pilih kemasan
SYARAT KEMASAN MAKANAN YANG BAIK ADALAH BAHAN DAN METODENYA
Source: https://images.app.goo.gl/HMSDhq45MqGTPg9o9

Membuat produk makanan yang lezat itu penting. Tapi ada hal yang tidak kalah pentingnya yaitu kemasan makanan. Kemasan memiliki peran yang penting dalam bisnismu, adapun syarat kemasan makanan yang baik adalah bisa melindungi produkmu dari kontaminasi dan potensi kerusakan, serta mampu membuat konsumen ingin membeli produk kamu.

Saat ini kemasan makanan umumnya dibuat dari bahan plastik. Keunggulan kemasan yang dibuat dari material ini adalah lebih compact sehingga gampang untuk dibawa, disimpan, dan didistribusikan. Dalam menentukan jenis kemasan yang hendak kamu gunakan, kamu harus mengetahui dulu sifat dari bahan tersebut seperti apa dan bagaimana bahan tersebut bisa menahan oksigen dan kelembaban.

Oksigen merupakan salah satu faktor yang bisa menurunkan kualitas makanan. Kemasan yang bisa menahan masuknya oksigen dan kelembaban dari luar bisa memperlambat pembusukan makanan dan mempertahankan rasa juga kerenyahannya. Misalnya ketika kamu ingin mengemas produk cemilan seperti keripik, kamu harus bisa memastikan segelnya tertutup rapat agar tidak ada udara yang masuk sehingga keripik tidak melempem atau menimbulkan aroma yang kurang sedap.

Syarat Kemasan Makanan yang Baik 

Agar bisa memilih kemasan yang baik, kamu harus mengetahui syarat kemasan yang baik adalah apa saja. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh kemasan kamu:

1. Melindungi makanan dari kontaminasi

Seperti yang kita ketahui bahwa bakteri ada dimana-mana. Baik itu dalam proses produksi makanan, proses distribusi, hingga ketika sampai di proses penjualan produkmu. Untuk makanan yang mengalami pengiriman dan penyimpanan dalam waktu yang lama tentunya memiliki resiko kontaminasi yang sangat tinggi. Ini lah salah satu alasan utama mengapa pengemasan yang tepat memiliki peran penting.

Apabila kemasan yang kamu gunakan tidak memenuhi syarat kemasan makanan yang baik, maka hal tersebut tidak hanya berdampak pada kualitas dan keutuhan produk makanan saja, namun berdampak juga pada kesehatan konsumen. Oleh karenanya, salah satu syarat kemasan makanan yang baik adalah harus memiliki segel yang benar-benar rapat agar bisa melindungi makanan dari kontaminasi.

2. Meningkatkan umur simpan

Faktanya, pengemasan makanan yang benar dapat meningkatkan umur simpan produk tersebut secara signifikan. Sebaliknya, apabila pengemasan yang dilakukan buruk maka akan menyebabkan umur simpan yang lebih pendek, dan bisa mengakibatkan masalah kesehatan. Kebanyakan orang memiliki pandangan bahwa produk makanan bisa lebih tahan lama apabila disimpan di dalam freezer. Ini memang hal yang benar, namun kenyataannya makanan akan tetap mengalami pembusukan apabila terdapat kontak dengan oksigen atau kelembaban. Oleh sebab itu, salah satu syarat kemasan yang baik adalah bisa menahan oksigen dan kelembaban sehingga tidak melebihi batas kadar oksigen atau kelembaban yang dapat menyebabkan kerusakan produk. 

3. Menjaga kesegaran makanan

Syarat kemasan makanan yang baik adalah mampu menjaga kesegaran makanan secara maksimal. Hal ini berkaitan dengan adanya penjualan secara online, produk makanan memungkinkan untuk dikirim antar kota, bahkan antar pulau. Dengan menggunakan kemasan yang tepat, kesegaran dan kualitas produk makanan bisa terjaga dan berada di kondisi optimal ketika sampai di tangan konsumen. 

4. Memberikan proteksi dari kerusakan fisik

Lalu yang terakhir syarat kemasan makanan yang baik adalah bisa memberikan proteksi dari kerusakan fisik. Kemasan harus memiliki sifat yang kokoh agar bisa melindungi isi produk dari kerusakan fisik yang diakibatkan selama proses distribusi atau penyimpanan di dalam gudang. Apabila material kemasan tidak cukup kuat untuk menahannya, maka kemasan juga isi produkmu bisa rusak. Pastinya hal ini bisa merugikan bisnis yang kamu kelola, kan? 

