pilih kemasan
SYARAT-SYARAT KEMASAN PRODUK YANG BISA MENARIK PERHATIAN KONSUMEN
Source: https://images.app.goo.gl/4UZsQxhLwk9fcebV6

Pada dasarnya, kemasan merupakan bentuk perlindungan bagi sebuah produk dari faktor-faktor eksternal yang dapat merusak produk. Kemasan harus menjaga produk tetap aman selama proses pendistribusian, penyimpanan dan bahkan ketika dipajang di etalase toko. Oleh karena itu, kemasan produk harus kokoh dan dapat diandalkan. Tetapi saat ini, kemasan tidak hanya digunakan sebagai pembungkus atau pelindung suatu produk saja. Saat ini, kemasan termasuk ke dalam salah satu poin penting bagi penjualan sebuah produk. Tujuan utama menciptakan produk apa pun adalah untuk menarik pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli produk tersebut. Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa ketika memilih sebuah produk, desain dari kemasan tanpa disadari memiliki pengaruh yang cukup besar kepada keputusan pembelian konsumen. Maka dari itu, diperlukan kemasan yang sangat menarik agar mendapatkan perhatian konsumen. Tantangan selanjutnya bagi produsen adalah bagaimana dapat menciptakan kemasan yang memenuhi syarat-syarat kemasan produk menarik dan sesuai dengan minat pasar saat ini.

Kemasan secara harfiah adalah identitas produk. Maka dibutuhkan kemasan yang menarik agar dapat diingat oleh calon konsumen. Karena pada dasarnya, manusia cenderung mengklasifikan sesuatu yang ada di sekitarnya. Hal ini lah yang menjadi tantangan bagi para pemilik usaha untuk dapat membuat kemasan yang memenuhi syarat-syarat kemasan produk menarik agar produk tersebut dapat menjadi 'Top of Mind' atau sesuatu yang paling diingat oleh konsumen.

Lalu, bagaimana syarat-syarat kemasan produk yang menarik itu?

1. Informasi lengkap dan jelas

Syarat-syarat kemasan produk untuk menarik konsumen yang pertama yaitu informasi yang lengkap dan jelas. Informasi merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah kemasan. Informasi yang lengkap mengenai produk membantu mengelola harapan konsumen dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Semakin baik pembeli memahami apa yang mereka beli, semakin besar kemungkinan mereka akan senang dengan pembelian tersebut. Maka, perlu untuk mencantumkan informasi-informasi penting pada kemasan produk agar konsumen dapat lebih mengenal produk dan memutuskan membeli produk tersebut. Informasi yang disampaikan pun harus sangat jelas. Informasi pada kemasan yang disampaikan sangat jelas tentu saja akan membuat konsumen lebih nyaman. Jenis teks dan juga besar ukuran teks akan sangat mempengaruhi kemasan produk dan kenyamanan pelanggan saat membaca. Pastikan jenis teks yang digunakan dalam kemasan dapat terbaca dengan jelas. Ukuran teks yang digunakan pun tidak boleh terlalu kecil ataupun terlalu besar agar cukup terbaca tanpa merusak estetika kemasan. Kemasan yang memiliki informasi yang lengkap dan jelas pun membantu konsumen yang memiliki alergi atau tidak toleran terhadap beberapa bahan dapat lebih teliti dalam memilih produk.

2. Desain kemasan simple dan nyaman

Seiring perkembangan zaman, minat konsumen dan tren pasar sangat berbeda dengan sebelumnya. Saat ini, desain dan bentuk kemasan yang lebih sederhana namun tetap stylish. Saat ini, konsumen lebih menyukai desain minimalis dan menggunakan kombinasi warna yang tidak terlalu banyak namun tetap mencolok. Maka dari itu, lebih baik membuat kemasan produk sesederhana mungkin agar memenuhi syarat-syarat kemasan produk yang menarik pada zaman ini. Saat ini pun konsumen lebih aware terhadap faktor kenyamanan pada sebuah kemasan produk. Kenyamanan pada kemasan yang dimaksud seperti kemudahan dalam penyimpanan, kemudahan konsumen untuk mengambil produk di dalamnya, kemudahan konsumen menjaga kehigienisan produk dan kemudahan lainnya. Dengan memberikan kenyamanan penuh melalui kemasan produk, diharapkan akan menciptakan hubungan baik antara produk dengan konsumen.

