamu butuhkan hanya di Supernova Digipack! Dengan harga yang bersahabat, MOQ yang dibutuhkan hanya 500 pcs saja lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website SupernovaDigipack, ya!


Whatsapp