Syarat Bahan dan Metode Kemasan Makanan yang Baik 

Itu dia beberapa syarat kemasan makanan yang harus dipenuhi oleh kemasanmu. Karena makanan merupakan produk yang rentan terhadap faktor udara, maka perlu dilakukan metode penyegelan yang sempurna pada kemasan. Hal ini dilakukan agar bisa mencegah udara masuk ke dalam kemasan yang nantinya dapat menumbuhkan bakteri. 

Selain metode penyegelan yang sempurna, penting juga untuk kamu memikirkan bahan kemasan yang sebaiknya digunakan. Karena digunakan untuk mengemas makanan, maka kamu harus memakai kemasan bermaterial food grade, yaitu jenis material yang tidak akan menyalurkan zat-zat berbahaya pada isi produk yang dikemasnya. Mayoritas, bahan food grade didominasi oleh plastik. Namun tidak semua jenis plastik termasuk ke dalam kategori food grade ya. Berikut beberapa pilihan material yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan:

1. Plastik Polypropylene (PP)

Plastik Polypropylene termasuk ke dalam kategori bahan food grade. Memiliki sifat yang kuat dan memiliki titik leleh yang tinggi, kamu bisa gunakan bahan ini untuk pembungkus makanan yang butuh dihangatkan dalam microwave.

2. Plastik Polyethylene Terephthalate (PET)

Plastik polyethylene terephthalate (PET memiliki keunggulan dibanding bahan lainnya, seperti sifatnya yang kuat dan ringan sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan pembungkus makanan. Di samping itu, bahan plastik PET pun memiliki ketahanan yang baik terhadap kandungan gas oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2). Jenis plastik PET bisa dikombinasikan dengan bahan plastik lain untuk memperluas aplikasinya seperti meningkatkan proteksi terhadap oksigen dan kelembapan.

3. Plastik Linear Low Density Polyethylene (LLDPE)

Selain menggunakan bahan plastik PET dan PP, bahan LLDPE pun termasuk ke dalam kategori bahan food grade yang bisa kamu gunakan. Dengan sifatnya yang kuat dan ringan, bahan ini tidak akan mudah rusak sehingga bisa memberikan proteksi yang baik untuk produk makanan yang hendak kamu jual.

Supernova Digipack merupakan jasa cetak kemasan yang bisa bantu sediakan kemasan berkualitas untuk bisnismu! Kami menyediakan berbagai jenis kemasan fleksibel seperti standing pouch untuk mengemas produk cemilan ataupun makanan instan siap saji, vacuum pack yang bisa kamu gunakan sebagai kemasan makanan beku, kacang-kacangan, buah kering, dan sebagainya. Lalu kami pun bisa membuat kemasan gusset untuk mengemas produk kopi baik dalam bentuk bubuk atau biji, teh, susu, serta biskuit. Kemasan central seal yang bisa dipakai untuk mengemas cemilan seperti keripik. Serta kemasan three block seal untuk mengemas produk dalam kuantitas kecil seperti kopi sachet, teh celup, biskuit, dan sebagainya.

Kami sudah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management yang menandakan bahwa proses produksi yang kami lakukan dari tahap awal hingga tahap akhir sudah sesuai dengan standar keamanan prosedur pangan. Selain itu, kami juga menggunakan tinta solventless untuk mencetak kemasan makanan kamu. Tinta ini pun sudah tersertifikasi food safety sehingga aman untuk diaplikasikan pada produk makanan. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan dan kehigienisan kemasan yang dibuat oleh kami!

Kamu juga bisa melengkapi kemasan dengan fitur zipper lock pada beberapa jenis kemasan seperti standing pouch ataupun three block seal. Adanya fitur ini bisa membuat kemasan kamu lebih unggul dibandingkan kompetitor, memudahkan konsumen ketika memakai produkmu karena mudah untuk dibuka dan bisa langsung ditutup kembali tanpa memerlukan alat bantuan lain. Selain itu, zipper lock juga membuat kemasan kamu lebih terlindung dengan baik sehingga bisa memenuhi syarat kemasan makanan yang baik.

Yuk segera percayakan kemasan kamu hanya di Supernova Digipack! Dengan harga yang sangat terjangkau, minimum order hanya 500 pcs* saja lho! Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan silahkan kunjungi website Supernova Digipack di sini, ya!

*S&K berlaku


Whatsapp