3. Bentuk kekinian

Salah satu syarat-syarat kemasan produk yang terakhir yaitu bentuk desain kemasan yang kekinian. Bentuk desain kemasan kekinian yang dimaksud adalah kemasan yang tidak hanya menonjolkan fungsional namun juga sisi estetika visual yang diterapkan pada bentuk kemasan yang unik dan berbeda dengan kemasan pada umumnya. Para pelaku usaha dituntut untuk dapat mengeksplorasi kemasan dengan berbagai bentuk dan desain sehingga menemukan bentuk dan desain kemasan yang unik, stylish namun tetap menjaga ciri khas produk tersebut. Dengan menggunakan desain kekinian, pastinya konsumen lebih tertarik untuk mengambil kemasan produk dari etalase toko dan penelitian mengatakan bahwa mayoritas konsumen akan membeli produk yang telah mereka ambil dari etalase toko. Namun perlu diingat bahwa pembuatan visual dan bentuk kemasan harus disesuaikan dengan target konsumen utama kamu. Kalau target kamu adalah anak-anak, maka kamu bisa menyediakan kemasan dengan tampilan ilustrasi kartun dan warna cerah agar terlihat lebih menarik.

Untuk bisa mendapatkan kemasan produk yang memenuhi syarat-syarat kemasan produk yang menarik konsumen, diperlukan produsen kemasan yang telah berpengalaman dalam industri kemasan. Salah satu produsen kemasan terbesar dan telah berpengalaman dalam industri kemasan adalah Supernova Digipack yang telah berpengalaman sejak 30 tahun lalu menggeluti dunia kemasan. Supernova Digipack merupakan bagian dari PT. Supernova Flexible Packaging yang telah banyak menjadi jasa cetak kemasan bagi banyak pelanggan. Supernova Digipack memiliki banyak jenis kemasan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu:

1. Central Seal

Central seal merupakan salah satu kemasan yang memenuhi syarat-syarat kemasan produk yang menarik. Sebab, kemasan central seal memiliki desain yang unik yaitu berbentuk pillow atau bantal. Kemasan central seal memiliki desain dengan segel di bagian atas dan juga bagian bawah kemasan. Kemasan central seal dapat dikembungkan dengan diisi nitrogen, sehingga produk yang ada di dalamnya tidak mudah hancur baik ketika penyimpanan, proses distribusi, ataupun saat dipajang pada etalase.

2. Standing Pouch

Kemasan standing pouch merupakan salah satu jenis kemasan yang sangat populer. Sebab, kemasan standing pouch memenuhi syarat-syarat kemasan produk yang menarik karena bentuknya yang sangat unik yaitu berbentuk kantong atau bag yang bisa berdiri karena memiliki dudukan pada bagian bawah kemasan. Kemasan standing pouch pun dapat memudahkan

konsumen ketika menggunakannya. Kemasan standing pouch dapat dilengkapi dengan zipper lock sehingga dapat menjaga kehigienisan produk dan memberikan kenyamanan untuk para konsumen.

3. Vacuum Pack

Salah satu inovasi menarik pada industri kemasan adalah kemasan vakum. Kemasan vakum memenuhi syarat-syarat kemasan produk yang menarik bagi konsumen karena memiliki fungsi yang sangat baik. Kemasan vakum didesain agar dapat divakum sehingga dapat membuat produk lebih tahan lama. Cara kerjanya, produk dimasukan ke dalam kemasan vakum, kemudian hilangkan oksigen dari seluruh kemasan. Kemasan ini sangat cocok untuk produk beku atau frozen food.

4. Gusset

Kemasan gusset merupakan kemasan yang umum digunakan untuk kopi dan teh, namun dapat digunakan pula untuk produk lain seperti kue, biskuit, dan sebagainya. Kemasan ini sudah memenuhi syarat-syarat kemasan produk yang dapat menarik konsumen. Gusset dapat dibuat menggunakan bahan alumunium foil yang memiliki ketahanan terhadap udara, kelembaban, dan sinar matahari.

5. Three Block Seal

Kemasan three block seal merupakan salah satu kemasan yang memenuhi syarat-syarat kemasan produk yang menarik bagi konsumen. Apabila kamu membutuhkan kemasan untuk porsi kecil, kemasan three block seal merupakan pilihan yang tepat. Keunggulan kemasan ini ialah ukurannya yang cukup compact sehingga mudah dibawa kemana pun.

Selain memiliki jenis kemasan yang beragam. Supernova Digipack pun memenuhi syarat-syarat kemasan produk yang memiliki kualitas terbaik. Supernova Digipack menggunakan teknologi printing HP Indigo 20000 dan telah tersertifikasi FSSC 22000 Food Safety Management. Sehingga, kualitas dan keamanannya terjamin. Maka, jangan ragu untuk percayakan kebutuhan kemasan kepada Supernova Digipack! Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website Supernova Digipack sekarang juga!


Whatsapp